Comscore Tracker

IWF 2020: 5 Tips Nulis Artikel yang Viral dan Berkualitas, Anti Hoaks!

Para penulis wajib tahu nih! #IWF 2020

Profesi penulis konten di masa pandemik corona ini sedang naik daun. Pasalnya, banyak orang yang kehilangan pekerjaan atau bekerja dari rumah (WFH) yang beralih profesi menjadi penulis konten untuk memenuhi kebutuhan hidup atau sekedar untuk menambah uang jajan saja.

Alasan utama mengapa banyak yang beralih profesi menjadi penulis konten yaitu karena jam kerja yang fleksibel dan pekerjaan bisa dilakukan secara online, yang tentunya sesuai dengan keadaan di masa pandemik ini, yang harus membatasi kegiatan di luar rumah

Namun menjadi seorang penulis konten tentu bukan hal yang mudah. Pasalnya, pendapatan tergantung dari jumlah artikel yang terbit dan jumlah pembacanya. Jika artikel yang ditulis berkualitas sehingga banyak yang diterbitkan dan memiliki banyak pembaca, maka pendapatannya juga akan besar. Apalagi jika artikel berhasil trending atau viral, tentu pendapatannya juga akan semakin besar.

Nah, agar artikelmu bisa viral dan berkualitas, berikut beberapa tips yang bisa kamu coba. 

 

1. Mencari hal-hal yang sedang viral di sosial media trending, Google trend, dan akun sosial media milik figur publik

IWF 2020: 5 Tips Nulis Artikel yang Viral dan Berkualitas, Anti Hoaks!YouTube.com/IDN Times

Indonesia Writers Festival (IWF) 2020 yang digelar secara online mulai tanggal 21-26 September 2020, membahas banyak topik menarik seputar dunia literasi.

Salah satu topik yang dibahas yaitu pengaruh media sosial terhadap artikel online, yang sesinya diadakan pada hari ke-4 IWF yaitu Kamis, 24 September 2020. Pembicara topik ini juga dari orang-orang yang berpengalaman di bidangnya, yaitu Muhammad Bimo A, Creative Writer dari IDN Times yang sering menulis di kanal humor dan viral sosial media.

Selain itu, juga ada Nabila Inaya yang merupakan Editor in Chief Yukepo.com, dan Hairum Fellayati yang merupakan Editor Hipwee. Ketiga pembicara ini membahas pengaruh media sosial terhadap artikel online sekaligus memberi tips seputar menulis artikel online. Salah satunya yaitu cara mendapatkan sumber untuk menulis artikel yang viral.

Hairum Fellayati mengungkapkan bahwa mencari sumber artikel yang viral bisa melalui trending media sosial, misalnya seperti yang sedang trending topic di Instagram atau Twitter. Selain itu, juga bisa melalui Google trend dan akun media sosial milik para publik figur.

Editor Hipwee ini juga berpendapat bahwa di media sosial, publik figur merupakan opini leader, yang opini-opininya kerap diperhitungkan, dan dari opini-opini yang dilontarkan para publik figur inilah yang kerap membuat perbincangan menjadi viral. Oleh sebab itu, para penulis sebaiknya mengutamakan mencari sumber dari hal-hal yang viral melalui akun milik  figur publik, agar artikel lebih cepat viralnya.

2. Memilih konten viral yang layak untuk dijadikan artikel

IWF 2020: 5 Tips Nulis Artikel yang Viral dan Berkualitas, Anti Hoaks!pexels.com/Ketut Subianto

Setelah penulis menemukan sejumlah konten yang sedang viral dari berbagai sumber yang didapat, maka langkah kedua yang harus dilakukan adalah melakukan seleksi terhadap konten-konten yang sedang viral tersebut.

Menurut Bimo, tidak semua konten viral layak untuk dijadikan artikel. Karena sebelum memutuskan untuk menulis artikel dari konten yang viral,  Bimo harus menyakan pendapat para editor terlebih dahulu apakah konten yang sedang viral tersebut layak untuk dijadikan artikel, karena bisa saja konten tersebut mengandung unsur kekerasan atau hal negatif lainnya sehingga tidak layak untuk dijadikan artikel. 

Nah hal yang dialami Bimo ini  juga sama dengan yang akan dialami oleh para penulis konten lainnya, yaitu terbitnya artikel juga ditentukan oleh editor. Jika ingin artikel yang ditulis bisa disetujui oleh editor dan diterbitkan, maka penulis harus pandai dan jeli dalam menyeleksi konten viral yang layak untuk dijadikan artikel.

Baca Juga: IWF 2020: 5 Hal yang Harus Diperhatikan Jika Ingin Jadi Penulis

3. Menelusuri sumber utama yang memviralkan konten

IWF 2020: 5 Tips Nulis Artikel yang Viral dan Berkualitas, Anti Hoaks!pexels.com/Roberto Nickson

Agar konten yang dijadikan artikel dapat dipercaya kebenarannya dan bukan berita hoaks, maka penulis harus menelusuri sumber yang pertama kali memviralkan konten tersebut.

Menurut Nabila Inaya, mencari sumber utama bisa dengan traking di Google via Google image dan mencari yang pertama kali mengunggah foto atau video tersebut. Selain itu, penulis juga harus memastikan bahwa sumber utama tersebut bukan akun bodong atau akun bot. Editor in Chief Yukepo.com ini juga memberi tips agar penulis tidak terjebak dengan berita hoaks, yaitu dengan mengetik keyword dari topik yang sedang viral pada Google, dan menambahkan kata "hoaks" dibelakang kata kunci tadi. Nantinya akan ditampilkan semua sumber beritanya.

Dari sumber-sumber tersebut akan terlihat berita yang sedang viral tersebut berasal dari mana. Apakah dari media-media besar yang kredibel atau dari sumber lain yang patut dipertanyakan kebenarannya seperti dari wordpress atau blogspot. Selain itu, sumber yang hanya menyertakan media sosial saja, juga patut dipertanyakan kebenarannya. 

Nabila juga menyarankan agar para penulis menggunakan hoax analyzer. Pada hoax analyzer ini, nantinya akan keluar hasil jika misalnya berita yang sedang dicari adalah berita hoaks, berita disinformasi atau misinformasi.

Selain memberikan kedua tips ini, Nabila Inaya juga menyarankan agar penulis bergabung di grup WA milik keluarga, grup WA kampung, atau grup WA alumni, karena dari tempat-tempat itulah banyak berita hoaks yang beredar sehingga jika nanti di share dan viral, penulis tahu bahwa berita tersebut adalah hoaks. 

4. Paragraf tidak terlalu panjang dan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti

IWF 2020: 5 Tips Nulis Artikel yang Viral dan Berkualitas, Anti Hoaks!pexels.com/Judit Peter

Agar artikel tidak terlihat membosankan dan menarik untuk dibaca, sebaiknya paragraf jangan terlalu panjang. Karena paragraf yang terlalu panjang akan membuat artikel tampak membosankan dan membuat pembaca kelelahan saat membacanya. Sebaiknya tulis poin yang penting-penting saja agar paragraf tidak terlalu panjang.

Selain itu, gunakan juga bahasa yang mudah dimengerti namun tidak kaku sehingga pembaca mudah memahami isi artikel dan tertarik untuk membacanya sampai akhir.

5. Menyisipkan gambar yang menarik dan sesuai dengan isi artikel

IWF 2020: 5 Tips Nulis Artikel yang Viral dan Berkualitas, Anti Hoaks!pexels.com/Kerde Severin

Agar artikel terlihat lebih menarik, sisipkan gambar pada isi artikel. Gunakan gambar yang beresolusi tinggi atau HD dan yang sesuai dengan isi artikel.

Jika kamu mengambil gambar dari media sosial atau blog seseorang, maka sebaiknya minta izin terlebih dahulu untuk menggunakan gambar dari orang tersebut, untuk menghindari kemungkinan terjadinya konflik di kemudian hari. Untuk lebih amannya, sebaiknya ambil gambar dari website download gambar gratis seperti Pexels, Unsplash, dan Pixabay. Selain aman dan gratis, kualitas gambar juga bagus dan sudah HD.

Itulah 5 tips jitu untuk menulis artikel yang viral dan berkualitas namun bebas dari hoaks. Nah, agar artikel juga bebas dari kontroversial yang nantinya bisa membuat nama baik penulis atau perusahaan tempat menulis juga ikut tercemar, sebaiknya penulis bersikap netral dalam menulis. Jangan terlalu menjatuhkan objek yang ditulis hanya karena ingin artikel menjadi viral saja, karena konsekuensi yang diterima akan lebih besar jika artikel sampai kontroversial dan penulis dituntut oleh objek yang ditulis karena merasa dirugikan.

IDN Times menggelar Indonesia Writers Festival 2020. Acara yang juga dikenal dengan IWF 2020 ini adalah pertemuan independen yang berkomitmen untuk memberdayakan Indonesia melalui bidang menulis. Acara dengan slogan Empowering Indonesians Through Writing ini dilangsungkan pada 21 hingga 26 September 2020 melalui zoom dan Youtube channel IDN Times.

IWF 2020 sendiri menghadirkan lebih dari 20 pembicara kompeten di berbagai latar belakang seperti Nadin Amizah, Sal Priadi, Agus Noor, Ivan lanin, Tsana, Kalis Mardiasih, dan masih banyak lainnya.

Simak terus keseruannya di situs idntimes.com, ya!

Baca Juga: IWF 2020: 8 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membuat Artikel

Eliza ustman Photo Verified Writer Eliza ustman

'Menulislah dengan hati, maka kamu akan mendapatkan apresiasi yang lebih berarti'

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya