Comscore Tracker

5 Cara Agar Lebih Peduli Diri Sendiri, Biar Gak Jadi People Pleaser!

Self-care itu gak kalah penting, lho!

Saat ini tidak sedikit orang yang lebih mementingkan orang lain ketimbang dirinya sendiri. Padahal kita perlu juga memperhatikan diri sendiri. Karena self-care sangat dibutuhkan agar hidup lebih bahagia.

Peduli berbeda dengan mementingkan diri sendiri. Yang dimaksud memperhatikan diri sendiri yakni agar kamu tidak hanya fokus menyenangkan orang lain atau menjadi people pleaser. Karena masih ada yang harus kamu senangkan terlebih dahulu, yakni dirimu sendiri.

Nah, berikut ini ada lima cara mudah agar kamu dapat lebih peduli terhadap diri sendiri. Yuk, praktikkan!

1. Ketahui saat kamu mulai terlalu kritis pada diri sendiri

5 Cara Agar Lebih Peduli Diri Sendiri, Biar Gak Jadi People Pleaser!pixabay.com/rondellmeiling

Tidak jarang kita akan selalu menyalahkan diri sendiri saat mengalami kegagalan. Bisa jadi kamu mulai berkompetisi bukan dengan orang lain, melainkan diri sendiri. Di saat seperti ini kamu juga terus-menerus kurang puas dengan kerja kerasmu sendiri.

Jika kamu mengalami hal ini, kamu tentu membutuhkan untuk lebih memperhatikan diri sendiri. Tidak perlu terlalu bersikap keras pada dirimu. Hal ini malah akan membuatmu tidak pernah bersyukur.

2. Senangkan dirimu sama seperti kamu menyenangkan orang lain

5 Cara Agar Lebih Peduli Diri Sendiri, Biar Gak Jadi People Pleaser!pixabay.com/pexels

Jika selama ini kamu selalu berusaha membuat orang lain senang, maka mulai saat ini kamu juga harus belajar untuk menyenangkan dirimu sendiri. Jangan pernah takut untuk mengeluarkan banyak uang demi kesenangan pribadi. Karena uang masih dapat dicari namun tidak dengan kebahagiaan.

Jadi, bisalah kamu membeli makanan dan barang favoritmu minimal sebulan sekali.

Baca Juga: Memahami Self-Care dan Self-Love, Meski Berbeda Tapi Sama Pentingnya

3. Selalu ingat kamu bukan satu-satunya orang yang gagal

5 Cara Agar Lebih Peduli Diri Sendiri, Biar Gak Jadi People Pleaser!pixabay.com/pexels

Dari miliaran manusia di bumi ini, bukan hanya kamu seorang diri yang mengalami kegagalan. Hampir setiap orang pasti pernah gagal setidaknya sekali. Bahkan orang-orang terkenal seperti Steve Jobs, Bill Gates, Mark Zuckerberg juga pernah berkali-kali gagal, lho. Tetapi mereka semua dapat bangkit dari kegagalannya.

Jadi, ketika kamu mengalami kegagalan, jangan mudah menyerah dan menyalahkan diri sendiri. Cobalah terus mencoba dan beri dirimu jeda juga untuk beristirahat.

4. Ketahui semua permasalahanmu pasti ada jalannya

5 Cara Agar Lebih Peduli Diri Sendiri, Biar Gak Jadi People Pleaser!pixabay.com/free-photos

Tidak ada masalah yang tidak memiliki jalan keluar sama sekali. Tidak peduli sebesar apa masalah yang kamu hadapi, kamu pasti bisa menyelesaikannya. Hanya saja mungkin kamu membutuhkan waktu dan juga orang lain untuk membantumu keluar dari permasalahan yang menjeratmu.

5. Punya rasa iba terhadap orang lain

5 Cara Agar Lebih Peduli Diri Sendiri, Biar Gak Jadi People Pleaser!pixabay.com/JillWellington

Memiliki rasa kasihan terhadap sesama juga sangat penting. Karena dengan memiliki rasa iba, kamu akan menyadari bahwa tidak semua orang seberuntung dirimu. Sehingga pada akhirnya kamu dapat lebih bersyukur terhadap keadaanmu saat ini.

Itulah lima cara mudah agar kamu lebih peduli terhadap dirimu sendiri. Karena self-care sangatlah penting. Yuk, mulai praktikkan lima cara di atas.

Baca Juga: Rawat Dirimu, Ini 5 Alasan Self-Care Mesti Turut Jadi Prioritas

Emma Kaes Photo Verified Writer Emma Kaes

Welcome to my alter ego

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya