Comscore Tracker

5 Hal Positif Ini Bisa Memberikan Kedamaian dalam Hidupmu

#ANGPOIN Yuk terapkan mulai dari sekarang!

Setiap orang di dunia menginginkan kehidupan yang damai dan bahagia, namun terkadang mereka merasa kesulitan untuk mendapatkannya. Padahal, kedamaian itu bisa didapat dengan cara yang sangat sederhana lho, yang mungkin jarang terpikirkan oleh kita, bahwa hal tersebut bisa memberikan kedamaian dalam hidup kita.

Gak usah bingung lagi bagaimana cara untuk mendapatkan kedamaian dalam hidupmu, cukup terapkan lima hal positif seperti yang ada di bawah ini, maka dijamin hidupmu akan jauh lebih damai dari sebelumnya. 

1. Selalu bersyukur dengan yang apa yang telah dimiliki

5 Hal Positif Ini Bisa Memberikan Kedamaian dalam Hidupmuchintanjain.com

Tidak semua orang bisa beruntung seperti kita. Masih banyak orang di luar sana, yang mengalami kekurangan, baik secara finansial maupun fisik yang tidak sempurna. Jangan terus memandang kehidupan yang di atas, belum tentu mereka yang hidup dalam kemewahan bisa merasakan kebahagiaan seperti yang kamu rasakan saat ini. Teruslah bersyukur, maka kamu akan mendapatkan kebahagiaan yang hakiki, yaitu kedamaian hidup yang tidak dapat dibeli dengan uang. 

2. Memaafkan kesalahan orang lain dan tidak menyimpan dendam

5 Hal Positif Ini Bisa Memberikan Kedamaian dalam Hidupmuunsplash.com/thiago barletta

Mungkin akan terasa sangat sulit bagi kamu untuk memaafkan kesalahan seseorang yang telah menyakiti hatimu, namun akan lebih baik jika kamu memaafkan kesalahan orang tersebut. Tidak memaafkan dan menyimpan dendam hanya akan membuat hati kita menjadi lebih sakit dan lelah. Dengan memaafkan dan tidak menyimpan dendam, hati kita akan lebih tenang, dan hidup pun akan lebih damai. 

3. Berhenti bersikap perfeksionis

5 Hal Positif Ini Bisa Memberikan Kedamaian dalam Hidupmuunsplash.com/tim gouw

Dengan bersikap berusaha selalu tampil sempurna dalam hal apapun, termasuk dalam pekerjaan, hanya akan membuat hati dan pikiran menjadi terbebani. Ingat, tidak ada orang yang sempurna di dunia ini. Jika segala sesuatu membutuhkan proses, perjuangan, dan juga waktu, tidak dengan cara yang instan.

Selain itu, berdasarkan isi Journal  Review of General Psychology  yang telah dipublikasikan pada tahun 2004 silam, bahwa seseorang yang bersikap terlalu perfeksionis dapat membuatnya lebih rentan mengalami stres, depresi, dan memiliki rasa takut yang berlebihan.

Baca Juga: Agar Hidup Damai, 7 Ekspektasi Ini Wajib Kamu Hilangkan Sekarang

4. Introspeksi diri

5 Hal Positif Ini Bisa Memberikan Kedamaian dalam Hidupmupexels.com/nathan cowley

Segala kesalahan yang telah diperbuat dapat dijadikan pembelajaran di masa mendatang agar tidak terulang lagi. Tidak ada gunanya hanya menyalahkan diri sendiri. Introspeksi dan selalu berusaha untuk memperbaiki diri agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi, adalah cara termudah untuk berdamai dengan diri sendiri.  

5. Berbagi kebaikan dengan sesama

5 Hal Positif Ini Bisa Memberikan Kedamaian dalam Hidupmualeteia.org

Dengan berbagi kepada sesama, seperti bersedekah, akan membuat hati kita menjadi lega, lebih tenang dan bahagia. Bahkan sebuah penelitian yang dilakukan di University of Zurich pada tahun 2016 lalu, menemukan fakta bahwa berbuat baik, dan memiliki rasa empati pada seseorang, mampu meningkatkan suatu sinyal pada otak, yang diikuti dengan meningkatnya tingkat kebahagiaan. 

Nah, itulah lima hal positif yang bisa membuat hidupmu menjadi lebih damai. Sudah siap untuk mencobanya guys?

Baca Juga: 5 Manfaat Sedekah Buat Kamu yang Sering Melakukannya

Eliza ustman Photo Verified Writer Eliza ustman

'Menulislah dengan hati, maka kamu akan mendapatkan apresiasi yang lebih berarti'

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya