Comscore Tracker

Mulailah Mencintai Diri Sendiri dengan 8 Cara Sederhana Ini

#GoodLife Jangan takut mencintai diri sendiri

Kamu mungkin berpikir bahwa mencintai diri sendiri merupakan perbuatan yang sedikit egois. Namun ternyata perkiraanmu salah. Mencintai diri sendiri merupakan suatu fase guna untuk memperbaiki hidupmu di berbagai bidang. Hal tersebut dapat meningkatkan kualitas hubungan kamu dengan orang lain. Dengan mencintai diri sendiri, kamu memiliki kemudahan untuk mengenali kekurangan dan kelebihan yang kamu miliki.

Sebelum mencintai orang lain, ada baiknya kamu mulai mencintai diri sendiri. Meskipun terlihat mudah, nggak semua orang bisa menerima diri mereka. Kebanyakan orang akan membandingkan diri mereka dengan orang lain. Manusia sulit puas dengan dirinya sendiri, mereka selalu merasa lebih rendah.

Jika kamu sedang dalam masa kurang percaya diri, lakukanlah 8 cara ini agar kamu bisa lebih mencintai diri sendiri.

1. Jangan terlalu menuruti omongan orang lain

Mulailah Mencintai Diri Sendiri dengan 8 Cara Sederhana Inipexels.com/Min An

Ingatkan dirimu bahwa kamu gak perlu memaksakan dirimu melakukan sesuatu yang dilakukan oleh orang lain. Dan kamu nggak perlu takut untuk mencoba sesuatu yang baru. Beranilah berbeda, karena mereka nggak berhak mengatur hidupmu. Waktumu di dunia ini sangat berharga, jadi jangan membuang waktumu untuk mengurusi omongan orang lain. Belum tentu mereka lebih baik darimu.

2. Jauhi mereka yang selalu berusaha merendahkanmu

Mulailah Mencintai Diri Sendiri dengan 8 Cara Sederhana Inipexels.com/Leah Kelley

Sebaiknya kamu menjauhi orang-orang yang membawa efek negatif ke dalam hidupmu. Jangan khawatir kehilangan mereka yang tidak peduli denganmu. Mereka hanyalah sekumpulan toxic people yang berusaha menjatuhkanmu. Karena teman-teman yang baik akan selalu memotivasimu untuk melakukan perbuatan baik, bukan malah sebaliknya. Kualitas lebih baik dari kuantitas.

3. Maafkanlah kesalahanmu di masa lalu

Mulailah Mencintai Diri Sendiri dengan 8 Cara Sederhana Inipexels.com/Life Of Pix

Apapun kesalahan yang pernah kamu perbuat di masa lalu, kamu harus berusaha merelakannya dan memaafkan dirimu sendiri. Kamu bukanlah manusia sempurna yang tidak luput dari kesalahan dan masa lalu yang kelam. Kamu harus segera move on dengan masa lalumu dan bersiaplah untuk menorehkan tinta baru dalam babak hidupmu.

4. Ciptakan perubahan dalam hidupmu

Mulailah Mencintai Diri Sendiri dengan 8 Cara Sederhana Inipexels.com/Adrianna Calvo

Hanya karena sesuatu tersebut membuatmu bahagia, nggak bearti kamu harus tetap melakukannya selamanya. Kamu harus berani membuat perubahan yang berdampak baik untukmu. Lakukan kegiatan positif yang belum pernah kamu lakukan. Tinggalkan sesuatu yang membuatmu terkekang.

Baca Juga: 7 Catatan Inspiratif Najwa Shihab untuk Kamu Generasi Millennial

5. Beri dirimu kesempatan untuk mencoba ide baru

Mulailah Mencintai Diri Sendiri dengan 8 Cara Sederhana Inipexels.com/Josh Willink

Jangan takut untuk mencoba hal baru. Kamu harus menciptakan peluang dan ide baru yang sesuai dengan dirimu, sehungga kamu bisa nyaman dengan ide tersebut. Buatlah ide seunik mungkin, keluarlah dari zona nyamanmu dan berpikirlah out of the box.

6. Dengarkan intuisimu dan jujurlah dengan diri sendiri

Mulailah Mencintai Diri Sendiri dengan 8 Cara Sederhana Inipexels.com/Tobi

Terkadang manusia sering mengabaikan intuisi dan kata hati mereka. Padahal intuisi sangat penting untuk mencapai tujuan hidup. Mulailah dengarkan suara hatimu. Karena rasa percaya diri muncul ketika kamu mengetahui apa yang akan kamu kerjakan, dan yang kamu lakukan itu benar adanya.

7. Percayalah pada kemampuanmu

Mulailah Mencintai Diri Sendiri dengan 8 Cara Sederhana Inipexels.com/Daniel Spase

Segala sesuatu pasti akan terjadi jika kamu percaya, tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. Kamu pun bisa melakukan segala sesuatu, kuncinya adalah ketahui dirimu sendiri dan percayalah bahwa kamu mampu melakukannya.

8. Jalani hidupmu dengan semestinya

Mulailah Mencintai Diri Sendiri dengan 8 Cara Sederhana Inipexels.com/Quang Nguyen

Salah satu anugrah terindah yang kamu peroleh dalam hidupmu adalah sebuah kesempatan. Hidupmu bukan hanya diantara hidup dan mati. Selagi kamu hidup, kamu harus bisa menjalani hidupmu sebaik mungkin. Kamu bisa hidup seperti aliran arus. Jangan terlalu serius dengan hidupmu.

Semoga 8 cara diatas efektif untuk membantumu mencintai diri sendiri. Karena apalah arti mencintai orang lain jika kamu belum mampu mencintai diri sendiri.

Baca Juga: 8 Quotes Kristen Stewart Ini Bikin Kamu Lebih Cinta Diri Sendiri

Emma Kaes Photo Verified Writer Emma Kaes

Welcome to my alter ego

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya