Comscore Tracker

5 Tanda Kamu Pribadi yang Tidak Bertanggung Jawab, Sering Bikin Kesal!

Perbaiki agar tidak merugikan diri sendiri dan orang lain

Tanggung jawab adalah sikap yang penting untuk dimiliki. Dengan menjadi orang yang bertanggung jawab, kita akan dipercaya oleh atasan untuk menangani proyek penting, dipercaya teman untuk menyimpan rahasia, dan sebagainya. Sebaliknya, pribadi yang tidak bertanggung jawab biasanya tidak disukai oleh orang lain karena mudah melepas tanggung jawab pada orang lain atau tidak serius menangani sesuatu yang menjadi tugasnya.

Sayangnya, terkadang seseorang tidak menyadari bahwa dirinya sendiri ternyata tidak bertanggung jawab. Nah, agar kamu tidak termasuk dalam golongan ini, yuk simak beberapa hal sepele yang menjadi tanda pribadi yang tidak bertanggung jawab.

1. Kamu sering kehilangan barang-barang

5 Tanda Kamu Pribadi yang Tidak Bertanggung Jawab, Sering Bikin Kesal!ilustrasi perempuan mencari sesuatu di dalam dompet (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Coba ingat-ingat, apakah selama ini kamu sering kehilangan barang-barang? Mulai dari barang-barang yang remeh, seperti kunci kendaraan, buku catatan, atau pulpen, hingga barang-barang yang penting, seperti HP, uang, kartu ATM, dan dompet.

Jika ya, bukan berarti kamu memiliki nasib yang apes, tapi ini lebih karena kamu kurang memiliki tanggung jawab. Entah barang-barang ini benar-benar hilang atau kadang hanya tertinggal di restoran, ojek online, atau ditemukan berbulan-bulan kemudian di kamar, ini merupakan tanda kamu kurang memiliki kesadaran untuk menyimpan barang-barang dengan baik. Akibatnya, bukan hanya barang-barang milikmu, kamu mungkin juga kerap menghilangkan barang-barang milik temanmu.

2. Kamu terlambat dalam segala hal

5 Tanda Kamu Pribadi yang Tidak Bertanggung Jawab, Sering Bikin Kesal!ilustrasi seseorang sedang terburu-buru (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Jika dipikir-pikir, kamu hampir selalu terlambat untuk semuanya. Sayangnya, kamu tidak pernah menganggap ini adalah masalah besar sehingga kamu tidak merasa bersalah telah membuat orang-orang menunggu.

Jika kamu datang ke suatu acara tepat waktu, orang-orang justru akan menatap heran padamu. Misalnya, kamu memiliki janji menghadiri makan malam pukul 19.00, tetapi kamu baru berangkat dari rumah pukul 19.00 atau saat diberi deadline pengumpulan tugas, orang-orang akan mulai panik jika waktu pengumpulan tugas sudah dekat, tetapi kamu tetap merasa santai.

Baca Juga: 5 Tanda Pasangan Terobsesi Padamu, Kenali Sebelum Terlambat!

3. Kamu berpikir orang lain selalu bersikap berlebihan

5 Tanda Kamu Pribadi yang Tidak Bertanggung Jawab, Sering Bikin Kesal!ilustrasi dua orang sedang bertengkar (pexels.com/RODNAE Production)

Saat orang tuamu panik karena kamu berada di luar kota dan tidak memberi kabar pada mereka seharian, kamu justru berpikir mereka beraksi secara berlebihan. Saat temanmu marah karena kecerobohanmu yang menghilangkan pulpen miliknya, kamu justru balik marah padanya dan menilai sikapnya berlebihan. Kalau kamu sering mengalami hal ini, bukan berarti mereka bereaksi secara berlebihan, tetapi kamu yang tidak bisa bertanggung jawab atas hal-hal yang kamu anggap remeh.

Mulai saat ini, biasakan untuk tidak menganggap remeh sesuatu. Bisa jadi, apa yang kamu anggap remeh ternyata sangat berarti bagi orang lain.

4. Orang-orang berkata bahwa kamu sulit dihubungi

5 Tanda Kamu Pribadi yang Tidak Bertanggung Jawab, Sering Bikin Kesal!ilustrasi laki-laki sedang menelepon (pexels.com/Greta Hoffman)

Entah karena kamu sengaja atau tidak, tapi orang-orang selalu berkata bahwa kamu sulit dihubungi. Misalnya, saat ada tugas kelompok, kamu santai-santai saja bahkan sulit dihubungi, padahal rekan-rekanmu yang lain susah payah mengerjakannya sambil terus berupaya menghubungimu.

Sikap seperti ini tidak hanya menandakan kamu tidak bertanggung jawab, tapi juga membuat orang-orang kesal denganmu. Jika seperti ini, tidak akan ada yang mau berkomunikasi denganmu.

5. Tidak totalitas saat bekerja

5 Tanda Kamu Pribadi yang Tidak Bertanggung Jawab, Sering Bikin Kesal!ilustrasi laki-laki sedang bekerja (pexels.com/Ivan Samkov)

Tanggung jawab adalah kunci agar kamu bisa mengerjakan sesuatu dengan totalitas. Jika kamu tidak menaruh rasa tanggung jawab dalam setiap pekerjaanmu, alih-alih totalitas, kamu hanya akan mengerjakan sesuatu asal selesai saja.

Disadari atau tidak, asal-asalan dalam mengerjakan tugas hanya akan merugikan dirimu sendiri. Di masa depan, kamu akan menyadarinya dan kemudian menyesali kenapa selama ini kamu tidak maksimal dalam mengerjakan sesuatu.

 

Cek lagi, apakah tanda-tanda di atas ada pada dirimu? Jika ya, artinya kamu belum menjadi pribadi yang bertanggung jawab dan harus segera berubah. Tanggung jawab adalah kunci penting untuk kesuksesan dan kehidupan sosialmu.

Baca Juga: Anggota DPR Minta Yasonna Tanggung Jawab Kebakaran Lapas Tangerang

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya