Comscore Tracker

Hati-hati, 7 Kebiasaan Ini Bisa Mengurangi Pahala Ibadah Puasamu

#RamadanMasaKini Hindari ya guys! 

Seluruh umat Muslim di seluruh dunia, menyambut kehadiran bulan suci Ramadan ini dengan penuh sukacita. Di bulan yang penuh rahmat dan berkah ini, para umat Muslim berlomba-lomba mengumpulkan pahala dengan memperbanyak amal ibadah dan berbuat baik kepada sesama.

Nah, agar ibadah puasa yang kita jalankan di bulan Ramadan ini dapat berjalan dengan lancar, dan bisa mendapatkan pahala yang berlipat ganda, maka sebaiknya hindari kebiasaan-kebiasaan yang nantinya dapat membuat pahala ibadah puasa kita menjadi berkurang. Nah, berikut tujuh kebiasaan yang harus kamu hindari, karena nantinya bisa membuat pahala ibadah puasamu menjadi berkurang.

1. Bergosip

Hati-hati, 7 Kebiasaan Ini Bisa Mengurangi Pahala Ibadah Puasamuipapa.co.id

Kebiasaan pertama yang bisa membuat pahala berpuasa menjadi berkurang adalah bergosip. Bagi para kaum wanita, mungkin kebiasaan bergosip sangat sulit dihindari, mengingat fakta bahwa wanita adalah makhluk Allah yang paling suka berbicara, dibandingkan dengan pria. Namun para pria juga gak menutup kemungkinan juga suka bergosip.

Nah, meski terasa sulit, sebaiknya hindari kebiasaan bergosip ini, selain karena hanya akan menambah dosa, nantinya juga akan bisa membuat pahala kita menjadi berkurang. Tentu kamu tidak ingin bukan, jika berpuasa sama sekali tidak mendapatkan pahala hanya karena bergosip yang tidak ada manfaatnya?

2. Terlalu banyak tidur saat berpuasa

Hati-hati, 7 Kebiasaan Ini Bisa Mengurangi Pahala Ibadah Puasamuwfft. com

Nah, ini dia kebiasaan yang sering dianggap mendapat pahala, namun sebenarnya tidak, yaitu terlalu banyak tidur saat berpuasa. Meski memang benar jika tidur saat berpuasa adalah ibadah, namun jika terlalu banyak tidur, justru akan membuat pahala ibadah puasamu menjadi berkurang, karena melakukan hal yang sia-sia dan tidak melakukan aktivitas ibadah lainnya. Bahkan jika sampai kamu meninggalkan ibadah yang wajib kita kerjakan, yaitu salat, gara-gara tidurmu tadi, maka puasamu bisa batal lho.

Tidur yang dianjurkan saat berpuasa adalah tidur dengan durasi waktu kurang lebih lima menit saja, untuk menghindari hal-hal yang bisa mengurangi pahala ibadah berpuasa, seperti ghibah.

3. Menunda-nunda waktu salat

Hati-hati, 7 Kebiasaan Ini Bisa Mengurangi Pahala Ibadah Puasamunu.or.id

Nah, ini dia kebiasaan yang sering dianggap sepele, namun bisa mendatangkan dosa besar, yaitu salat. Seseorang yang melalaikan salatnya akan mendapatkan dosa besar dari Allah SWT. Apalagi jika saat berpuasa, kita melalaikannya dengan menunda-nunda melaksanakannya, tentu dosa kita akan semakin besar dan akan kehilangan pahala dari ibadah puasa tersebut.

Bahkan, jika kita sampai meninggalkan salat, maka puasa kita akan batal atau tidak sah, karena meninggalkan salat adalah dosa besar. Bagi kaum muslimin yang berpuasa namun tidak salat, hanya akan merasakan lapar dan haus saja, dan sama sekali tidak mendapatkan pahala.

