Comscore Tracker

Terkenal Dingin, 5 Tanda Kamu Tipe Orang yang Enggan Pakai Perasaan

Paling jago menyembunyikan perasaan

Terdapat dua tipe orang, mereka yang selalu mengandalkan perasaannya, biasanya cenderung sensitif. Tipe kedua yakni mereka yang enggan memakai perasaan. Jika kamu sering disebut-sebut cuek dan dingin, kemungkinan besar kamu adalah tipe yang kedua. Kamu selalu menyampingkan perasaan dan lebih berpatokan pada logika.

Mudah sekali mengetahui apakah dirimu sendiri termasuk orang yang senang mengandalkan perasaan atau tidak. Berikut ini lima tanda bahwa kamu termasuk tipe orang yang enggan pakai perasaan. 

1. Kamu tidak nyaman dengan perasaan orang lain

Terkenal Dingin, 5 Tanda Kamu Tipe Orang yang Enggan Pakai Perasaanimdb.com

Tidak hanya terhadap diri sendiri saja, kamu juga kurang nyaman dengan perasaan orang lain. Misalnya ketika mereka datang padamu di saat sedih. Kamu akan merasa sedikit awkward dan kebingungan harus berbuat apa. Karena selama ini kamu tidak pernah jago dalam menghibur orang lain.

Begitu pula saat kamu sedang dilanda masalah, kamu kurang suka saat ada orang lain yang mencoba mendukungmu. Hal ini karena kamu termasuk tipe orang yang selalu bisa melalui apapun secara sendiri. Sehingga tidak jarang kamu malah mengusir mereka yang sudah mencoba peduli terhadapmu.

2. Sering menggunakan sarkasme untuk menutupi perasaan

Terkenal Dingin, 5 Tanda Kamu Tipe Orang yang Enggan Pakai Perasaanimdb.com

Biasanya orang yang sering menggunakan sarkasme memang sedang ingin menutupi perasaannya. Mereka tidak ingin orang lain tahu apa yang dirasakannya. Misalnya ketika mereka merasa kecewa karena gagal melakukan sesuatu, mereka akan menggunakan sarkasme pada orang lain mengenai kegagalanmu tersebut. 

Hal ini agar mereka dapat terlihat lebih tangguh, padahal di dalam hati mereka juga merasa sedih dan kecewa.

Baca Juga: 5 Tips Menghilangkan Perasaan Tidak Layak saat Berusaha Meraih Impian

3. Menolak untuk menjalin hubungan

Terkenal Dingin, 5 Tanda Kamu Tipe Orang yang Enggan Pakai Perasaanimdb.com

 

Mereka yang enggan memakai perasaan cenderung menghindari segala sesuatu yang berbau perasaan. Salah satunya yakni hubungan percintaan. Kamu merasa tidak perlu untuk menjalin suatu hubungan. Apalagi kamu kurang bisa untuk menyalurkan afeksi. Malahan yang ada kamu akan bersikap dingin setiap waktu.
 
Tidak jarang jika ada yang mendekatimu, kamu akan berusaha menjauhinya atau bahkan langsung menolaknya. Seringkali kamu menghentikan orang yang mencoba peduli padamu. Padahal tidak ada salahnya untuk membiarkan mereka masuk dalam kehidupanmu.

4. Kamu tidak pernah menunjukkan perasaanmu

Terkenal Dingin, 5 Tanda Kamu Tipe Orang yang Enggan Pakai Perasaanimdb.com

Baik saat sedih maupun bahagia, kamu tidak pernah membaginya pada orang lain. Kamu cenderung menyembunyikannya sendiri. Hal ini membuat orang sekitarmu kesulitan untuk mengetahui keadaanmu. Mereka tidak pernah tahu bagaimana kondisimu, entah marah, kecewa, sedih, ataupun senang.

Bagimu emosi adalah suatu hal yang bersifat personal. Hanya diri sendiri yang boleh tahu mengenai perasaan masing-masing. Ini membuat kamu terkadang kesulitan untuk membuka diri dan jujur terhadap orang lain.

5. Selalu meyakinkan diri bahwa kamu bahagia meski sendiri

Terkenal Dingin, 5 Tanda Kamu Tipe Orang yang Enggan Pakai Perasaanimdb.com

Ketika kamu menolak kehadiran orang lain, yang menjadi alasanmu adalah kamu sudah merasa bahagia meski sendiri. Kamu beranggapan bahwa kehadiran orang lain malah akan merusak kebahagiaanmu. Padahal tidak selalu seperti itu.

Terkadang hadirnya seseorang malah bisa menjadi pelengkap dalam hidupmu. Sehingga tidak ada salahnya untuk membuka sedikit tembok pembatasmu tersebut.

Itulah lima tanda kamu termasuk orang yang enggan memakai perasaan. Well, emosi bukan termasuk suatu kelemahan. Tidak perlu takut untuk menyalurkan perasaanmu.

Baca Juga: 5 Tips Sederhana Agar Kamu Bisa Mengendalikan Perasaan, Yuk Coba! 

Emma Kaes Photo Verified Writer Emma Kaes

Welcome to my alter ego

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya