Comscore Tracker

Gak Melulu Negatif, Depresi Mengajarkan 5 Pelajaran Berharga Ini

Kamu menjadi pribadi yang lebih kuat

Depresi jelas menjadi momok bagi banyak orang. Apalagi depresi tidak selalu terlihat jelas gejalanya. Depresi bukan hanya sekadar fase. Mereka yang tampak ceria bisa saja mengalami depresi. Gangguan mental ini tidak pernah pilih-pilih korban. Baik remaja hingga orang tua memiliki kemungkinan untuk mengalami depresi.

Depresi memang terkesan menakutkan namun jika dilihat lebih dalam lagi, depresi juga memiliki sisi positif. Ada beberapa pelajaran hidup yang bisa kamu dapatkan ketika pernah mengalami depresi. Seperti kelima hal berikut ini.

1. Depresi membuatmu lebih berempati

Gak Melulu Negatif, Depresi Mengajarkan 5 Pelajaran Berharga IniPixabay.com/polifoto

Depresi dapat membuat kita tiba-tiba merasa takut atau merasa seperti sendiri di dunia ini. Rasanya seperti tidak ada seorang pun yang dapat memahami diri kita. Sehingga terkadang tanpa sadar kamu menjadi sangat emosional. Hal kecil saja dapat membuatmu menangis. Ini berarti kamu menjadi cukup sensitif untuk bisa memahami perasaan orang lain.

Kamu lebih mudah berempati terhadap orang lain apalagi yang senasib denganmu. Karena pernah merasakan hal yang sama, kamu menjadi lebih peduli terhadap orang lain.

2. Kamu tahu siapa kawanmu yang sebenarnya

Gak Melulu Negatif, Depresi Mengajarkan 5 Pelajaran Berharga IniPixabay.com/stocksnap

Kita tentu tahu betul bahwa orang selalu datang dan pergi dalam hidup. Kita tidak pernah bisa mempertahankan orang lain jika mereka memang memilih untuk pergi. Di saat situasi tersulitmu itu, kamu bisa tahu siapa yang memang tulus berteman denganmu dan siapa yang hanya datang di kala senang saja.

Mereka yang memilih untuk tetap bertahan itu patut kamu syukuri kehadirannya. Jangan sampai melepaskan orang-orang yang selama ini menjadi support system-mu.

Baca Juga: 6 Hubungan Seni dan Kesehatan Mental, Bisa Kurangi Depresi Seseorang

3. Kamu dapat belajar untuk lebih mencintai diri sendiri

Gak Melulu Negatif, Depresi Mengajarkan 5 Pelajaran Berharga IniPixabay.com/duy_ittn

Tidak sedikit orang yang memilih untuk menyakiti dirinya sendiri ketika depresi. Ini biasanya karena ketidakpuasan atau bisa juga karena pressure dari lingkungan sekitar. Bukan hal yang mudah untuk dapat survive dari depresi. Kamu tentu termasuk manusia kuat jika dapat bertahan sampai saat ini.

Salah satu cara untuk terlepas dari depresi adalah dengan mulai menerima dirimu apa adanya. Ketika kamu sudah bisa mencintai diri sendiri, maka perasaan insecure dan merasa tak layak itu akan hilang dengan sendirinya.

4. Kamu menjadi pribadi yang lebih berhati-hati

Gak Melulu Negatif, Depresi Mengajarkan 5 Pelajaran Berharga IniPixabay.com/norma565

Depresi dapat membuat orang merasa berada di titik terendah dalam hidupnya. Depresi juga bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor. Mulai dari trauma hingga tekanan dari lingkungan. Nyatanya ketika kamu sudah pernah mengalami depresi, kamu cenderung akan menjadi sosok yang lebih berhati-hati.

Kamu lebih memilih untuk hidup dengan di kelilingi oleh orang-orang yang membawa positive vibes. Kamu juga enggan untuk melakukan hal-hal yang dapat men-trigger depresimu. Kamu juga menjadi lebih berhati-hati dalam berperilaku.

5. Kamu sadar bahwa kamu tidak sendiri

Gak Melulu Negatif, Depresi Mengajarkan 5 Pelajaran Berharga IniPixabay.com/free-photos

Faktanya depresi menjangkit siapa saja tidak peduli asal dan usia mereka. Banyak dari mereka yang merasakan hal sama sepertimu. Tidak sedikit juga terdapat komunitas yang membantumu untuk melewati fase terberat ini. Kamu juga bisa berbagi pengalaman dengan para penyintas lainnya. Mengetahui bahwa kamu tidak sendiri dapat membuatmu menjadi sosok manusia yang lebih tegar.

Mengalami depresi memang membuat hidup terasa berat, namun nyatanya depresi dapat mengajarkan beberapa pelajaran hidup berharga seperti yang tertulis di atas. Apa pun yang terjadi, kamu tidak sendiri!

Baca Juga: Ini 7 Perbedaan Depresi dengan Sedih Biasa yang Tidak Boleh Diremehkan

Emma Kaes Photo Verified Writer Emma Kaes

Welcome to my alter ego

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya