Comscore Tracker

Meski Sederhana, 5 Hal Ini Bisa Bikin Hidupmu Lebih Bermakna

Gak sampai 5 menit, kok!

Ketika kamu merasa tidak berguna, sebenarnya ada banyak sekali hal yang bisa kamu lakukan agar hidupmu lebih bermakna. Karena setiap manusia tentu memiliki perannya masing-masing. Dan hal ini merupakan pilihanmu untuk menjadi manusia seperti apa. Yang suka melakukan kebaikan kah atau malah sebaliknya.

Jika kamu ingin hidupmu terasa lebih bermanfaat untuk yang lain, kamu bisa memulainya dengan hal-hal sederhana. Gak perlu muluk-muluk kok. Cukup lakukan lima hal berikut ini yang pastinya gak sampai menyita waktumu.

1. Menanam pohon

Meski Sederhana, 5 Hal Ini Bisa Bikin Hidupmu Lebih Bermaknapixabay.com/pexels

Kamu tentu tahu jika saat ini isu global warming bukan perkara yang main-main. Banyak sekali terjadi pembakaran hutan dan alih lahan yang membuat paru-paru dunia semakin berkurang. Oleh sebab itu, kamu bisa menyisihkan waktumu untuk menanam pohon. Kamu gak butuh modal banyak untuk memulai aksi go green ini.

Jika kamu tidak memiliki tempat untuk menanam pohon, bisa kok menggantinya dengan tanaman lain seperti bunga maupun tanaman obat-obatan. Karena selain sebagai upaya mencintai bumi, kamu juga bisa membantu tetanggamu jika mereka membutuhkan tanaman obat-obatan apalagi buah yang kamu tanam.

2. Membantu orang yang lebih tua

Meski Sederhana, 5 Hal Ini Bisa Bikin Hidupmu Lebih Bermaknapixabay.com/hospice

Di jalan saat kamu pergi bekerja maupun kuliah, pasti kamu bakal menemukan orang tua yang mungkin membutuhkan bantuanmu. Terutama para lansia yang kemungkinan lupa arah jalan atau ibu-ibu yang kesulitan menyebrang. Meluangkan waktu untuk menolong mereka gak bikin kamu rugi kok.

Malahan siapa tahu perbuatan baikmu akan dibalas oleh orang lain nantinya. Meski tidak baik berharap banyak tetapi pastinya saat kamu bersedia menolong orang, suatu saat ketika kamu membutuhkan bantuan selalu ada orang yang mau membantumu. Inilah the power of act kindness.

Baca Juga: 5 Cara Sederhana Mengajari Anak Rasa Bersyukur, Orangtua Wajib Baca!

3. Memberi makan kucing jalanan

Meski Sederhana, 5 Hal Ini Bisa Bikin Hidupmu Lebih Bermaknapixabay.com/freestock_photos

Semua makhluk hidup tentu berhak untuk hidup, begitu pula kucing. Di Indonesia sendiri terdapat banyak sekali kucing jalanan. Atau bahkan di kampusmu sendiri banyak kucing yang berkeliaran. Memberi makan kucing yang kelaparan merupakan salah satu kebaikan yang wajib kamu terapkan.

Jika kamu gak mau ribet dengan memberi makan mereka lauk maupun tulang. Kamu bisa membeli pakan kucing yang banyak dijual. Bayangkan dengan uang 10-15 ribu, kamu sudah bisa memberi makan banyak kucing dan membuat mereka bertahan hidup.

4. Bersikap ramah terhadap pekerja

Meski Sederhana, 5 Hal Ini Bisa Bikin Hidupmu Lebih Bermaknapixabay.com/arttabel

Jika di luar negeri pelayan seringkali mendapatkan tip atas usaha mereka, berbeda dengan Indonesia. Bahkan masih ada beberapa yang bersikap tidak sopan dan cenderung memperlakukan pelayan seenaknya. Meski pembeli adalah raja bukan berarti kamu bisa bebas menyuruh dan membentak seorang pelayan maupun kasir.

Banyak para pekerja yang tanpa sadar keberadaannya sangat kamu butuhkan. Seperti tukang parkir sampai cleaning service. Tanpa bantuan dari mereka, mungkin kamu kesulitan memarkir motormu atau tempat duduk yang kamu duduki di mall langgananmu sangat kotor. Jadi, jangan sungkan untuk mengucapkan terima kasih terhadap mereka.

5. Mendonasikan uang kembalian

Meski Sederhana, 5 Hal Ini Bisa Bikin Hidupmu Lebih Bermaknapixabay.com/blixpixel

Saat berbelanja sesuatu terkadang sang kasir menawari kita untuk mendonasikan uang kembalian. Gak ada salahnya lho jika kamu selalu mendonasikan uang kembalianmu. Karena di luar sana banyak sekali yang lebih membutuhkan. Siapa sangka jika uang recehan yang mungkin gak berarti bagimu dapat berarti banyak bagi mereka yang membutuhkan.

Daripada uang kembalianmu berakhir terselip di keresek belanjaan maupun sakumu, lebih baik kamu mendonasikannya. Hitung-hitung sedekah kan. 

Nah, itulah lima hal yang terkesan sederhana tetapi dapat membuat hidupmu lebih berguna terhadap orang lain. Yuk, jangan takut berbuat baik. Karena siapa yang akan memulai jika bukan dirimu sendiri.

Baca Juga: Terlalu Sering Dikatakan, 5 Ucapan Ini Malah Jadi Kurang Bermakna

Emma Kaes Photo Verified Writer Emma Kaes

Welcome to my alter ego

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya