Fungsional & Menarik, Manfaatkan Tangga Bekas untuk 13 Hal Ini

Mudah dan nggak terlalu membutuhkan banyak biaya!

Memanfaatkan barang-barang bekas untuk digunakan atau dijadikan sebagai furnitur rumah, selain bisa membantu mengurangi kerusakan lingkungan, juga bisa menghemat pengeluaran dan membuat tampilan rumahmu makin menarik dan artistik. Banyak sekali barang, terutama barang-barang yang terbuat dari kayu, bisa dimanfaatkan kembali untuk dijadikan barang lain yang lebih fungsional. Salah satunya adalah tangga.

Dengan sedikit kreativitasmu, tangga, baik yang terbuat dari kayu maupun besi, bisa dimanfaatkan untuk 13 hal berikut ini.  

1. Dijadikan meja hias dalam kamar atau raung tamu

Fungsional & Menarik, Manfaatkan Tangga Bekas untuk 13 Hal Inisportolunga.com

Punya tangga besi yang sudah lama karatan dan lama teronggok di gudang? Kamu bisa gunakan tangga itu untuk dibuat meja hias yang bisa ditempatkan di kamar atau ruang tamumu seperti ini. Nggak perlu khawatir dengan noda karatnya. Noda karat pada tangga tersebut justru bisa membuat tampilan meja hiasmu lebih artistik dan antik.

Kalau kamu nggak suka dengan noda karatnya, kamu bisa menyiasatinya dengan mengecatnya ulang. Pilih warna cat besi yang cocok dipadukan dengan cat dinding kamar atau ruang tamumu.

2. Dijadikan tempat untuk menggantung atau menjemur baju-bajumu

Fungsional & Menarik, Manfaatkan Tangga Bekas untuk 13 Hal Inisportolunga.com

Tambahkan balok kayu atau papan dan tongkat bambu, kamu bisa menyulap dua tangga bekasmu menjadi lemari gantung seperti ini. Bisa juga dijadikan sebagai jemuran.

3. Dijadikan rak buku

Fungsional & Menarik, Manfaatkan Tangga Bekas untuk 13 Hal Inisportolunga.com

Sandarkan tangga begitu saja di dinding atau tambahkan papan penyangga yang ditempelkan ke dinding, tangga kayu bekasmu bisa dimanfaatkan sebagai rak buku.

4. Dijadikan rak sepatu

Fungsional & Menarik, Manfaatkan Tangga Bekas untuk 13 Hal Iniepiscopalassembly.org

Selain dijadikan rak buku, bisa juga dijadikan rak sepatu. Nggak cuma menghemat ruang dan uang, cara semacam ini juga bisa membuat salah satu sudut rumahmu terlihat berbeda dari biasanya. 

5. Tempatkan di kamar mandi dan jadikan tempat meletakkan handukmu

Fungsional & Menarik, Manfaatkan Tangga Bekas untuk 13 Hal Inifreshideen.com

Bosan dengan tempat penyimpanan handuk yang begitu-begitu saja? Cobalah bereksperimen dengan tangga kayu atau besi bekasmu. Tampilannya bisa memberikan suasana nggak biasa dan mempercantik kamar mandimu.

Kamu bahkan bisa menambahkan keranjang di sana untuk menempatkan berbagai alat mandimu.

Baca Juga: 10 Ide Dekorasi yang Bikin Rumah Berkonsep Tiny House Lebih Lapang

6. Tempat memajang tanaman hias

Fungsional & Menarik, Manfaatkan Tangga Bekas untuk 13 Hal Ini2minuteswith.com

Sekarang kamu nggak perlu pusing lagi memikirkan tempat untuk memajang tanaman-tanaman hiasmu. Manfaatkan tangga kayu atau besi bekasmu, tambahkan beberapa papan lebar, sekarang koleksi tanaman hisamu jadi punya tempat baru dan tampilan terasmu jadi terlihat lebih rapi dan segar.  

7. Untuk mempercantik dinding

Fungsional & Menarik, Manfaatkan Tangga Bekas untuk 13 Hal Ini2minuteswith.com

Cukup tempelkan di dinding seperti ini, tempatkan foto-foto atau stiker menarik, tangga bekasmu bisa dijadikan hiasan dinding sekaligus digunakan sebagai tempat menyimpan koleksi aksesorimu.

8. Untuk menggantungkan perabot dapur

Fungsional & Menarik, Manfaatkan Tangga Bekas untuk 13 Hal Ini2minuteswith.com

Nggak butuh terlalu banyak modifikasi, kamu cukup gantungkan tanggamu di langit-langit seperti ini dan jadikan tempat menggantungkan perabot dapurmu. Jadi nggak perlu lagi terlalu banyak menancapkan paku-paku ke dinding, bukan?

9. Dijadikan hiasan Natal

Fungsional & Menarik, Manfaatkan Tangga Bekas untuk 13 Hal Inideavita.com

Saat perayaan Natal tiba, tangga kayu atau besi bekasmu bahkan bisa dijadikan pengganti pohon Natal atau tempat menggantungkan pernak-pernik dan hiasan Natal. Suasana perayaan Natalmu jadi terasa berbeda.

10. Dijadikan lampu gantung

Fungsional & Menarik, Manfaatkan Tangga Bekas untuk 13 Hal Ini2minuteswith.com

Gantung tepat di atas meja makan seperti ini, lalu tambahkan lampu-lampu bohlam, tangga kayu atau besi bekasmu bisa jadi lampu gantung yang menawan.

11. Dijadikan meja tulis

Fungsional & Menarik, Manfaatkan Tangga Bekas untuk 13 Hal Inietsy.com

Pasangi laci dan lampu, tangga kayu atau besi bekasmu bisa disulap jadi meja tulis yang hemat ruang.

12. Jadikan sebagai pengganti rak piring

Fungsional & Menarik, Manfaatkan Tangga Bekas untuk 13 Hal Inistylejuicer.com

Menjadikan tangga kayu atau besi bekasmu sebagai tempat menyimpan piring-piring dan gelas-gelas seperti ini cocok buat kamu yang masih tinggal di kosan, yang biasanya merasa ribet kalau harus membeli rak piring untuk piring dan gelasmu yang jumlahnya nggak seberapa. Namun, bagi kamu yang tinggal di rumah sendiri, rak piring dari tangga seperti ini bisa memberi kesan artistik pada dapurmu.

13. Jadikan sebagai pengganti pigura atau tempat mendisplai foto-fotomu

Fungsional & Menarik, Manfaatkan Tangga Bekas untuk 13 Hal Inietsy.com

Lupakan pigura konvensional yang harganya lumayan menguras kantongmu. Sebagai gantinya, ubah tangga kayu bekasmu untuk dijadikan pigura tanpa kaca seperti ini. Dinding rumahmu jadi terlihat lebih menarik.

Gimana? Mudah dan nggak terlalu membutuhkan banyak biaya, bukan?

Baca Juga: Berkonsep Elegant Classic, Intip Dekorasi Mewah Pesta Resepsi Yuanita

El Rui Photo Verified Writer El Rui

Penghuni Pluto. Gemar menulis hal-hal remeh dan berpikir aneh-aneh.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You