Baca Juga: 5 Tips Berdoa di Bulan Puasa, Bikin Hajatmu Bisa Cepat Terkabul

4. Tidak bisa mengontrol emosi

Hati-hati, 7 Kebiasaan Ini Bisa Mengurangi Pahala Ibadah Puasamumastersmen.com

Tak hanya menahan haus dan lapar saja, para umat Islam yang sedang berpuasa juga harus bisa menahan hawa nafsu dan emosinya lho. Sebab, jika kita tidak bisa mengontrol emosi kita, maka pahala puasa yang kita dapat bisa berkurang lho. Apalagi jika sampai kita mengeluarkan kata-kata makian dan kotor kepada orang yang menyulut emosi kita, bisa-bisa kita sama sekali tidak mendapatkan pahala puasa karenanya. Allah SWT tidak menyukai hambanya yang berkata kasar dan juga kotor.

Sebaiknya kontrol emosimu dengan cara meninggalkan orang yang membuat emosi tersebut, dan kemudian mengambil air wudhu, Insya Allah emosimu akan reda dengan sendirinya. Berikut hadist yang menjelaskan tentang cara mengontrol emosi:

Urwah As-Sa'di radiyallahu 'anhu mengatakan:

Sesungguhnya marah itu dari setan, dan setan diciptakan dari api, dan api bisa dipadamkan dengan air. Apabila kalian marah, hendaknya dia berwudhu. (HR. Ahmad 17985 dan Abu Daud 4784)

5. Mengeluh

Hati-hati, 7 Kebiasaan Ini Bisa Mengurangi Pahala Ibadah Puasamupekerjaan.co

Sama halnya dengan tidak mampu mengontrol emosi yang bisa menyebabkan pahala berpuasa menjadi berkurang, maka begitu juga dengan mengeluh. Sebaiknya syukuri apa yang ada saat ini, bersabar, dan memperbanyak istigfar untuk mengingat Allah SWT.

Dengan selalu mengingat Allah, maka kesulitan yang kamu rasakan sekarang, akan diberi kemudahan oleh Allah untuk menyelesaikannya dengan baik. Berikut ini hadist yang menjelaskan tentang kebaikan yang akan didapat oleh orang yang sabar:

Rasullah pernah bersabda:" Sesungguhnya Allah 'Azza wajalla berfirman: "Apabia Aku memberi cobaan kepada hambaKu dengan melenyapkan kedua perkara yang dia cintai (yakni kedua matanya), kemudian ia bersabar, maka untuknya akan Kuberi ganti surga karena kehilangan keduanya." (HR. Al Bukhari)

6. Berbohong

Hati-hati, 7 Kebiasaan Ini Bisa Mengurangi Pahala Ibadah Puasamubebeclub.co.id

Selain mudah mengeluh, kebiasaan berbohong juga bisa lho menyebabkan pahala puasamu menjadi berkurang. Berbohong merupakan salah satu perbuatan yang sangat dibenci oleh Allah SWT, yang artinya barang siapa yang berbohong tidak akan mendapatkan ridho dan rahmat dari Allah SWT. Sebaiknya hilangkan kebiasaan berbohong tersebut, dan belajar lah untuk berkata jujur.

7. Menghabiskan waktu dengan aktivitas yang tidak bermanfaat

Hati-hati, 7 Kebiasaan Ini Bisa Mengurangi Pahala Ibadah Puasamupexels.com/rawpixel

Kebiasaan yang dapat mengurangi pahala ibadah berpuasa yang terakhir adalah menghabiskan waktu dengan aktivitas yang tidak bermanfaat. Maksud dari aktivitas yang tidak bermanfaat itu, seperti bermain sosmed seharian, jalan-jalan di mall yang tidak ada manfaatnya, tidur sepanjang hari, dan masih banyak lagi. Sebaiknya pergunakan waktumu di bulan suci Ramadan ini dengan memperbanyak ibadah, dan aktivitas bermanfaat lainnya.

Nah, itulah tujuh kebiasaan yang sebaiknya kamu hindari karena dapat mengurangi pahala ibadah puasamu. Sebaiknya hindari kebiasaan-kebiasaan tersebut, dengan memperbanyak amal ibadah di bulan suci yang rahmat dan ampunan ini. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 5 Kebiasaan Buruk Ini Harus Dihindari Selama Kalian Puasa

eliza ustman Photo Community Writer eliza ustman

'Hope is dream that doesn't sleep'

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You