Comscore Tracker

6 Manfaat dan Hikmah yang Didapat Jika Terbiasa Berperilaku Jujur

Bikin hati lebih tenang dan damai

Kejujuran merupakan hal utama yang wajib diterapkan dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Dengan berperilaku dan berkata jujur, maka akan mendatangkan kebaikan bagi diri kita sendiri maupun bagi orang lain. Namun kenyataannya, masih banyak orang yang takut untuk berperilaku dan berkata jujur karena takut dengan dampak yang akan yang terjadi, jika ia berkata yang sebenarnya. Padahal, dampak yang ia takutkan belum tentu terjadi, dan bisa saja malah kebaikan yang akan didapatnya jika ia berkata jujur.

Sebaiknya jangan ragu-ragu untuk berperilaku dan berkata jujur, karena dengan terbiasa berperilaku dan berkata jujur justru kamu akan mendapatkan banyak manfaat. Nah, ini dia enam manfaat dan hikmah yang akan kamu dapatkan jika terbiasa berperilaku dan berkata jujur. Check it out guys! 

1. Mudah mendapatkan kepercayaan orang lain

6 Manfaat dan Hikmah yang Didapat Jika Terbiasa Berperilaku Jujurpexels.com/rawpixel

Manfaat pertama yang akan kamu dapatkan jika terbiasa berperilaku dan berkata jujur adalah mudah mendapatkan kepercayaan orang lain. Baik buruknya seseorang dinilai dari seberapa banyak perkataannya yang dapat dipercaya. Semakin sering ia berperilaku dan berkata jujur, maka orang-orang akan menilainya sebagai orang yang baik dan dapat dipercaya.

Di zaman modern seperti sekarang ini, sangat susah lho menemukan orang yang mau berperilaku dan berkata jujur dalam kondisi apapun, termasuk dalam kondisi yang bisa menyudutkannya. 

2. Hidup terasa lebih damai dan bahagia

6 Manfaat dan Hikmah yang Didapat Jika Terbiasa Berperilaku Jujurpexels.com/radu florin

Selain mudah mendapatkan kepercayaan dari orang lain, dengan terbiasa berperilaku dan berkata jujur juga akan membuat hidupmu lebih bahagia dan damai. Dengan tidak adanya yang kamu sembunyikan, maka hidupmu akan jauh lebih tenang dan damai. Kamu juga akan merasa lebih bahagia karena efek dari energi positif yang kamu dapat saat berkata jujur. Bahagia itu sederhana bukan? 

3. Lebih percaya diri

6 Manfaat dan Hikmah yang Didapat Jika Terbiasa Berperilaku Jujurpexels.com/foto moose

Seseorang yang terbiasa berperilaku dan berkata jujur, juga akan lebih percaya diri lho dalam menjalani hidupnya.Ia akan terlihat lebih bersemangat dan berani untuk melangkah untuk maju karena ia mempercayai kemampuan yang ia miliki.

Terbiasa berperilaku dan berkata jujur membuat seseorang lebih mempercayai kemampuannya sendiri lho, sehingga ia tidak perlu berbohong untuk mendapatkan sesuatu yang ia inginkan, karena dengan kejujuran yang dimilikinya, ia percaya bahwa hasilnya tidak akan mengecewakan. Semakin sering ia berperilaku dan berkata jujur, maka kepercayaan dirinya juga akan semakin besar. 

Baca Juga: 5 Manfaat yang Kamu Dapatkan Ketika Berhasil Jujur Pada Diri Sendiri

4. Terhindar dari tuduhan yang merugikan

6 Manfaat dan Hikmah yang Didapat Jika Terbiasa Berperilaku Jujurtechrepublic.com

Nah, ini dia salah satu manfaat besar yang bisa kamu dapatkan jika terbiasa berperilaku dan berkata jujur, yaitu dapat terhindar dari tuduhan yang merugikan. Contohnya saja seperti ada perselisihan di tempat kerjamu. Dengan kamu berkata jujur bagaimana kondisi yang sebenarnya tanpa ada yang disembunyikan, maka kamu dapat terhindar dari tuduhan dari temanmu, yang mungkin memiliki niat untuk menyudutkanmu di hadapan atasanmu.

Kalaupun misalnya kamu ikut andil dalam perselisihan tersebut, atasanmu akan tetap menghargai kejujuranmu dan hanya akan memberikanmu hukuman ringan saja, karena kamu sudah berani mengakui semua kesalahanmu tersebut. 

5. Memiliki banyak teman

6 Manfaat dan Hikmah yang Didapat Jika Terbiasa Berperilaku Jujurpexels.com/rawpixel

Selain terhindar dari tuduhan yang merugikan, orang yang terbiasa berperilaku dan berkata jujur juga memiliki banyak teman lho. Ia akan disukai banyak orang karena kejujuran yang dimilikinya. Selain itu, ia juga dapat dipercaya untuk menyimpan rahasia jika temannya membicarakan masalah pribadi dengannya. 

6. Mendapatkan banyak pahala dan lebih mudah dikabulkan doanya

6 Manfaat dan Hikmah yang Didapat Jika Terbiasa Berperilaku Jujurpexels.com/rawpixel

Seseorang yang terbiasa berperilaku dan berkata jujur gak hanya disukai oleh orang-orang, namun juga disukai oleh Tuhan. Kejujuran merupakan salah satu hal yang sangat dianjurkan oleh agama. Tuhan akan memberikan banyak pahala kepada umatnya yang mau menaati semua perintah-Nya. Selain itu, Tuhan juga akan lebih cepat mengabulkan hajat yang kamu inginkan karena seorang umat yang terbiasa berkata jujur, biasanya taat dalam beribadah.

Nah, itulah enam manfaat dan hikmah yang bisa kamu dapatkan jika terbiasa berperilaku dan berkata jujur. Setelah mengetahui manfaat dan hikmah jujur di atas, masih ragu untuk menerapkannya guys? 

Baca Juga: Apa Kamu Termasuk Orang yang Jujur atau Pembohong?

Eliza ustman Photo Verified Writer Eliza ustman

'Menulislah dengan hati, maka kamu akan mendapatkan apresiasi yang lebih berarti'

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie
  • Bayu Aditya Suryanto
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya