Comscore Tracker

6 Alasan Uang Bisa Tingkatkan Kebahagiaan, Yuk Lebih Semangat Kerja!

Tentunya dengan dibarengi rasa syukur
Banyak orang yang percaya bahwa uang bukanlah sumber kebahagiaan dan kebahagiaan tidak bisa diukur dari banyaknya uang. Akan tetapi, harus diakui bahwa, bagi sebagian orang, memiliki banyak uang bisa meningkatkan kebahagiaan. Sebab, kadang kala ada masalah yang hanya bisa diselesaikan dengan uang.
 
Kenapa bisa demikian? Yuk, simak alasan mengapa uang bisa meningkatkan kebahagiaan.

1. Bisa membantu dan membahagiakan orang-orang yang kita sayangi

6 Alasan Uang Bisa Tingkatkan Kebahagiaan, Yuk Lebih Semangat Kerja!Unsplash.com/Cristi Tohatan
Ketika memiliki uang berlebih, orang bisa lebih mudah dalam menggunakan uangnya untuk orang yang disayangi. Membantu saudara, orangtua, teman, dan orang yang membutuhkan di masa-masa sulit bisa memberikan perasaan bahagia dan bangga pada diri sendiri.
 
Tanpa adanya harta yang berlebih, agaknya akan sulit untuk mewujudkan hal-hal seperti ini. Padahal, menggunakan harta untuk membahagiakan orang lain akan membuat diri sendiri lebih bahagia.

2. Punya banyak kesempatan untuk melakukan hal yang kamu sukai

6 Alasan Uang Bisa Tingkatkan Kebahagiaan, Yuk Lebih Semangat Kerja!unsplash.com/Square

Kebanyakan individu menganggap hal-hal yang sifatnya hiburan, seperti jalan-jalan, berbelanja, menonton, dan menjalankan hobi adalah kebutuhan tersier. Sehingga, orang-orang akan melaksanakan aktivitas tersebut ketika kebutuhan primer dan sekunder telah terpenuhi dan masih memiliki sisa uang.

Sayangnya, tak jarang orang yang hanya memiliki cukup uang untuk memenuhi kebutuhan pokoknya saja. Artinya, dengan memiliki uang yang lebih, kamu bisa memiliki lebih banyak kesempatan untuk melakukan hal-hal yang kamu sukai dan bisa membuatmu lebih bahagia.

3. Uang dapat membeli banyak pengalaman

6 Alasan Uang Bisa Tingkatkan Kebahagiaan, Yuk Lebih Semangat Kerja!Unsplash.com/Arnold Stephen

Banyak yang beranggapan bahwa memiliki barang-barang mahal mungkin tidak akan membuat seseorang lebih bahagia. Akan tetapi, memiliki banyak pengalaman tentu bisa meningkatkan kebahagiaan seseorang.

Dan sering kali, untuk mendapatkan pengalaman baru, kamu perlu mengeluarkan biaya tambahan. Seperti, jalan-jalan ke luar negeri, menginjakkan kaki di tempat yang kamu impikan, kursus, menonton konser, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Gak Selalu Uang, Ini 5 Kado Pernikahan Buat Sahabat yang Memorable!

4. Lebih mampu mempertahankan kesehatan

6 Alasan Uang Bisa Tingkatkan Kebahagiaan, Yuk Lebih Semangat Kerja!unsplash.com/Rawan Yasser

Menurut survei yang dilakukan oleh Gallup terhadap warga Amerika, dilaporkan bahwa orang-orang yang miskin lebih mungkin mengalami masalah kesehatan, yang paling umum adalah depresi. Selain itu, orang dewasa Amerika yang memiliki masalah finansial juga lebih berpotensi mengalami masalah kesehatan yang terkait dengan obesitas, seperti asma, serangan jantung, darah tinggi, dan diabetes.

Ini dikarenakan mereka yang memiliki penghasilan tinggi bisa mendapatkan fasilitas kesehatan yang lebih layak dan lebih mungkin menerapkan gaya hidup sehat.

5. Bisa menyewa layanan untuk melakukan pekerjaan yang tidak kamu suka

6 Alasan Uang Bisa Tingkatkan Kebahagiaan, Yuk Lebih Semangat Kerja!unsplash.com/Sarah Brown
Menurut laman Psychology Today, orang mendapatkan kepuasan yang lebih besar ketika membelanjakan uang untuk hal yang sifatnya layanan daripada material. Seperti, menyewa orang untuk membersihkan rumah, laundry, memesan makanan secara daring, dan sebagainya. 
 
Sebab, hal ini mampu membuat seseorang memiliki lebih banyak waktu luang yang bisa dimanfaatkan untuk hal yang lebih penting, seperti menghabiskan waktu bersama keluarga dan sahabat, melaksanakan hobi, dan merawat diri, yang bisa meningkatkan kebahagiaan secara keseluruhan.

6. Terhindar dari utang

6 Alasan Uang Bisa Tingkatkan Kebahagiaan, Yuk Lebih Semangat Kerja!Unsplash.com/Alexander Mils
Kadang kala, untuk memenuhi kebutuhan hidup, ada orang yang harus berutang ke sana ke mari.  Tapi bukannya membuat lega, memiliki utang justru membuat hidup kurang tenang karena terbebani oleh cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya, bunga, dan ketakutan jika tidak dapat membayar utang tepat waktu.
 
Oleh sebab itu, dengan memiliki banyak uang, kamu bisa langsung melunasi semua utang, bahkan menghindarkan dirimu dari utang. Sehingga, kamu bisa bernapas lega karena tidak perlu memikirkan cicilan dan denda yang biasanya membayangi ketika memiliki utang.
 
Bukan berarti uang adalah satu-satunya sumber kebahagiaan. Hanya saja, tak ada salahnya bukan jika kamu rajin mencari uang dengan harapan bisa membuat hidupmu dan orang-orang di sekitarmu lebih bahagia? Yang tak kalah penting, jangan lupa untuk bersyukur atas setiap rezeki yang kamu dapatkan, berapa pun jumlahnya dan apa pun bentuknya.

Baca Juga: Uang Sering Habis Sebelum Gajian? Coba 4 Metode Alokasi Gaji Ini!

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya