Comscore Tracker

5 Tanda Pasanganmu Sedang Mengalami Depresi, Jangan Diabaikan!

Jangan sampai terlambat mengetahuinya

Depresi dapat menyerang siapapun. Tanpa peduli gender dan umur, setiap orang dapat mengalami depresi. Entah mereka yang di hidupnya terlihat baik-baik saja bahkan cenderung sempurna juga bisa mengalami depresi.

Depresi memang sesuatu yang berbahaya. Jika tidak ditangani segera bisa menimbulkan keinginan untuk mengakhiri hidup.

Kamu sendiri tidak boleh menganggap remeh depresi. Orang yang mengalami depresi cenderung merasa hidupnya tidak berguna. Maka, kamu harus memberikan mereka semangat untuk bangkit bukannya malah menantang mereka untuk menyakiti diri sendiri. 

Nah, berikut ini ada beberapa tanda pasanganmu sedang mengalami depresi. Jangan abaikan mereka saat kamu menemukan kelima ciri berikut.

1. Mereka sering mengeluh sakit

5 Tanda Pasanganmu Sedang Mengalami Depresi, Jangan Diabaikan!pixabay.com/robinhiggins

Rasa sakit fisik dapat menjadi tanda seseorang sedang mengalami depresi. Biasanya mereka cenderung merasa sakit di bagian kepala, perut, atau bahkan punggung. Hal ini juga dibarengi dengan gangguan pencernaan.

Biasanya seseorang yang merasa depresi cenderung kehilangan nafsu makan mereka. Setiap makanan yang mereka konsumsi cenderung akan dimuntahkan kembali.

2. Bersikap acuh tak acuh

5 Tanda Pasanganmu Sedang Mengalami Depresi, Jangan Diabaikan!pixabay.com/1388843

Jika biasanya pasanganmu selalu bersikap peduli dan kini dia cenderung acuh tak acuh, bisa jadi dia sedang mangalami masa sulit. Saat seseorang merasa depresi, mereka biasanya cenderung ignorant terhadap apapun. Karena mereka merasa tidak ada gunanya lagi untuk hidup. 

Jika mereka sudah tidak peduli lagi terhadap orang lain atau bahkan diri sendiri, bisa jadi mereka sedang struggling dengan depresi. 

Baca Juga: 5 Tanda Awal Depresi yang Tidak Boleh Diabaikan

3. Berhenti melakukan hobi mereka

5 Tanda Pasanganmu Sedang Mengalami Depresi, Jangan Diabaikan!pixabay.com/ryanmcguirre

Pasanganmu tentu memiliki kegiatan yang mereka sukai. Bahkan mereka rela meluangkan waktunya di tengah kesibukan untuk hobi mereka tersebut. Namun, saat ia tidak melakukan hobinya lagi, kamu patut merasa curiga. Orang depresi cenderung akan berhenti melakukan kegiatan yang mereka sukai karena merasa sudah tidak memiliki harapan lagi.

4. Mereka menjadi sosok yang pemarah

5 Tanda Pasanganmu Sedang Mengalami Depresi, Jangan Diabaikan!pixabay.com/ashish_coudary

Depresi memang membuat orang mengalami kebingungan. Mereka cenderung tidak bisa berpikir jernih. Sehingga saat merasa tertekan, dia akan berubah menjadi pribadi yang emosian. Bahkan sesuatu yang sangat sepele saja mampu membuat mereka marah. Nah, saat pasanganmu menjadi sering marah, kamu patut mempertanyakan alasannya.

5. Mereka selalu tidur setiap saat

5 Tanda Pasanganmu Sedang Mengalami Depresi, Jangan Diabaikan!pixabay.com/free-photos

Orang yang sedang merasa depresi biasanya lebih memilih untuk tidur dalam jangka waktu yang panjang. Mereka takut untuk menghadapi kenyataan yang ada. Sehingga mereka akan melampiaskannya dengan tidur setiap waktu. Meski memiliki waktu tidur yang lebih dari cukup, mereka tetap terlihat letih dan lesu. Bahkan kamu bisa melihat kerutan di wajahnya.

Saat pasanganmu sedang merasa depresi, hal terpenting yang harus kamu lakukan adalah tetap berada di sampingnya dan beri mereka semangat untuk bangkit kembali. Bila perlu ajak dia ke psikolog terpercaya k arena depresi tidak bisa sembuh dengan sendirinya.

Baca Juga: Hubungan Jadi Baik, Ini 6 Cara Menghadapi Pasangan Egois Paling Ampuh

Emma Kaes Photo Community Writer Emma Kaes

Welcome to my alter ego

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You