Comscore Tracker

Tanpa Disadari, 5 Hal Ini Tanda Kamu Belum Menghargai Diri Sendiri

Salah satunya, membiarkan orang lain meremehkanmu

Menghargai diri sendiri bukan berarti kamu bersikap sombong, tapi tentang bagaimana merasa nyaman dengan diri sendiri dan mengetahui bahwa kamu layak menjalani kehidupan yang kamu inginkan.

Sayangnya, tak sedikit orang yang belum menghargai dirinya sebagaimana mestinya. Padahal, jika kamu ingin orang lain menghargai dan memperlakukan kamu dengan layak, kamu wajib menghargai dan mencintai diri sendiri terlebih dahulu.

Nah, jika sampai saat ini kamu masih memiliki sifat berikut, artinya kamu masih belum cukup menghargai dirimu sendiri dan perlu segera berubah.

1. Selalu mendahulukan kepentingan orang lain daripada kepentingan sendiri

Tanpa Disadari, 5 Hal Ini Tanda Kamu Belum Menghargai Diri SendiriUnsplash.com/Trung Thanh

Meskipun menempatkan kebutuhan orang lain di atas kebutuhan sendiri adalah sikap yang baik, tapi melakukan tindakan ini setiap saat dapat memungkinkan kamu melupakan kebutuhan dan keinginanmu sendiri.

Mengabaikan kebutuhanmu dapat menghentikan kamu dari berusaha meraih tujuan dan impian. Ditambah, kebiasaan ini membuat kamu tidak dapat mengambil keputusan tanpa meminta pendapat orang lain.

2. Kamu membiarkan orang lain memperlakukanmu dengan buruk

Tanpa Disadari, 5 Hal Ini Tanda Kamu Belum Menghargai Diri SendiriUnsplash/Yuvraj Singh

Menghargai dan mencintai diri sendiri memungkinkan kamu untuk mengendalikan hidup dan lingkunganmu. Sebaliknya, kurangnya penghargaan pada diri sendiri akan membuat kamu diam saja ketika diremehkan atau mendapat perlakuan buruk dari orang lain. Bahkan, diam-diam kamu sering berpikir apakah kamu memang pantas mendapatkannya.

Baca Juga: 7 Alasan Kamu Perlu Mencintai Diri Sendiri Sebelum Mulai Pacaran

3. Mengabaikan hak-hak pribadi

Tanpa Disadari, 5 Hal Ini Tanda Kamu Belum Menghargai Diri SendiriUnsplash.com/Olya Kuzovkina

Orang yang kurang menghargai diri sendiri juga biasanya akan mengabaikan hak-hak pribadi, seperti berjalan-jalan, perawatan, dan bersenang-senang. Padahal, memenuhi hak-hak pribadi juga akan membuat kinerjamu dalam bekerja lebih baik.

Sebaliknya, mengabaikan hak-hak pribadi sama artinya dengan menganggap dirimu tidak pantas mendapatkannya.

4. Menjadikan pengaruh luar sebagai patokan dalam mengukur harga diri

Tanpa Disadari, 5 Hal Ini Tanda Kamu Belum Menghargai Diri SendiriUnsplash.com/Austin Distel

Mengukur harga diri melalui pengaruh luar, seperti prestasi, pekerjaan, gaji, dan sebagainya, hanya akan membuat kamu merasa buruk. Sebab, menjadikan hal tersebut sebagai tolok ukur dalam mendasarkan harga diri ibaratnya seperti membangun rumah di atas fondasi yang tidak stabil karena sekalinya kamu gagal, kamu akan merasa sangat terpuruk dan sulit bangkit.

5. Saat mengalami kegagalan, kamu akan berhenti berusaha untuk mendapatkan sesuatu yang lebih besar

Tanpa Disadari, 5 Hal Ini Tanda Kamu Belum Menghargai Diri SendiriUnsplash/Claudia

Ketika kamu mengalami suatu kegagalan, kamu akan langsung merasa putus asa dan menganggap bahwa dirimu sendiri memang tidak cukup pintar untuk hal tersebut. Yang kemudian membuat kamu enggan melakukannya lagi.

Padahal bagaimanapun juga, setiap orang pasti pernah mengalami kegagalan dan berputus asa hanya karena gagal hanya akan menghalangi kamu mendapatkan sesuatu yang lebih besar.

Buat kamu yang masih melakukan hal-hal di atas, yuk segera berubah dan lebih menghargai diri sendiri. Karena bagaimanapun juga, cara orang lain menghargai kamu tergantung dari caramu menghargai diri sendiri.

Baca Juga: 7 Sifat Ini Gak Bakal Ada di Orang yang Sukses Mencintai Diri Sendiri

Ekaay Photo Community Writer Ekaay

Belajar hidup

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You