Comscore Tracker

5 Tips Ampuh Semangat Bekerja di Hari Senin, Praktikkan!

Gak ada lagi rasa malas yang menghantui

Akhir pekan rasanya berlalu lebih cepat dari yang kita kira. Dalam waktu singkat, kita kembali harus menghadapi hari Senin.

Bagi banyak orang, bekerja di hari Senin terasa menakutkan. Ada banyak hal yang membuat orang kurang bersemangat bekerja di hari Senin, mulai dari kurangnya istirahat di akhir pekan, membayangkan setumpuk tugas , hingga kekhawatiran lain yang tidak dapat dijelaskan.

Jika pikiran untuk bangun dan bekerja di hari Senin selalu membuatmu tidak nyaman, kamu perlu mencari solusi untuk masalah ini. Dengan begitu, tak ada lagi drama benci bekerja di hari Senin.

1. Dapatkan tidur yang cukup

5 Tips Ampuh Semangat Bekerja di Hari Senin, Praktikkan!ilustrasi tidur (unsplash.com/Tania Mousinho)

National Sleep Foundation merekomendasikan orang dewasa untuk tidur 7-9 jam setiap malam. Kurang tidur dalam jangka panjang dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan, seperti kekebalan yang buruk, penurunan kesehatan jantung, tekanan darah tinggi, dan diabetes.

Dalam jangka pendek, kurang tidur bisa membuat kamu sulit memulai pagi, sehingga membuat kamu tidak semangat untuk bekerja. Meskipun kamu mungkin tergoda untuk begadang dan menghabiskan waktu bersama teman-teman, pastikan kamu cukup tidur pada minggu malam. Dengan cukup istirahat, kamu bisa bangun dengan perasaan yang segar dan lebih mampu memulai hari.

2. Identifikasi alasan kamu tidak termotivasi untuk bekerja

5 Tips Ampuh Semangat Bekerja di Hari Senin, Praktikkan!ilustrasi bekerja dengan laptop (pexels.com/Oleg Magni)

Jika mengalami perasaan tidak termotivasi untuk bekerja, kamu mungkin perlu mengidentifikasi alasannya. Misalnya, apakah lingkungan kerja di hari Senin membuat kamu jadi tidak produktif atau kamu mungkin mengalami burnout di tempat kerja.

Setelah kamu mengidentifikasi masalah, cobalah mencari solusi untuk itu. Misalnya, jika kamu mengalami burnout karena pekerjaan, cobalah mengambil cuti agar kamu bisa refreshing. Selain itu, kamu juga bisa mencoba hobi baru sepulang kerja untuk menangani stres.

3. Jauhi semua tugas kantor selama akhir pekan 

5 Tips Ampuh Semangat Bekerja di Hari Senin, Praktikkan!ilustrasi perempuan sedang bersantai (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Tidak mendapatkan cukup istirahat di akhir pekan akan membuat kamu semakin lelah dan emosional. Ini juga jadi alasan banyak orang terlalu lelah dan malas untuk bekerja di hari Senin.

Jika memungkinkan, kamu harus berhenti bekerja secara total di akhir pekan. Memiliki waktu pribadi sangat penting untuk karyawan, terutama bagi orang yang selalu sibuk di tempat kerja. Dengan berhenti bekerja selama akhir pekan, kamu akan mendapatkan lebih lebih banyak motivasi untuk bekerja di hari Senin.

Baca Juga: 5 Bedanya Kerja Keras vs Kerja Cerdas, Lebih Efektif Mana?

4. Kenakan pakaian terbaik di hari Senin

5 Tips Ampuh Semangat Bekerja di Hari Senin, Praktikkan!pexels.com/Gustavo Fring

Pernahkah kamu bertanya-tanya mengapa banyak perusahaan mengharuskan karyawan untuk berpakaian formal? Ini karena banyak studi membuktikan bahwa pakaian yang dikenakan dapat membantu mengubah sikap orang. Inilah sebabnya mengapa kamu melihat orang berbicara dan berjalan secara berbeda ketika mereka mengenakan pakaian formal.

Untuk meningkatkan motivasi bekerja di hari Senin, pilihlah pakaian yang tepat. Kenakan pakaian yang membuat kamu merasa nyaman, menarik, dan terlihat profesional. Bila perlu, siapkan pakaian sejak malam sebelumnya, ya.

5. Ingat kembali tujuanmu dalam bekerja

5 Tips Ampuh Semangat Bekerja di Hari Senin, Praktikkan!ilustrasi laki-laki sedang bekerja (unsplash.com/LinkedIn Sales Solutions)

Mengingat maksud dan tujuanmu dapat membuat kamu lebih termotivasi untuk bekerja di hari Senin. Ini juga merupakan cara yang bagus untuk memotivasi diri sendiri. Kuncinya adalah mengingatkan diri sendiri apa yang ingin kamu capai dan mengetahui alasannya.

Tanpa adanya tujuan dalam hidup, hidup akan terasa membosankan dan membuat kamu tidak termotivasi bekerja. Di sisi lain, saat kamu memiliki visi atau tujuan yang jelas, hidupmu menjadi terarah. Kamu menjadi proaktif dan tergerak untuk mulai mewujudkan sesuatu.

Setelah membaca dan menerapkan tips ini, harapannya hari Senin tidak lagi menjadi hari terberat di tempat kerja. Semoga setelah ini kamu bisa selalu menyambut hari Senin dengan semangat, ya!

Baca Juga: 5 Motivasi Kehidupan Berharga dari Sebuah Keset, Penuh Makna!

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

a human

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya