Comscore Tracker

Lakukan 4 Cara Ini Biar Obrolanmu dengan Teman Makin Berfaedah

Biar gak ngobrolin hal receh melulu

Dalam hubungan pertemanan, kita akan sering membicarakan banyak hal. Mulai dari hal yang konyol, atau sekedar gurauan gak lucu, tapi malah tiba-tiba jadi lucu karena ke-garing-an itu, fufufu. Berbincang hal biasa, yang bisa dibilang gak penting itu memang mengasyikan.

Tapi perkumpulan yang terlalu sering yang hanya membahas seputar itu, kurang baik juga tuh guys. Apalagi jika kamu seorang mahasiswa. Selain jadi manusia yang punya teman banyak dan dianggap asik, kita juga harus punya pemikiran yang luas, kritis juga baiknya bisa menganalisa apa yang dilihat.

Trus gimana caranya supaya jadi mahasiswa yang berpikiran luas, kritis dan mampu menganalisa itu? Jawabannya adalah banyak membaca dan diskusi. Mulailah ajak teman nongkrong kamu untuk diskusi berbagai hal. “Ah gak asik, mereka pasti bosen diajak ngobrol begituan.”

Ada triknya nih guys. Beberapa cara ini akan membuat pembincanganmu dengan teman berubah jadi diskusi yang berisi.

1. Buat pernyataan yang gak kamu banget dan kontraversi, yang lagi anget di tengah masyarakat

Lakukan 4 Cara Ini Biar Obrolanmu dengan Teman Makin BerfaedahUnsplash/Antenna

Saat kamu lagi ngumpul dan mulai ngobrolin hal yang mungkin gak jelas, secara tiba-tiba katakanlah sesuatu yang kemungkinan di lingkungan pertemananmu itu, banyak yang gak setuju. Misalnya, buat pernyataan kalo kamu mau golput aja pas pemilihan presiden. Dan, kemungkinan akan terjadilah percakapan seperti ini.

“Gua mau golput ah!”

“Hah? Maksud lo apaan? Kok gitu?”

“Iya. Lo liat aja, walaupun milih belum tentu negara ini jadi bener!”

2. Kukuhlah pada pernyataanmu

Lakukan 4 Cara Ini Biar Obrolanmu dengan Teman Makin Berfaedahallesprachen.at

Ketika teman-temanmu mulai menanggapi apa yang kamu katakan, dan mulai memberi nasihat-nasihat, berharap kamu akan sejalan dengan yang mereka katakan. Tetaplah beridiri dengan tegas atas ucapanmu.

Sementara sangkal apa yang mereka katakan, ungkapkan kalau adanya kebobrokan negeri ini dengan menjelaskan beberapa kasus yang tidak selesai oleh aparat negara. Dipastikan, diskusimu akan semakin hot.

Baca Juga: 6 Topik yang Paling Sensitif Dibahas di Sosmed, Sebaiknya Dikurangi Ya

3. Jika terasa sudah mencapai puncak ego dalam mempertahankan pendapatmu, pelan-pelan mulailah dengarkan penjelasan temanmu

Lakukan 4 Cara Ini Biar Obrolanmu dengan Teman Makin Berfaedahbehance.net

Pada situasi ini, mulailah kurangi kekeras kepalaanmu. Dengarkan setiap kata mereka lalu pikirkan. Ingat, jangan terima mentah-mentah. Ibarat mau makan durian, gak mau kan makan sama kulitnya.

4. Setelah suasana mulai dingin, terimalah pendapat temanmu

Lakukan 4 Cara Ini Biar Obrolanmu dengan Teman Makin Berfaedahunsplash

Diskusi tidak boleh berubah jadi debat kusir, bukan. Kita juga harus menyudahinya dengan perasaan legawa dan saling menerima pendapat yang lainnya. 

See, setelah melakukan empat langkah itu, obrolanmu bersama teman tidak sekadar perihal ngerumpi atau cekakak cekikik gak jelas. Tapi perbincangan kita menjadi lebih berisi juga dapat pengetahuan yang baru.

Baca Juga: 5 Topik Obrolan Ini Bisa Bikin Kamu Tampak Elegan, Girls!

Eko Budiawan Photo Community Writer Eko Budiawan

Hidup itu sederhana, begitu pula dunia melihat caraku mencintaimu, apa adanya dan semampunya. Goresan tinta hanya akan mengerti apa yang ditulis dari goresannya, berbisik lirih menyebar seenaknya. Jika seluruh dunia melihatmu dan berkata A, dan hanya aku yang mengatakan B, apakah itu tidak cukup untukmu?

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You