Comscore Tracker

Apartemenmu Sempit? Ini 6 Trik Wujudkan Desain Interior Impian

Area yang sempit gak jadi masalah!

Artikel ini merupakan kerjasama dengan Dekoruma

Mengatur kamar apartemen yang kecil bisa dibilang susah-susah gampang. Ukurannya yang sempit bisa menghambatmu untuk merealisasikan desain interior impian. Jika kamu gak membuat perencanaan yang benar-benar matang, apartemenmu akan jadi berantakan dan gak nyaman untuk dijadikan tempat tinggal.

Daripada berlarut-larut memikirkannya, ada baiknya kamu mencoba trik penataan desain interior apartemen kecil dari Dekoruma berikut ini. Dijamin setelah mencoba dan melihat hasilnya, kamu pasti akan lebih betah berlama-lama di apartemen kesayanganmu!

1. Buat area yang terpapar pencahayaan sebagai ruang keluarga

Apartemenmu Sempit? Ini 6 Trik Wujudkan Desain Interior ImpianDok. Dekoruma

Apakah ruang apartemenmu berbentuk L dan ada jendela di salah satu sisinya? Jika iya, manfaatkan area tersebut sebagai ruang keluarga. Paparan sinar matahari yang menembus lewat jendela membuat ruang keluarga yang kecil jadi lebih segar dan gak terasa sumpek. Dengan begitu, kamu bisa tetap nyaman nongkrong bersama keluarga tercinta.

Baca Juga: Arti Nama Anak Joe Taslim, Ketiganya Punya Nilai Historis

2. Gunakan rak televisi dinding tanpa kaki

Apartemenmu Sempit? Ini 6 Trik Wujudkan Desain Interior ImpianDok. Dekoruma

Cara selanjutnya adalah kamu bisa menggunakan furnitur dinding tanpa kaki seperti rak televisi dinding ini. Solusi pintar ini akan membuat ruang keluarga terlihat lebih lapang. Di samping itu, kamu lebih mudah membersihkan ruang keluarga karena gak ada debu yang terselip atau menyangkut.

3. Untuk membangun mood dan suasana, padukan tiga jenis pencahayaan

Apartemenmu Sempit? Ini 6 Trik Wujudkan Desain Interior ImpianDok. Dekoruma

Apartemenmu akan terasa hampa tanpa adanya aksen yang dihadirkan oleh lampu ruangan. Selain memberikan cahaya pada ruangan, lampu ruangan juga berguna untuk membangun mood ke dalam apartemen yang luasnya terbatas.

Kombinasikan tiga jenis pencahayaan lampu di dalam ruangan, yaitu pencahayaan pusat (ambience lighting), pencahayaan yang lebih fokus (task lighting) dan pencahayaan tambahan (accent lighting). Gunakan lampu gantung sebagai ambience lighting, lampu lantai sebagai task lighting, dan lampu dinding sebagai accent lighting.

4. Di kamar tidur, gunakan salah satu sisi saja sebagai tempat furnitur

Apartemenmu Sempit? Ini 6 Trik Wujudkan Desain Interior Impian

Sebuah hunian nggak akan lengkap tanpa kehadiran kamar tidur. Khusus untuk kamar tidur yang tidak memiliki ruang yang luas, posisikan semua furnitur di salah satu sisi ruangan. Dalam kata lain, furnitur seperti meja, tempat tidur, hingga lemari pakaian sebaiknya menghadap ke satu sisi saja. Hal ini dilakukan untuk menghindari kesan sempit.

5. Gunakan satu ruangan untuk dua fungsi

Apartemenmu Sempit? Ini 6 Trik Wujudkan Desain Interior ImpianDok. Dekoruma

Keterbatasan area membuat kamu bingung di mana kamu harus menempatkan ruang makan dan dapur. Jangan khawatir! Halangan seperti ini bisa kamu siasati dengan mudah.

Jadikan dapur dan ruang makan dalam satu area. Trik ini justru memudahkan kamu saat memasak. Meja makan bisa digunakan untuk mempersiapkan bahan makan. Memindahkan masakan dari area dapur ke meja makan pun lebih dekat.

6. Berikan dekorasi alami sebagai sentuhan akhir

Apartemenmu Sempit? Ini 6 Trik Wujudkan Desain Interior ImpianDok. Dekoruma

Untuk makin menambah kecantikan apartemen kamu, kamu bisa menggunakan ragam dekorasi yang sesuai dengan gaya interior apartemen. Tak hanya itu, elemen alami pun bisa kamu hadirkan melalui tanaman hias dalam ruangan.

Itulah keenam cara yang bisa kamu coba saat mulai mengisi apartemen milikmu. Gak sulit, ‘kan? Meskipun sempit, tampilan apartemenmu akan tetap lebih seimbang dan ideal. Kamu dan keluarga pun semakin betah beraktivitas di rumah.

Baca Juga: Bubah Alfian: Sebelum Makeup 'Kepo-in' Karakter Klien Melalui Zodiak

Topic:

  • Elfida

Just For You