Comscore Tracker

5 Bahasa Tubuh Ini Bisa Bantu Kamu Merasa Lebih Percaya Diri

#PanjatPoin Segera praktikkan di depan umum

Tidak semua orang lahir dengan rasa percaya diri yang tinggi. Beberapa bahkan cenderung lebih pemalu, apalagi jika di depan umum. Sebenarnya ada beberapa faktor yang menyebabkan orang memiliki percaya diri yang rendah. 

Namun jangan khawatir, ada bahasa tubuh yang membuatmu akan terlihat lebih percaya diri seperti kelima bahasa tubuh di bawah ini.

1. Berusaha untuk selalu murah senyum

5 Bahasa Tubuh Ini Bisa Bantu Kamu Merasa Lebih Percaya Diripixabay.com/pexels

Ketika kamu murah senyum, orang-orang akan merasa nyaman mengobrol denganmu. Sehingga kamu akan cepat akrab dengan banyak orang. Dengan ini kamu akan merasa lebih percaya diri karena memiliki banyak relasi.

Tidak hanya saat mengobrol dengan orang asing, tersenyum saat melakukan public speaking juga akan membuatmu orang lain menilaimu sebagai sosok yang ceria dan memiliki rasa percaya diri tinggi. Jadi, murah senyum memang kunci utama agar merasa percaya diri.

2. Berdiri dengan tegak

5 Bahasa Tubuh Ini Bisa Bantu Kamu Merasa Lebih Percaya Diripixabay.com/free-photos

Berdiri tegak memang mengindikasikan orang tersebut percaya diri. Bahkan militer menerapkannya. Karena memang dengan berdiri tegak, kamu akan terlihat sebagai sosok yang percaya diri. Orang-orang juga akan menganggapmu demikian. Tapi jangan sampai kaku-kaku banget.

Meski punggung tegak, tapi pastikan langkah kakimu seimbang. Sehingga kamu tidak terlihat seperti robot nantinya.

3. Hindari berbicara terlalu cepat

5 Bahasa Tubuh Ini Bisa Bantu Kamu Merasa Lebih Percaya Diripixabay.com/rawpixel

Jangan berbicara terlalu cepat, karena ini tidak hanya membingungkan lawan bicaramu tetapi juga membuatmu terlihat terlalu memikirkan kalimat-kaimat yang akan kamu ucapkan. Cobalah untuk berbicara dengan ritme yang santai dan tegas tentunya. Sehingga orang akan senang dengan pembawaanmu.

Baca Juga: 6 Tanda Ini Menunjukkan Kalau Sebenarnya Kamu Kurang Percaya Diri

4. Gunakan sedikit gerakan tangan

5 Bahasa Tubuh Ini Bisa Bantu Kamu Merasa Lebih Percaya Diripixabay.com/free-photos

Kamu bisa menggunakan gerakan tangan sederhana ketika berbicara di depan publik. Karena orang-orang akan lebih tertarik ketika kamu menggerakkan tanganmu daripada hanya berdiam diri. Kamu pun akan terlihat lebih percaya diri.

Menggerakkan tangan saat public speaking memang tidak mudah. Oleh karena itu, kamu bisa melatihnya sendiri di rumah. Awalnya memang terasa tidak nyaman tetapi hal tersebut akan berubah saat kamu sudah terbiasa.

5. Jangan mengangkat dagu terlalu tinggi

5 Bahasa Tubuh Ini Bisa Bantu Kamu Merasa Lebih Percaya Diripixabay.com/ivanovgood

Jangan mengangkat dagu terlalu tinggi ketika berbicara. Karena hal tersebut akan membuatmu terlihat angkuh. Orang-orang cenderung menganggapmu sombong jika kamu terlalu sering mengangkat dagu ketika berbicara dengan mereka. Ada baiknya kamu sedikit rileks saja, jangan dibawa terlalu tegang apalagi saat berbicara dengan orang yang kamu segani.

Nah, itulah 5 bahasa tubuh yang membuatmu merasa lebih percaya diri. Yuk, coba praktikkan saat kamu di depan umum.

Baca Juga: 6 Tips Biar Bisa Percaya Diri di Lingkungan Kerja yang Baru

Emma Kaes Photo Verified Writer Emma Kaes

Welcome to my alter ego

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya