Comscore Tracker

Wajib Dihindari, 5 Kebiasaan Ini Bikin Kamu Jadi Kurang Percaya Diri

Pokoknya jangan sampai jadi kebiasaan

Rasa percaya diri adalah hal krusial yang harus dimiliki setiap individu. Tanpa rasa percaya diri, seseorang tidak akan bisa menjalani aktivitas dengan nyaman dan tenang. Sayangnya, sampai saat ini banyak sekali orang yang harus berjuang dan bertarung dengan rasa tidak percaya diri.

Sebenarnya perasaan minder atau tidak percaya diri bukanlah hal yang bersifat bawaan atau dari lahir, melainkan tecipta dari kebiasaan-kebiasaan. Untuk itu, kamu perlu tahu hal-hal apa saja yang berpotensi membuat dirimu menjadi minder.

1. Terlalu menganggap serius apa yang dikatakan orang lain

Wajib Dihindari, 5 Kebiasaan Ini Bikin Kamu Jadi Kurang Percaya DiriUnsplash/Gokil

Terlalu menganggap serius apa yang orang lain katakan tentang kamu hanya akan membuat dirimu tertekan dan kurang percaya diri. Kamu jadi terus-menerus merasa tidak nyaman dengan dirimu sendiri. Bahkan merasa bahwa kamu bukanlah seorang yang berharga. Alhasil kamu selalu bersikap pesimis dan malas melakukan hal-hal apapun.

2. Keinginan membahagiakan orang lain secara berlebihan

Wajib Dihindari, 5 Kebiasaan Ini Bikin Kamu Jadi Kurang Percaya Dirinews.fiu.edu

Keinginanmu untuk mencapai semua hal yang orang lain harapkan darimu hanya akan membuat kamu berjuang keras dengan motivasi yang keliru. Kamu melakukan segala sesuatu dengan bayang-bayang mimpi orang lain dan ketakutan akan mengecewakan mereka. Dampaknya, kamu sering merasa tidak bahagia karena melakukan hal-hal yang sebenarnya tidak kamu sukai.

Baca Juga: Masa Sih Percaya Diri Bikin Hidup Lebih Bahagia? Ini Penjelasannya!

3. Bagimu penampilan fisik adalah segalanya

Wajib Dihindari, 5 Kebiasaan Ini Bikin Kamu Jadi Kurang Percaya DiriUnsplash.com/Oleg Sergeichik

Kamu menaruh penampilan fisik sebagai prioritas utama dalam keseharianmu. Bagimu, penampilan yang sempurna adalah hal krusial dalam hidup. Sayangnya, hal tersebut hanya akan membuat kamu selalu membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Kamu pun kerap merasa malu dan rendah diri ketika melihat orang lain berpenampilan lebih menarik dari kamu.

4. Selalu melihat kekurangan-kekurangan pada diri sendiri

Wajib Dihindari, 5 Kebiasaan Ini Bikin Kamu Jadi Kurang Percaya DiriUnsplash.com/Alex Lby

Terkadang rasa tidak percaya diri muncul karena kebiasaan yang sering melihat kelemahan dan kekurangan diri sendiri. Padahal sejatinya, setiap manusia pasti memiliki kekurangan dan kelebihan dalam dirinya. Akan tetapi, terlalu sering melihat hal-hal negatif pada diri sendiri hanya akan membuatmu tidak menyadari sisi positif yang melekat pada dirimu dan sulit melihat potensi serta peluang yang ada di depan mata. Alhasil kamu jadi orang yang sulit berkembang dan minder.

5. Selalu takut akan kegagalan dan melupakan prestasi yang pernah diraih

Wajib Dihindari, 5 Kebiasaan Ini Bikin Kamu Jadi Kurang Percaya Diricenterforsharedinsight.com

Sebagai manusia, tidak ada salahnya kamu berusaha melakukan yang terbaik dan mengharapkan keberhasilan di masa depan. Akan tetapi, sebaiknya kamu siapkan mental untuk menghadapi kegagalan yang mungkin terjadi. Terlalu berharap pada kesuksesan hanya akan membuat dirimu dihantui rasa cemas akan kemungkinan kegagalan.

Dampaknya kamu selalu tertekan dan kadang merasa dirimu tidak berguna ketika kamu tidak mendapatkan hasil seperti yang kamu inginkan. Maka dari itu, sebaiknya kamu banyak-banyak menengok pada keberhasilan dan prestasi yang telah kamu raih agar kamu bersyukur dan percaya diri bahwa kamu seorang yang berbakat.

Sekarang kamu sudah tahu kan hal-hal apa saja yang bisa membuat kamu menjadi orang yang minder? Maka dari itu, kamu perlu menghindari kelima poin yang telah disebutkan agar tidak menjadi individu yang kurang percaya diri.

Baca Juga: 5 Mitos tentang Percaya Diri yang Sering Bikin Orang Salah Duga

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya