Comscore Tracker

5 Tanda-tanda Malam Lailatul Qadar yang Tak Boleh Kamu Lewatkan

#RamadanMasaKini Lebih baik dari malam seribu bulan

Di bulan suci Ramadan ini, banyak sekali keistimewaan yang bisa diperoleh umat Islam, salah satunya yaitu malam Lailatul Qadar. Malam Lailatul Qadar merupakan malam yang dimuliakan Allah SWT melebihi malam-malam lainnya, karena malam Lailatul Qadar adalah malam dimana diturunkannya kitab suci umat Islam, Alquran.

Allah SWT menjanjikan bagi para umatnya yang beribadah dengan sungguh-sungguh di malam Lailatul Qadar, yaitu akan diampuni dosa-dosanya di masa lalu, akan dikabulkan hajatnya yang ia inginkan, dan mendapatkan pahala yang berlipat ganda.

Namun keberadaan malam Lailatul Qadar masih dirahasiakan oleh Allah SWT, agar nantinya bisa membedakan mana umatnya yang benar-benar berusaha mendapatkan keberkahan dari malam yang mulia tersebut, dengan umatnya yang hanya bermalas-malasan saja.

Meski begitu, para ulama berpendapat bahwa malam Lailatul Qadar terjadi pada malam-malam ganjil di sepuluh hari terakhir bulan Ramadan, seperti malam 21, 23, 25, serta malam 27, dan pendapat tersebut didukung dengan adanya hadist dari Rasullah SAW yang berbunyi:

"Carilah lailatul qadar pada malam ganjil di sepuluh hari terakhir di bulan Ramadan." (HR. Bukhari)

Selain memberi petunjuk lewat hadist tersebut, Rasullah SAW juga menyebutkan beberapa tanda- tanda datangnya malam Lailatul Qadar. Berikut ini 5 tanda-tanda dari malam Lailatul Qadar yang disebutkan oleh Rasullah SAW.

1. Matahari yang terbit di pagi harinya tidak terlalu panas/cahayanya meredup

5 Tanda-tanda Malam Lailatul Qadar yang Tak Boleh Kamu Lewatkanunsplash.com/dawid zawila

Tanda-tanda hadirnya malam Lailatul Qadar yang pertama adalah matahari yang terbit di pagi harinya, sinarnya tidak terlalu panas, dan cenderung redup, sehingga cuaca hari itu sangatlah sejuk dan tidak panas. Seperti yang dijelaskan dalam hadist di bawah ini:

"..Malam itu adalah malam yang cerah yaitu malam kedua puluh tujuh (dari bulan Ramadan). Dan tanda-tandanya ialah pada pagi harinya mataharinya terbit berwarna putih tanpa sinar yang menyorot." (HR. Muslim no. 762).

2. Malam hari tampak terang, tidak mendung, tidak panas maupun dingin

5 Tanda-tanda Malam Lailatul Qadar yang Tak Boleh Kamu Lewatkanpexels.com/alex powell

Tanda-tanda malam Lailatul Qadar yang kedua adalah malam hari saat malam Lailatul Qadar, langitnya cerah meski bulannya hanya terlihat separuh saja. Hal tersebut terjadi karena pada saat malam Lailatul Qadar, langit sama sekali tidak ditutupi awan. Selain itu, udaranya pun juga tidak panas maupun dingin. Hal tersebut sesuai dengan penjelasan seperti hadist dibawah ini:

"...Sesungguhnya tanda Lailatul Qadar adalah malam cerah, terang, seolah-olah ada bulan, malam yang tenang dan tentram, tidak dingin tidak pula panas. Pada malam itu tidak dihalalkan dilemparnya bintang, sampai pagi harinya. Dan sesungguhnya, tanda Lailatul Qadar adalah, matahari di pagi harinya terbit dengan indah, tidak bersinar kuat, seperti bulan purnama, dan tidak pula dihalalkan bagi setan untuk keluar bersama matahari pagi itu." (HR. Ahmad).

3. Pada saat beribadah malam, merasakan nikmat yang lebih banyak dibandingkan dengan ibadah di malam lainnya

5 Tanda-tanda Malam Lailatul Qadar yang Tak Boleh Kamu Lewatkanpexels.com/rawpixel

Tanda-tanda malam Lailatul Qadar yang ketiga adalah merasakan nikmat yang lebih pada saat beribadah di malam yang mulia tersebut, dibandingkan dengan ibadah yang dilakukan di malam lainnya. Pada malam Lailatul Qadar, para malaikat turun ke bumi dan memberikan berkah dan rahmat kepada para umat Islam yang sedang beribadah, sehingga mereka merasakan ketenangan dan kedamaian saat beribadah.

Baca Juga: Ini 5 Keutamaan Malam Lailatul Qadar, Jangan Sampai Kelewatan

4. Angin berhembus dengan lembut

5 Tanda-tanda Malam Lailatul Qadar yang Tak Boleh Kamu Lewatkanunsplash.com/stanislav kondratiev

Tanda-tanda datangnya malam Lailatul Qadar yang ke-4 yaitu, angin berhembus dengan lembut. Angin yang berhembus dengan lembut tersebut merupakan kenikmatan yang diturunkan Allah SWT kepada semua hambanya, agar bisa merasakan kesejukan di malam yang penuh rahmat dan keberkahan tersebut.

5. Diperlihatkan dalam mimpi orang mukmin

5 Tanda-tanda Malam Lailatul Qadar yang Tak Boleh Kamu Lewatkanisha.sadhguru.org

Tanda-tanda datangnya malam Lailatul Qadar yang terakhir adalah diperlihatkan tanda-tanda malam Lailatul Qadar ke dalam mimpi orang mukmin, pada tujuh hari terakhir dalam bulan Ramadan. Berikut ini hadistnya:

"Aku tahu bahwa kalian melihat lailatul qadar pada tujuh hari terakhir Ramadan. Siapa yang sungguh-sungguh dalam mencarinya, maka carilah di tujuh hari terakhir dari bulan Ramadan." (HR. Bukhari-Muslim).

Nah, itulah 5 tanda-tanda datangnya malam Lailatul Qadar, seperti yang telah disebutkan oleh Rasullah SAW. Sudah siap berburu malam Lailatul Qadar guys?

Baca Juga: 7 Kutipan Quran dan Hadits tentang Keistimewaan Lailatul Qadar

eliza ustman Photo Community Writer eliza ustman

'Hope is dream that doesn't sleep'

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You