Comscore Tracker

Jangan Diteruskan, 5 Tanda Kamu Kurang Menghargai Diri Sendiri

Kebahagiaanmu yang paling terpenting #IDNTimesLife

Kita terkadang menganggap rendah diri sendiri. Mulai dari membandingkannya dengan orang lain sampai insecure karena kekurangan yang ada. Padahal penting bagi kita untuk mulai menghargai diri sendiri. Sebenarnya kamu cenderung akan dikelilingi oleh orang-orang toxic saat kamu belum mampu menghargai dirimu.

Ketika kamu belum bisa mengetahui nilaimu, kamu seringkali tanpa sadar membiarkan orang lain berlaku sewenang-wenang padamu. Jangankan orang lain, kamu bahkan juga sering ikut andil dalam menyakiti diri sendiri. Padahal kamu hanya belum menemukan apa yang berharga darimu. Agar tidak terulang kembali, berikut ini 5 tanda kamu sebenarnya belum bisa menghargai diri sendiri.

1. Selalu mementingkan orang lain ketimbang diri sendiri

Jangan Diteruskan, 5 Tanda Kamu Kurang Menghargai Diri SendiriIlustrasi orang mengobrol (pexels.com/mentatdgt)

Memang mendahulukan kepentingan orang lain daripada kepentingan diri sendiri merupakan perbuatan baik. Hal ini berarti kamu tidak membiarkan ego menguasai dirimu. Tetapi jika terjadi terus-menerus yang ada kamu akan tersiksa sendiri. Apalagi jika orang yang sudah kamu prioritaskan malah menjadi seenaknya sediri.

Mau tidak mau kamu menjadi selalu mengalah. Padahal yang terpenting adalah dirimu sendiri. Tidak apa-apa untuk sesekali bersikap egois. Kamu tidak harus mengorbankan dirimu terus-terusan agar orang lain bahagia. Kamu juga perlu mencari kebahagiaanmu.

2. Kamu menjadi terlalu terikat dalam hubungan

Jangan Diteruskan, 5 Tanda Kamu Kurang Menghargai Diri SendiriIlustrasi orang berpacaran (pexels.com/Trinity Kubassek)

Seringkali kita rela melakukan berbagai hal untuk membuat pasangan bahagia. Namun, kamu juga harus tahu batasnya. Jangan sampai kamu sampai kehilangan dirimu sendiri. Apabila pasanganmu itu memang baik, pastinya dia akan menghargai apa yang kamu suka dan tidak suka.

Berbeda dengan pasangan toxic yang cenderung selalu menuntutmu untuk melakukan apa yang mereka sukai meski kamu sendiri sebenarnya kurang nyaman. Tetapi jika kamu mau-mau saja berarti kamu belum mampu menghargai diri sendiri karena terlalu terikat dalam sebuah hubungan. Apalagi jika kamu sampai berubah total menjadi seseorang yang bukan kamu sebenarnya.

3. Kamu suka mencari perhatian

Jangan Diteruskan, 5 Tanda Kamu Kurang Menghargai Diri SendiriIlustrasi orang berargumen (pexels.com/Liza Summer)

Apakah kamu termasuk orang yang suka menjadi pusat perhatian? Bahkan sampai rela melakukan berbagai hal bodoh agar menarik perhatian orang lain? Jika iya, kamu berarti belum dapat menghargai diri sendiri. Bahkan mungkin saking haus perhatian, kamu sampai menyebarkan gosip orang lain.

Tentu hal ini akan merugikanmu jika kamu tetap melakukannya tanpa memikirkan konsekuensinya. Lebih baik untuk mencari perhatian dengan melakukan kegiatan yang positif. Jangan apa pun yang viral kamu lakukan demi menarik popularitas semata.

Baca Juga: 5 Hal Ini Jadi Tanda Pasanganmu akan Sulit Menghargai Komitmen

4. Kamu sering menghukum diri sendiri

Jangan Diteruskan, 5 Tanda Kamu Kurang Menghargai Diri SendiriIlustrasi perempuan sedih (pixabay.com/Liza Summer)

Sangat manusiawi sekali saat kita membuat kesalahan. Tidak ada manusia yang sempurna. Semua orang pasti pernah membuat kesalahan yang mungkin sama sepertimu. Jangan sampai kamu menghukum diri sendiri karena membuat kesalahan.

Misalnya kamu tidak makan seharian sampai menyakiti diri sendiri saat gagal mendapatkan apa yang kamu inginkan. Gagal adalah sesuatu yang wajar. Daripada menyiksa diri sendiri lebih baik untuk belajar dari kesalahan agar kamu tidak mengulang kesalahan yang sama. Dengan ini, kamu bisa lebih menghargai diri sendiri.

5. Kamu tetap bertahan pada hubungan toxic

Jangan Diteruskan, 5 Tanda Kamu Kurang Menghargai Diri SendiriIlustrasi hubungan toxic (pexels.com/Budgeron Bach)

Memang tidak mudah untuk keluar dari hubungan toxic. Terkadang beberapa orang cenderung bertahan dengan harapan mereka dapat berubah. Padahal belum tentu orang yang kamu pertahankan tersebut mau berubah. Yang ada kamu hanya menyakiti diri sendiri dengan mempertahankan hubungan yang tidak sehat.

Kamu layak untuk mendapatkan seseorang yang tulus mencintaimu. Terkadang kita hanya terlalu menutup mata dan takut kehilangan. Kamu takut tidak dapat menemukan orang lain sehingga kamu memilih bertahan. Namun, sampai kapan kamu kuat menjalani hubungan yang tak sehat?

Itulah 5 tanda kamu belum mampu menghargai diri sendiri. Kamu harus tahu bahwa apa yang kamu lakukan di atas justru menyakiti dirimu. Jangan sampai semuanya terlanjur terlambat.

Baca Juga: 5 Sebab Harus Tetap Menghargai Hasil Kerja Keras Sendiri

Emma Kaes Photo Verified Writer Emma Kaes

Welcome to my alter ego

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya