Comscore Tracker

Ingin Hidupmu Lebih Bahagia? 6 Hal Ini Wajib Kamu Hindari

Kunci kebahagiaan itu ada pada dirimu sendiri!

Bisa hidup bahagia merupakan impian bagi semua orang. Namun, masih banyak orang yang tidak mengerti arti dari bahagia itu sendiri. Banyak orang yang beranggapan jika memiliki banyak uang, maka hidupnya akan bahagia. Namun kenyataannya masih banyak orang kaya yang hidupnya tidak bahagia dan hanya memiliki kebahagiaan semu saja.

Untuk bisa hidup bahagia, gak harus selalu membutuhkan banyak uang lho. Banyak orang yang bisa tetap hidup bahagia meskipun hidupnya sederhana karena sejatinya bahagia itu adalah ketika kamu merasa nyaman dan merasakan kedamaian dengan apa yang kamu miliki saat ini.

Ingin hidupmu lebih bahagia dari yang sekarang kamu rasakan? Maka kamu wajib menghindari 6 hal di bawah ini! 

1. Membandingkan keadaan diri sendiri dengan orang lain

Ingin Hidupmu Lebih Bahagia? 6 Hal Ini Wajib Kamu Hindaricatholicgentleman.net

Hal pertama yang wajib kamu hindari jika ingin hidupmu lebih bahagia adalah membandingkan keadaan diri sendiri dengan orang lain. Dengan selalu membandingkan keadaan dirimu dengan orang lain hanya akan membuat hidupmu tidak bahagia karena kamu jadi cenderung tidak bisa menghargai dirinya sendiri. Bagaimana bisa hidup bahagia, jika menghargai diri sendiri pun kamu tidak bisa? 

Sebaiknya, kesuksesan yang dimiliki oleh orang lain kamu jadikan motivasi untuk bisa lebih gigih lagi dalam meraih impian serta tidak mudah berputus asa saat menghadapi kegagalan. 

2. Tidak bisa move on dari masa lalu

Ingin Hidupmu Lebih Bahagia? 6 Hal Ini Wajib Kamu Hindariunsplash.com/stefan spassov

Jika kamu ingin hidupmu bahagia, maka kamu harus menghilangkan semua hal yang bisa membuatmu tidak bahagia, salah satunya adalah dengan move on dari masa lalumu.

Tidak adanya gunanya kamu terus mengingat kenangan pahit di masa lalu dan selalu menyalahkan dirimu atas kesalahan yang telah kamu lakukan di masa lalu.

Tidak bisa move on dari masa lalu hanya akan menghambat langkahmu untuk meraih kebahagiaan. Sebaiknya, jadikan kesalahan yang telah kamu lakukan di masa lalu sebagai pembelajaran untuk tidak mengulanginya lagi di masa mendatang. 

3. Sering mengeluh

Ingin Hidupmu Lebih Bahagia? 6 Hal Ini Wajib Kamu Hindariwestwoodenabler.com

Hal ketiga yang wajib kamu hindari karena bisa bikin hidup gak bahagia adalah sering mengeluh. Terlalu sering mengeluh gak hanya bisa bikin hidupmu tidak bahagia saja, namun juga bisa membuat orang-orang di sekitarmu bosan mendengarkan keluhanmu yang nantinya bisa membuat mereka secara perlahan menjauhimu.

Sebaiknya, syukuri apa yang ada saat ini dan berusaha dengan lebih keras lagi jika kamu merasa apa yang kamu miliki saat ini masih jauh dari apa yang kamu inginkan. 

Baca Juga: 5 Hal yang Membuat Kebahagian Cepat Berlalu, Wajib untuk Direnungkan

4. Terlalu mendengarkan pendapat orang lain

Ingin Hidupmu Lebih Bahagia? 6 Hal Ini Wajib Kamu Hindariwellwomenwakefield.org.uk

Dalam bersosialisasi, ada kalanya kita perlu mendengarkan pendapat dari orang lain agar kita bisa mengetahui apa yang perlu diperbaiki dari diri kita sendiri.

Namun, kita juga harus pandai memilah apa yang perlu kita terapkan dan apa yang perlu diabaikan. Tidak semua pendapat dari orang lain itu berdampak positif lho bagi diri kita.

Terlalu mendengarkan pendapat orang lain tanpa bisa memilahnya dengan benar hanya bisa membuat dirimu tidak bahagia. Hidupmu adalah milikmu, jangan biarkan orang lain  mengendalikan hidup yang kamu miliki.

Kamu hidup bukan hanya untuk membahagiakan orang lain bukan? 

5. Terlalu perfeksionis

Ingin Hidupmu Lebih Bahagia? 6 Hal Ini Wajib Kamu Hindarivitamedica.com

Terlalu mengejar kesempurnaan dalam melakukan apapun juga bisa bikin hidupmu gak bahagia lho. Dengan terlalu fokus pada hasil yang sempurna, kamu melewatkan setiap kepuasan yang harusnya kamu rasakan setiap kamu bisa mengerjakan sesuatu dengan cukup baik meski bagimu hasilnya belum cukup untuk dikatakan sempurna.

Selain itu, terlalu perfeksionis juga membuatmu menjadi mudah depresi dan stres jika pekerjaan yang kamu lakukan tidak mendapatkan hasil yang sempurna.

Sebaiknya tempatkan perfeksionis dengan porsi yang tepat karena terlalu bersikap perfeksionis hanya akan membuat hidupmu menjadi terbebani sehingga akan sulit bagimu untuk merasakan kebahagiaan. 

6. Memiliki ekspektasi yang terlalu tinggi

Ingin Hidupmu Lebih Bahagia? 6 Hal Ini Wajib Kamu Hindaripexels.com/pixabay

Tidak ada salahnya bagi setiap individu untuk memiliki ekspektasi dalam hidupnya, namun jangan terlalu menempatkannya pada posisi yang terlalu tinggi. Jika ekspektasi yang kamu miliki terlalu tinggi dan tidak sesuai dengan realita yang ada, tentu kamu akan sangat kecewa dan bisa mengalami depresi jika kamu tidak mampu mengontrol emosimu dengan baik.

Jika ekspektasi yang kamu miliki tidak sesuai dengan realita yang ada, jangan mudah berputus asa dan tetap berjuang agak kelak kamu bisa mewujudkan apa yang kamu inginkan.

Nah, itulah 6 hal yang wajib kamu hindari jika ingin hidupmu lebih bahagia. Jangan tunda kebahagiaanmu dengan melakukan hal yang sia-sia ya! 

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Gaji dan Jabatan Tinggi Tidak Menjamin Kamu Bahagia

eliza Photo Community Writer eliza

'Menulislah dengan hati, maka kamu akan mendapatkan apresiasi yang lebih berarti'

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You