Comscore Tracker

5 Cara Sederhana Tebarkan Kebaikan via Online, Cobain, yuk!

Menebar kebaikan bisa di mana saja, lho!

Berbagi kebaikan tidak hanya dilakukan secara langsung namun saat ini bisa dilakukan secara online. Dengan perkembangan arus kemajuan teknologi yang pesat, menjadikan media sosial dan platform online sebagai wadah untuk menebarkan kebaikan tentu adalah hal bijak yang patut kita tanamkan.

Ada banyak cara untuk tebarkan kebaikan, beberapa hal sederhana ini selain bisa memberikan manfaat kepada orang lain tentu hal tersebut akan berdampak positif bagi kita sendiri, lho!

1. Tinggalkan komen positif di media sosial orang sekitar 

5 Cara Sederhana Tebarkan Kebaikan via Online, Cobain, yuk!ilustrasi orang meninggalkan komentar di media sosial (pexel.com/cottonbro)

Menerbarkan kebaikan sama mudahnya dengan menerbarkan kebencian di media sosial saat ini. Namun akan memiliki dampak sangat berbeda dari kedua hal tersebut bagi orang yang memberi maupun menerima. Jika kita mengetahui manfaatnya tentu kita akan memilih mendapat kebaikan dari orang lain, oleh karena itu berikan pula kebaikan kepada orang lain.

Cara sederhana yang dapat kita lakukan di media sosial adalah dengan meninggalkan komentar baik dan positif di unggahan orang sekitar. Komentar-komentar bernilai positif yang kita berikan juga akan berdampak pada diri kita yang akan selalu berpikir positif dan tidak dipenuhi dengan kebencian. Jikapun tidak menyukai, biarkan dan lewati saja.

2. Berikan review baik untuk usaha dan bisnis orang lain 

5 Cara Sederhana Tebarkan Kebaikan via Online, Cobain, yuk!ilustrasi orang menulis review (pexel.com/Tatiana Syrikova)

Memberikan support kepada orang lain yang sedang memulai bisnis atau sudah menjalankannya dapat kita mulai dengan memberikan review yang bersifat membangun. Meninggalkan jejak review tentu akan sangat berarti bagi pemilik bisnis apalagi yang baru saja merintisnya.

Meskipun terbilang hal kecil dan tidak membutuhkan banyak tenaga, namun hal ini akan bisa berdampak besar bagi perkembangan bisnis orang lain. Tentu bermanfaat pula untuk meningkatkan mood dan semangat berjuang orang lain. 

3. Ikut berdonasi 

5 Cara Sederhana Tebarkan Kebaikan via Online, Cobain, yuk!ilustrasi orang berdonasi online (pexel.com/Karolina Grabowska)

Dengan adanya arus informasi yang tinggi di media sosial, banyak orang yang memanfaatkan media sosial sebagai platform untuk menggalang donasi dan menjadi wadah untuk membantu sesama. Hal ini bisa kamu manfaatkan dengan ikut menyumbangkan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain.

Sebagai tanda bersyukur dan rasa kemanusiaan, kamu bisa mendonasikan apa yang kamu miliki dan dirasa akan bermanfaat bagi orang lain. Berbagi kebaikan dengan sesama tidak selalu dalam bentuk uang, banyak hal untuk menyalurkan kebaikanmu seperti menyumbangkan buku, pakaian atau barang lain yang masih layak untuk disumbangkan.

Baca Juga: 5 Alasan Kebaikan Perlu Diteruskan, Jangan Cuma Berhenti di Kamu

4. Mengirimkan pesan bermakna untuk orang yang sedang murung

5 Cara Sederhana Tebarkan Kebaikan via Online, Cobain, yuk!ilustrasi mengirim pesan bermakna kepada orang lain (pexel.com/Olly)

Dalam hidup tentu semua orang akan mengalami fase up and down. Ada kalanya merasa sangat bahagia ada kalanya orang merasa lelah, sedih dan sedang dalam perjuangan berat.

Jika kamu menemui orang di sekitarmu merasakan fase terpuruk dalam hidupnya, kirimlah pesan yang dapat menguatkannya. Meskipun terkesan sederhana dan sepele tentu hal ini akan memiliki makna tersendiri bagi orang lain.

5. Membagikan unggahan inspirasi kepada orang terdekat

5 Cara Sederhana Tebarkan Kebaikan via Online, Cobain, yuk!ilustrasi orang membagikan unggahan inspiratif (pexel.com/Kaboompics.com)

Seringkali kita menemukan inspirasi dan motivasi lewat media sosial, cara terbaik menebarkan kebaikan dengan cara membagikan berita positif, unggahan inspiratif dan menandainya untuk orang terdekat kita. Sehingga tidak hanya kita yang merasakan dampak positif untuk mental kita namun juga orang lain.

Jika kita mampu menebarkan kebaikan untuk orang lain, kenapa tidak dilakukan? Toh, tidak ada ruginya bagi kita malah banyak manfaatnya. Apalagi cara menebarkan saat ini ada beragam, kan? Yuk, mulai tebarkan kebaikan!

Baca Juga: 5 Tips Tanamkan Abundance Mindset dalam Diri, Yuk Tebarkan Kebaikan!

Eka Laura Ferdianti Photo Verified Writer Eka Laura Ferdianti

Practice Makes Perfect

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya