Comscore Tracker

Agar Maju, 5 Hal Ini Perlu Dibenahi dalam Pendidikan di Indonesia

#DearFutureIndonesia Yuk, benahi sebelum terlambat

Pendidikan menjadi salah satu hal yang krusial dalam menentukan kualitas sumber daya manusia. Terlebih lagi di Indonesia sendiri. Pendidikan sebagai langkah utama untuk mendidik calon generasi penerus bangsa, yang nantinya akan menjadi tonggak bangsa Indonesia. 

Namun, sayang sekali saat ini masih banyak sekali hal-hal yang perlu dibenahi dalam pendidikan di Indonesia. Dan 5 di antaranya adalah berikut ini.

1. Memberikan kebebasan terhadap siswa untuk memilih pelajaran terntentu

Agar Maju, 5 Hal Ini Perlu Dibenahi dalam Pendidikan di Indonesiapexels.com/pixabay

Indonesia terkenal dengan sistem pendidikan yang mengharuskan siswanya menguasai semua mata pelajaran. Padahal mata pelajaran yang diajarkan sangat banyak sekali. Tentu untuk menguasai semuanya, siswa cenderung merasa kesulitan.

Terkadang karena saking banyaknya materi yang harus dipelajari, siswa menjadi bingung untuk fokus ke mana. Sebaiknya pelajar diberi kebebasan memilih pelajaran apa yang akan mereka pelajari nantinya. Sehingga para pelajar akan terhindar dari rasa malas untuk belajar dan memudahkan mereka untuk fokus ke bidang yang disenangi.

2. Menjadikan sekolah sebagai tempat yang menyenangkan

Agar Maju, 5 Hal Ini Perlu Dibenahi dalam Pendidikan di Indonesiapexels.com/Christina Morillo

Di Indonesia, sekolah terkadang menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian pelajar. Biasanya terdapat 2 faktor, kalau bukan karena guru yang galak berarti karena tugas sekolah yang terbilang berat bagi mereka. Padahal makna pendidikan menurut Ki Hadjar Dewantara sendiri, yakni sarana kegiatan belajar dan mengajar yang bersifat menyenangkan.

Sebaiknya stigma mengenai sekolah itu membosankan dan gak asyik harus dihilangkan. Selain itu perlu diciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, sehingga siswa dapat betah dalam mengikuti KBM yang berlangsung.

Baca Juga: 7 Startup Inovatif Ini Siap untuk Memajukan Pendidikan Indonesia

3. Memberdayakan guru honorer dengan gaji yang sesuai

Agar Maju, 5 Hal Ini Perlu Dibenahi dalam Pendidikan di Indonesiapexels.com/Christina Morillo

Siapa pun tahu bahwa menjadi seorang guru adalah pekerjaan yang sangat mulia. Dulu seorang guru selalu dihormati dan disegani karena ilmunya. Namun dewasa ini banyak sekali kasus-kasus yang menimpa seorang guru. Dari dipenjarakan oleh muridnya sendiri sampai mendapatkan perlakuan yang tidak menyenangkan dari siswanya.

Terutama para guru honorer yang seringkali mendapatkan bayaran yang tidak sesuai dengan bakti mereka terhadap negeri. Perlu digarisbawahi bahwa bangsa yang sukses adalah bangsa yang selalu menjunjung tinggi ilmu dan siapa pun yang mengajarkannya.

4. Tidak menjadikan nilai sebagai patokan kecerdasan siswa

Agar Maju, 5 Hal Ini Perlu Dibenahi dalam Pendidikan di Indonesiapexels.com/pixabay

Indonesia masih menerapkan sistem nilai sebagai tolak ukur kecerdasan siswa. Sehingga seringkali siswa yang mendapatkan nilai akademis bagus selalu dipuji sebagai sosok yang cerdas. Sedangkan sebaliknya, mereka yang mendapatkan nilai kurang memuaskan selalu dicap bodoh. Padahal kecerdasan siswa sendiri tidak melulu berpatok pada nilai.

Terdapat 2 lagi kecerdasan yang sebenarnya lebih penting dari IQ, yakni kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ). Siswa yang dianggap bodoh di nilai akademik belum tentu bodoh dalam hal emosional dan spiritual. So, sebaiknya penilaian sekolah juga perlu mempertimbangkan EQ dan SQ.

5. Mengurangi penggunaan kertas dengan pembelajaran berbasis digital

Agar Maju, 5 Hal Ini Perlu Dibenahi dalam Pendidikan di Indonesiapexels.com/Anastasiya Gepp

Saat ini banyak sekali terdapat hutan gundul akibat tidak dilaksanakannya tebang pilih dan reboisasi. Karena kebutuhan pohon sebagai bahan baku kertas cenderung meningkat membuat kelestarian pohon semakin berkurang. Meski sistem ujian sudah berbasis komputer, sistem pendidikan di Indonesia masih mengandalkan textbook.

Hal ini perlu disiasati dengan proses pembelajaran menggunakan smartphone atau laptop. Sehingga penggunaan kertas akan semakin berkurang. Ditambah dengan paket internet #Super4GKuota yang sama sekali tidak menyiksa kantong siswa karena dengan harga Rp60.000 sudah bisa dapat kuota internet 30GB.

Nah, itulah 5 hal yang perlu dibenahi dalam pendidikan di Indonesia guna memajukan bangsa kita. Mulai saat ini yuk bersama aku #KuotakanSuaramu dan #KuotakanMaumu agar pendidikan Indonesia lebih maju.

Baca Juga: Tuangkan Harapanmu untuk Indonesia dan Menangkan Macbook Air!

Emma Kaes Photo Community Writer Emma Kaes

21st century girl

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati
  • Indra Zakaria

Just For You