Comscore Tracker

6 Tips Ampuh Buat Kamu yang Introvert Agar Cepat Betah di Perantauan

Biar gak sambatan dan dikit-dikit pengen pulang

Bagi sebagian orang, hidup di perantauan dan menghadapi hal-hal yang baru, seperti lingkungan baru, teman baru, pekerjaan baru, mungkin menjadi hal yang menantang dan menarik untuk ditaklukkan. Sehingga semua hal tesebut disambut dengan antusias.

Tapi bagi sebagian orang yang memiliki kepribadian introvert, baru membayangkannya saja kadang sudah bikin canggung setengah mati.  Biar bagaimanapun juga, demi kualitas kehidupan yang lebih baik, merantau tetap harus dijalani dengan baik dan ikhlas.

Nah, berikut ini ada beberapa tips yang bisa diterapkan oleh kamu si introvert supaya cepat betah tinggal di perantauan.

1. Hindari persepsi negatif seputar tempat yang jadi perantauanmu

6 Tips Ampuh Buat Kamu yang Introvert Agar Cepat Betah di Perantauanunsplash.com/Bradley

Tak jarang introvert berpersepsi mengenai tempat baru yang akan mereka tinggali. Seperti suasana, budaya, masyarakat, biaya hidup, dan sebagainya. Hal ini ampuh bikin introvert makin tegang sebelum dan di awal-awal ketika tinggal di tempat baru. Untuk itu, kamu perlu segera meninggalkan kebiasaan seperti ini.

2. Gali informasi sebanyak mungkin seputar lingkungan barumu

6 Tips Ampuh Buat Kamu yang Introvert Agar Cepat Betah di PerantauanUnsplash.com/Andrew Neel

Daripada hanya menebak-nebak, lebih baik cari tahu sebanyak-banyaknya mengenai lingkunganmu yang baru, seperti kebiasaan masyarakat, bahasa, adat istiadat, pendidikan, dan sebagainya. Hal ini penting agar kamu punya gambaran tentang bagaimana harus bersikap.

Baca Juga: 5 Hal dari Keluarga yang Sudah Pasti Dirindukan Oleh Para Perantau

3. Memulai percakapan terlebih dahulu dan sering-sering tersenyum

6 Tips Ampuh Buat Kamu yang Introvert Agar Cepat Betah di PerantauanUnsplash.com/Andrea Tummons

Kamu yang introvert pasti sering dikira jutek lantaran sikapmu yang lebih banyak diam dan sulit memulai percakapan. Di perantauan nanti, paksa dirimu untuk memulai percakapan terlebih dahulu untuk menghilangkan kesan jutek dan enggan bersosialisasi. Kalau masih kesulitan, banyak-banyak tebarkan senyuman sebagai sinyal bahwa kamu ini sejatinya orang yang welcome dan mau berteman.

4. Berikan sugesti pada diri sendiri secara rutin

6 Tips Ampuh Buat Kamu yang Introvert Agar Cepat Betah di Perantauanunsplash.com/Eli DeFaria

Sugestikan diri kamu sendiri dengan hal-hal yang positif. Tanamkan keyakinan pada dirimu bahwa lingkungan barumu merupakan lingkungan yang lebih baik daripada lingkungan sebelumnya. Di sana juga kamu akan mendapatkan banyak ilmu, baik akademik maupun sosial yang akan memperkaya wawasanmu sendiri. Lakukan sugesti ini secara rutin agar kamu kembali mendapatkan gairah dan semangat untuk berkembang di lingkunganmu yang baru.

5. Berbaur secara perlahan-lahan

6 Tips Ampuh Buat Kamu yang Introvert Agar Cepat Betah di Perantauanunsplash.com/Anna Earl

Berbaur dan beradaptasi bagi introvert seperti kamu mungkin jadi PR yang sangat sulit. Untuk itu, kamu tidak perlu memaksakan diri untuk dapat beradaptasi dengan cepat. Kamu bisa mulai dengan hal-hal sederhana, seperti menghadiri kegiatan ibadah bersama warga dan biasakan membeli barang-barang kebutuhan di warung.

Hal ini bertujuan agar warga sekitar jadi tahu akan kehadiranmu sebagai warga baru, dan supaya kamu dapat berinteraksi secara perlahan, dimulai dari saling menyapa, bertanya, perkenalan, dan sebagainya.

6. Pahami bahwa kamu tidak perlu mengadaptasi nilai-nilai negatif di lingkungan barumu

6 Tips Ampuh Buat Kamu yang Introvert Agar Cepat Betah di Perantauanunsplash.com/Ernest Brillo

Kendati kamu harus bisa beradaptasi dan menghormati adat istiadat dan kebiasaan di lingkungan barumu, tapi bukan berarti kamu harus menjadi orang lain. Terlebih jika masyarakat di lingkungan tersebut memiliki kebiasaan yang tidak baik, jangan sampai kamu terperangkap dengan situasi tersebut.

Cukup tunjukkan sikap ramah dan tetap berinteraksi dengan mereka, tapi hindari hal-hal yang tidak sesuai dengan nilai-nilai yang kamu anut selama ini.

Itu tadi beberapa tips yang bisa kamu terapkan agar bisa cepat betah tinggal di perantauan. Dan yang tak boleh kamu lupakan adalah niat dan ikhlas menjalani kehidupanmu di perantauan. Demikian, semoga tips di atas bermanfaat untuk kamu.

Baca Juga: 6 Hal untuk Anak Rantau yang Sedang Persiapkan Dana Pernikahan

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya