Comscore Tracker

Yuk, Cat Kamar Sendiri Dengan 5 Cara yang Anti Mainstream!

Kamar jadi makin hidup dan betah berlama-lama di sana

Artikel ini merupakan kerja sama dengan Dekoruma

Bosen gak sih sama cat kamar yang polos dan begitu-begitu saja? Kamar yang notabene sebagai tempat pertama sejak bangun tidur hingga tempat terakhir menutup hari ini sudah sepatutnya jadi tempat yang nyaman dan gak membosankan. Salah satu caranya dengan melalui eksplorasi cat kamar yang anti mainstream.

Beberapa teknik bisa digunakan untuk menghidupkan suasana kamar yang tadinya polos dan datar. Dengan tersedianya ribuan warna cat yang bisa disesuaikan dengan karakter dan kreativitas, tidak ada batasan untuk kamu bisa berkreasi dalam mengecat kamar dengan gaya yang keren dan tidak biasa.

Dekoruma punya enam hasil teknik mengecat dinding kamar yang anti mainstream, tapi juga masih mudah untuk dipraktikkan sendiri tanpa perlu bantuan tukang cat profesional. Simak di bawah ini!

1. Selotip sebagai alat bantu

Yuk, Cat Kamar Sendiri Dengan 5 Cara yang Anti Mainstream!Dok. akailochiclife.com

Selotip bisa dibilang sebagai alat bantu yang harus selalu ada untuk bisa berkreasi dengan cat tembok. Cat dinding kamar dengan selotip sebagai pembentuk pola dan pemisah antar bagian tembok. Pola-pola yang bisa dibentuk pun beragam dan bisa disesuaikan dengan keinginan. Mulai dari garis (stripes), harlequin, diamond, papan catur, sampai pola asimetris dan abstrak. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah penggunaan selotip model kertas agar tidak merusak dinding. 

2. Efek old school menggunakan spons

Yuk, Cat Kamar Sendiri Dengan 5 Cara yang Anti Mainstream!Dok. westelm.com

Dengan kembalinya tren vintage, teknik mengecat kamar dengan bantuan spons bisa
menciptakan efek berupa guratan dan cipratan cat yang saling tumpang-tindih. Umumnya, warna yang digunakan masih dalam skema warna yang sama, misalnya penggunaan warna tua sebagai dasar dan warna muda untuk aksen.  

Baca Juga: 9 Pilihan Warna Cat Dinding untuk Kamar Anak, Timeless!

3. Bermain gradasi dengan ombre

Yuk, Cat Kamar Sendiri Dengan 5 Cara yang Anti Mainstream!Dok. shutterstock.com

Teknik ombre berarti memberikan efek gradasi dari warna yang lebih gelap sampai warna paling terang atau putih. Warna-warna yang digunakan biasanya masih senada dan dalam palet yang sama. Susunan gradasinya pun bisa disesuaikan dengan keinginan kamu. Vertikal dari atas ke bawah, bawah ke atas, horizontal dari kiri ke kanan, kanan ke kiri, maupun diagonal. 

4. Teknik stenciling untuk pola kompleks

Yuk, Cat Kamar Sendiri Dengan 5 Cara yang Anti Mainstream!Dok. cuttingedgestencils.com

Untuk pola-pola yang lebih kompleks, kamu bisa menggunakan teknik stenciling. Pola yang kompleks ini biasanya memasukkan banyak elemen desain, seperti titik, garis lurus, garis yang berbelok-belok, asimetris, atau pola-pola berbentuk lain seperti bunga, wajik, dedaunan, dan bentuk-bentuk populer lainnya. Yang perlu kamu lakukan hanya membuat cetakan polanya, lalu gunakan sebagai alat bantu untuk mengecat pola.

5. Polkadot yang simpel dan klasik

Yuk, Cat Kamar Sendiri Dengan 5 Cara yang Anti Mainstream!Dok. designdazzle.com

Teknik mengecat yang satu ini bisa dilakukan hanya dengan menggunakan kertas HVS yang dilubangi. Ukuran lubang yang dibuat bisa disesuaikan sesuai keinginan. Bulatan kecil dan banyak bisa diterapkan untuk hasil yang lebih elegan, sedangkan bulatan besar dengan jumlah lebih sedikit untuk dinding yang lebih hidup. Kombinasi antara warna dasar dinding dengan bulatan pun tidak terbatas. Yang penting, gunakan dua warna yang berbeda untuk menimbulkan efek kontras yang menyegarkan.

 

Gimana, keren dan mudah, kan? Dengan teknik-teknik pengecatan di atas, kamar tidurmu bakal jadi anti mainstream banget. Nyaman, gak membosankan, dan pastinya Instagramable.

Baca Juga: 8 Inspirasi Desain Pola Keramik Keren untuk Kamar Mandimu

Topic:

  • Elfida

Berita Terkini Lainnya