Comscore Tracker

5 Tips Mengatasi Rasa Bosan Belajar di Rumah Selama Pandemik

Godaan untuk rebahan jadi semakin tinggi, ya?

Sudah setahun lebih pelajar dan mahasiswa terpaksa melakukan pembelajaran dari rumah masing-masing. Mengingat pandemik belum juga berakhir, tidak ada yang tahu akan sampai kapan pembelajaran jarak jauh berlangsung. Padahal mungkin beberapa dari kamu sudah mulai bosan dan lelah belajar secara daring.

Sebagian besar menganggap pembelajaran secara daring kurang efektif dibandingkan secara luring. Sebenarnya itu tergantung individu. Apabila kamu melakukannya tanpa niat yang tepat maka akan terasa kurang maksimal. Nah, berikut ini ada 5 tips untuk membuatmu tetap bersemangat belajar secara online.

1. Buat sebuah rutinitas belajar 

5 Tips Mengatasi Rasa Bosan Belajar di Rumah Selama PandemikIlustrasi belajar (Pexels.com/RODNAE Production)

Sangat penting untuk membuat rutinitas belajar yang teratur. Dengan kamu membuat jadwal belajar, kamu tidak akan ketinggalan waktu untuk belajar. Terutama jika kamu suka sesuatu yang terorganisasi. Maka, cara agar kegiatan belajarmu efektif adalah dengan membuat list kapan waktu yang tepat untuk belajar atau mengerjakan tugas.

Sebaiknya jangan sampai bolong atau tidak mengikuti rutinitas belajarmu tersebut. Hal ini agar belajar lama-lama dapat menjadi kebiasaan. Jika kamu sendiri sering bolong-bolong yang ada semangatmu untuk belajar perlahan dapat memudar. 

2. Tidur siang yang cukup 

5 Tips Mengatasi Rasa Bosan Belajar di Rumah Selama PandemikIlustrasi tidur (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Seringkali karena sibuk begadang setiap malam, jam tidurmu menjadi berkurang. Mungkin beberapa dari kamu ada yang sampai tidak tidur karena tugas yang menumpuk. Sebenarnya kamu bisa menggantinya dengan tidur siang. Perlu kamu ketahui tidur siang sekitar 15-30 menit memang baik untuk tubuh.

Dengan tidur siang yang cukup, kamu dapat kembali berenergi untuk belajar yang lebih lama pada malam harinya. Tetapi jangan sampai tidur siang terlalu lama karena justru akan menyebabkan kamu cepat merasa kelelahan.

3. Membuat study corner 

5 Tips Mengatasi Rasa Bosan Belajar di Rumah Selama PandemikIlustrasi orang belajar (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Mungkin beberapa orang beranggapan bahwa belajar bisa di mana saja dan kapan saja. Tetapi hal tersebut tidak efektif apabila kamu merasa terganggu dengan suasana yang tidak kondsif. Oleh karena itu, kamu bisa mencari atau membuat study corner sendiri di kamarmu. Buat senyaman mungkin tempat untukmu belajar.

Ada banyak sekali keperluan yang bisa kamu beli secara online untuk membuat study corner sendiri. Misalnya tempat belajar, lampu belajar hingga tempat duduk yang dapat membuatmu betah berjam-jam belajar. Kamu juga bisa menghiasnya agar terlihat se-aesthetic mungkin.

Baca Juga: 5 Tips Usir Rasa Bosan di Rumah yang Wajib Dicoba

4. Membuat forum diskusi dengan teman sekelas 

5 Tips Mengatasi Rasa Bosan Belajar di Rumah Selama PandemikIlustrasi forum Zoom (pexels.com/Anna Shvets)

Belajar akan lebih menyenangkan saat kamu melakukan diskusi bersama orang lain. Selain dapat belajar untuk mengemukakan pendapat sendiri, kamu juga bisa mendapatkan sudut pandang baru yng berbeda denganmu. Itulah pentingnya untuk membuat sebuah forum diskusi.

Dengan memanfaatkan Zoom atau Google Meets, kamu bisa membuat forum diskusi sendiri bersama teman-temanmu. Cara ini sangat efektif untuk mengatasi bosan belajar daring. Mungkin kamu bisa melakukan dengan cara yang lebih seru yaitu menonton film kemudian berdiskusi mengenai film tersebut dan menarik kesimpulan sesuai materi yang sedang kalian pelajari.

5. Hindari multitasking 

5 Tips Mengatasi Rasa Bosan Belajar di Rumah Selama PandemikIlustrasi orang belajar (pexels.com/Karolina Grabowska)

Multitasking memang sesuatu yang hebat karena kamu bisa mengerjakan dua hal sekaligus. Tetapi saat belajar, ada baiknya kamu hanya fokus pada satu hal saja. Jangan sampai kamu belajar sistem sosial dan mengerjakan tugas rumah sekaligus karena akan memecah konsentrasimu dan membuatmu tidak fokus.

Lebih baik untuk mengatur jadwalmu sehingga kamu tidak melakukannya secara berbarengan. Ada waktunya untuk menyapu dan mencuci pakaian. Ada pula waktunya untuk belajar. Hanya saja hindari melakukan keduanya secara bersamaan.

Terlalu lams belajar secara daring di rumah memang kadang terasa membosankan. Tetapi kamu masih bisa mengatasinya dengan kelima cara di atas. Semoga pandemik segera selesai agar semua bisa beraktivitas seperti sedia kala, ya!

Baca Juga: 5 Serial Komedi yang Wajib Ditonton saat Bosan di Rumah Aja

Emma Kaes Photo Verified Writer Emma Kaes

Welcome to my alter ego

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya