Comscore Tracker

Meski Lawas, 6 Buku Klasik Karangan Jane Austen Ini Wajib Kamu Baca

Banyak pelajaran cinta yang bisa kamu dapat

Jane Austen merupakan novelis Inggris terkemuka di awal abad 19. Ia banyak menulis tentang kondisi sosial yang terjadi di lingkungannya. Jane juga sering mengkritik mengenai stigma masyarakat yang sering menganggap wanita lebih rendah. Banyak dari novelnya yang tidak hanya berisi romantisme, namun juga kritikan terhadap paradigma sosial yang sering terjadi.

Meski sudah berumur ratusan tahun, karya dari Jane Austen tak pernah lekang oleh waktu. Bahkan banyak dari bukunya yang diterjemahkan ke berbagai bahasa. Jane memang banyak menghasilkan karya yang berkualitas. Seperti keenam buku di bawah ini yang wajib banget masuk di daftar bacaanmu.

1. Pride and Prejudice (1813)

Meski Lawas, 6 Buku Klasik Karangan Jane Austen Ini Wajib Kamu Bacaamazon.co.uk

Pride and Prejudice menjadi salah satu karya Jane Austen yang paling terkenal. Bahkan saking populernya sampai diadaptasi menjadi sebuah film pada tahun 2005 lalu. Jane mengaku jika ia menulis buku ini karena terinspirasi oleh adik perempuannya. Ia bahkan menjadikan Cassandra sebagai gambaran dari karakter Elizabeth Bennett.

Novel ini sendiri menceritakan tentang gadis cerdas, periang, dan sangat kritis bernama Elizabeth Bennett. Ia dan keempat saudara perempuannya ingin dijodohkan dengan lelaki kaya raya oleh ayahnya. Hal ini pun menjadi awal pertemuan antara Elizabeth dan Mr. Darcy yang pada awalnya ia benci. Namun seiring waktu, ia pun memiliki perasaan padanya.

2. Emma (1815)

Meski Lawas, 6 Buku Klasik Karangan Jane Austen Ini Wajib Kamu Bacaalmabook.com

Selain Pride and Prejudice, Emma juga menjadi salah satu novel terlaris Jane Austen. Emma juga diadaptasi menjadi sebuah film berjudul Clueless. Jane mengaku jika ia menggambarkan tokoh Emma sebagai karakter yang mirip sekali dengan dirinya.

Buku ini mengisahkan sosok Emma Woodhouse. Hidupnya terbilang sempurna. Cantik, pintar, dan dari keluarga terpandang, namun sayang ia sedikit angkuh dan terlalu mengatur urusan orang lain. Emma bahkan menganggap dirinya cukup pandai untuk mencomblangkan orang-orang terdekatnya. Meski pada akhirnya semua yang direncanakan Emma tidak berjalan sempurna.

3. Sense and Sensibility (1811)

Meski Lawas, 6 Buku Klasik Karangan Jane Austen Ini Wajib Kamu Bacaamazon.co.uk

Sense and Sensibility merupakan novel pertama yang ia terbitkan. Jane menulisnya saat ia masih berumur 19 tahun dengan judul Elinor and Marianne. Namun akhirnya menggantinya dengan judul Sense and Sensibility. Meski banyak orang beranggapan buku ini tidak sebagus karya Jane yang lain, Sense and Sensibility tetap recommended untuk dibaca.

Sense and Sensibility menceritakan hubungan kasih sayang antara Elinor dan Marianne. Semenjak ditinggal meninggal oleh ayahnya, kedua kakak beradik ini harus saling melindungi satu sama lain. Kamu akan dibawa terbuai dengan lika-liku perjalanan cinta keduanya. Di akhir cerita, kamu juga akan dibuat menebak bagaimana kelanjutan kisah kakak beradik tersebut.

Baca Juga: Harus Baca, Ini 5 Buku yang Mengangkat Isu Body Shaming dengan Elegan

4. Mansfield Park (1814)

Meski Lawas, 6 Buku Klasik Karangan Jane Austen Ini Wajib Kamu Bacapenguinrandomhouse.com

Mansfield Park merupakan salah satu buku Jane Austen yang cukup menguras emosi. Di mana perasaanmu akan dibuat campur aduk saat menyelami konflik demi konflik yang terjadi. Meski novel ini cukup serius karena tidak dibumbui oleh humor, Mansfield Park tetap layak untuk dibaca.

Buku ini sendiri menceritakan tentang Fanny Price, anak kedua dari 9 bersaudara yang harus tinggal bersama keluarga dari adik ibunya di Mansfield Park. Tanpa sadar Fanny jatuh cinta pada sepupunya sendiri, Edmund Betram karena selalu memperlakukannya dengan manis. Namun konflik batin harus dialami Edmund karena ia juga mencintai wanita lain.

5. Persuasion (1817)

Meski Lawas, 6 Buku Klasik Karangan Jane Austen Ini Wajib Kamu Bacaamazon.co.uk

Persuasion merupakan novel terakhir yang ditulis oleh Jane sebelum ia menghembuskan nafas terakhirnya di usia 41 tahun. Naskah novel ini selesai 6 bulan sebelum Jane wafat. Persuasion juga menjadi salah satu novel paling romantis karangan Jane. Sehingga sebanyak 4 film yang diadaptasi dari buku ini.

Buku ini mengisahkan kehidupan cinta Anne Elliot yang cukup rumit. Pada awalnya Anne bertunangan dengan Frederick Wentworth. Namun seorang teman dari ibunya menyuruh Anne untuk membatalkan pertunanangan tersebut. Hal ini tentu membuat marah keluarga Frederick. Tapi Anne sangat bersyukur karena ia tidak jadi menikahi lelaki yang salah.

6. Northanger Abbey (1817)

Meski Lawas, 6 Buku Klasik Karangan Jane Austen Ini Wajib Kamu Bacaamazon.co.uk

Sebenarnya novel Northanger Abbey sudah diselesaikan Jane di tahun 1804. Namun baru di terbitkan setelah Jane meninggal dunia. Novel ini menjadi salah satu karya satir Jane yang terkenal. Northanger Abbey juga diadaptasi menjadi sebuah FTV di tahun 2007 dengan judul yang sama.

Novel ini sendiri dibagi menjadi 2 bagian. Setiap bagian memiliki latar penokohan yang berbeda. Berkisah mengenai seorang gadis penyuka novel misteri bernama Catherine Morland. Saat berlibur di Northanger Abbey. Catherine pun mendapat banyak pengalaman baru, dari bertemu dengan lelaki yang ia sukai sampai berteman dengan orang yang salah.

Nah, itulah 6 rekomendasi buku karangan Jane Austen yang wajib banget kamu baca. Dari keenam buku di atas, buku mana nih yang pernah kamu baca sebelumnya?

Baca Juga: Gak Bikin Ngantuk, Ini 8 Buku Non-Fiksi yang Asyik Dibaca

Emma Kaes Photo Community Writer Emma Kaes

Welcome to my alter ego

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You