2019 Masih Boros Belanja? Ini 5 Tips Mengatasi Biar Bisa Ngirit

Biar gak kalap belanjanya...

Memasuki awal tahun, biasanya kita akan membuat resolusi yang intinya ingin lebih baik dari tahun sebelumnya. Termasuk resolusi finanfial. Banyak dari kita yang ingin punya tabungan atau berinvestasi lebih banyak, tapi belum mengubah kebiasaan buruk yaitu pemborosan. Berikut 5 tips dalam berbelanja, agar 2019mu jadi lebih baik:

1. Membuat daftar belanja

2019 Masih Boros Belanja? Ini 5 Tips Mengatasi Biar Bisa Ngiritvizz.co

Membuat list daftar belanjaan ini sangat penting loh, guys. Karena kalau kita punya list, belanjanya jadi lebih efektif dan efisien. Waktu belanja menjadi lebih cepat dan menghindari 'latah mata' sehingga pemborosan bisa dicegah.

2. Rajin cek promosi di media online

2019 Masih Boros Belanja? Ini 5 Tips Mengatasi Biar Bisa Ngiritunsplash/Artificial Photography

Salah satu cara paling ampuh untuk berhemat adalah membeli barang dengan potongan harga. Tentu ini akan mengurangi pengeluaran belanja dibanding membeli barang dengan harga normal. Nah, ada baiknya sebelum pergi belanja, kamu cek dulu beberapa web yang menyajikan informasi mengenai produk-produk dengan harga spesial.

Baca Juga: 7 Benda yang Menguras Uang Para Cewek di Usia 21 Tahun. Bikin Boros!

3. Utamakan kebutuhan bukan keinginan

dm-player
2019 Masih Boros Belanja? Ini 5 Tips Mengatasi Biar Bisa NgiritEumundimarkets.com.au

Kadang, meski sudah membuat list belanja, kita masih sering saja tergoda. Apalagi untuk perempuan, begitu melihat barang favoritnya ada diskon, biasanya langsung saja ingin memasukan ke kepanjang belanja. Padahal, tidak masuk ke dalam budget belanja. Nah, saat ini terjadi, coba ingat kembali prinsip belanja yaitu utamakan kebutuhan daripada keinginan. Jika barang itu adalah hanya sebuah keinginan yang masih bisa ditunda, maka tidak perlu terburu-buru untuk membelinya. Tanamkan prinsip ini di  pikiran, agar alam bawah sadar kita mendukung.

4. Menabung sebelum berbelanja

2019 Masih Boros Belanja? Ini 5 Tips Mengatasi Biar Bisa Ngiritm.businesstoday.in

Sebelum berbelanja, pastikan uang untuk menabung sudah disisihkan, ya. Jangan belanja dulu, sisanya baru ditabung, tapi menabunglah dulu baru sisanya dibelanjakan.

5. Jangan ragu menolak ajakan teman yang menurutmu akan membuat lebih konsumtif

2019 Masih Boros Belanja? Ini 5 Tips Mengatasi Biar Bisa Ngiritprovidesupport.com

Kebiasaan buruk yang sering kali  menyusahkan diri sendiri adalah sulit berkata tidak. Dengan alasan tidak enak dan semacamnya, tak jarang kita membeli sesuatu hanya karena teman kita juga membelinya. Padahal, sangat mungkin kita tidak membutuhkannya. Nah, mulai sekarang, tolong dikurangi ya.

Baca Juga: 12 Ranking Zodiak dari yang Paling Boros sampai Luar Biasa Ngirit

Eka Mauliana Photo Writer Eka Mauliana

Penikmat langit senja dan aroma hujan. Suka menyapa sunrise dan sunset dari puncak gunung. Sedang belajar untuk menulis dengan baik.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya