Comscore Tracker

Agar Percaya Diri, Ingat 5 Nasihat Ini Ketika Sedang Bercermin

Katakan ini pada orang di dalam cermin

Percaya diri sangat mempengaruhi kebahagiaan seseorang. Mereka yang memiliki percaya diri tinggi cenderung hidupnya bahagia. Karena mereka tidak memiliki ketakutan saat berhadapan orang lain.

Namun, sayangnya tidak semua orang memiliki tingkat PD yang sama. Ada beberapa yang merasa malu karena fisiknya, sehingga membuatnya merasa kurang percaya diri.

Nah, untuk kamu yang sedang mengalami krisis kepercayaan diri, berikut ini ada 5 nasihat yang harus kamu ingat selalu, terutama ketika sedang bercermin.

1. Berbeda membuatmu unik

Agar Percaya Diri, Ingat 5 Nasihat Ini Ketika Sedang Bercerminpixabay.com/adinavoicu

Manusia tercipta sebagai individu yang beragam. Sehingga tidak apa-apa untuk menjadi beda. Tidak ada yang akan memarahimu ketika kamu tidak mengetahui fashion apa yang lagi nge-trend sekarang atau ketika kamu tidak mengunggah swafoto di media sosial.

Kamu tidak harus menjadi seperti yang lain. Carilah apa yang kamu sukai dan gali lebih dalam hal tersebut sehingga kamu dapat memperoleh rasa percaya diri dari apa yang kamu kuasai.

2. Tidak ada definisi cantik yang sesungguhnya

Agar Percaya Diri, Ingat 5 Nasihat Ini Ketika Sedang Bercerminpixabay.com/stocksnap

Kamu tidak perlu mempercayai iklan maupun slogan yang mengkampanyekan bahwa cantik harus ini dan itu. Tidak ada yang namanya definisi kecantikan yang mutlak. Bahkan, beauty standard setiap daerah juga beragam. Jangankan antar negara, antar individu saja pasti memiliki standar masing-masing.

Jadi, ada baiknya untuk tidak mudah terpengaruhi oleh campaign produk-produk kecantikan yang sering kamu temui. Apalagi sampai merasa rendah diri karena merasa tidak memenuhi standar kecantikan masa kini. Ingatlah, jika setiap perempuan maupun laki-lali memiliki pesona kecantikannya sendiri.

Baca Juga: 5 Mindset Ini Perlu Ditanamkan Biar Gak Merasa Minder dan Percaya Diri

3. Tidak sempurna membuatmu menjadi manusia seutuhnya

Agar Percaya Diri, Ingat 5 Nasihat Ini Ketika Sedang Bercerminpixabay.com/ivanovgood

Perlu kamu ingat jika setiap insan terlahir dengan kelebihan dan kekurangan yang sudah digariskan. Tidak perlu merasa minder atau menangisi kekurangan yang kamu miliki. Hal ini malah hanya membuatmu menjadi kurang percaya diri.  Lagian dengan tidak sempurnanya kamu membuktikan bahwa kamu memang manusia biasa.

Mungkin kamu pernah melihat seseorang yang hidupnya terlihat sempurna. Percayalah, hal tersebut cuma terlihat dari luarnya saja. Tidak ada yang mengetahui selama ini mereka seperti apa di dalam. Jadi, jangan pernah melihat hidup orang lain sebagai patokan kebahagiaanmu.

4. Ketakutan dan kegagalan tidak akan membuatmu pantang menyerah

Agar Percaya Diri, Ingat 5 Nasihat Ini Ketika Sedang Bercerminpixabay.com/ivanovgood

Katakan pada cermin di hadapanmu bahwa kamu bisa melalui semuanya. Tidak ada yang bisa menghentikanmu dari meraih mimpi dan keinginanmu, bahkan orang dalam cermin itu sendiri. Jangan membiarkan ketakutan dan kegagalan menghantuimu sehingga kamu ragu untuk melangkah.

Terkadang yang membuat kita gagal adalah diri kita sendiri. Karena kita cenderung dihantui rasa takut dan kegagalan. Jadi, jangan sampai pikiranmu sendiri yang menghentikanmu dalam menjalani hidup.

5. Selalu berbuat baik membuatmu terlihat menarik di mata orang lain

Agar Percaya Diri, Ingat 5 Nasihat Ini Ketika Sedang Bercerminpixabay.com/sandryriveraa

Saat kamu berbuat baik terhadap orang lain, mungkin kamu tidak merasakan secara langsung manfaatnya. Tetapi nyatanya kamu cenderung kelihatan lebih menarik ketika kamu hobi berbuat baik. Tidak hanya terlihat menarik dari luar saja kamu juga akan dikenal karena kebaikan hatimu. Hal ini tentu membuat orang lain akan respect kepadamu sehingga dapat mem-boosting rasa percaya dirimu. 

Itulah 5 nasihat yang mungkin berguna ketika kamu merasa kurang percaya diri. Selalu ingat di atas ya ketika kamu sedang bercermin.

Baca Juga: 5 Tips Ajaib Membuat Percaya Diri Melakukan Hal Baru, Maju Terus!

Emma Kaes Photo Verified Writer Emma Kaes

Welcome to my alter ego

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya