Comscore Tracker

IMS 2019: Ridwan Kamil Ingatkan Millennial akan 4 Isu Penting Ini!

Kata Kang Emil, millennial harus siap dengan isu ini

Jakarta - IDN Times, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menghadiri ajang Indonesia Millennial Summit 2019 yang digelar oleh IDN Times pada Sabtu (19/1) di Grand Ballroom Kempinksi, Jakarta. Berbicara pada sesi terakhir yang bertajuk "Smart City for a Better Quality Life", Ridwan Kamil mengungkapkan bahwa ada 4 isu penting yang harus diketahui oleh generasi Millennial.

Mantan Walikota Bandung ini memang identik dengan kegiatan yang berkaitan dengan generasi millennial, tak heran jika sesi yang dihadiri oleh Kang Emil ini dibanjiri oleh para millennial yang antusias untuk melihatnya.

1. Dunia semakin kompetitif

IMS 2019: Ridwan Kamil Ingatkan Millennial akan 4 Isu Penting Ini!IDN Times

Menurutnya, teknologi saat ini adalah sebuah kebutuhan bagi siapapun. Seperti yang kita ketahui, Kang Emil sendiri merupakan salah satu pemimpin daerah yang sangat menerapkan teknologi di setiap program kerja untuk masyarakat.

Ia mengungkapkan bahwa kehadiran teknologi membuat dunia semakin kompetitif. "Dunia ini makin kompetitif, jadi anda-anda ini harus ekstra punya skill, modal pinter saja tidak cukup. Harus punya leadership skill, digital skill. Punya IPK bagus saja menurut saya tidak cukup. Millennial harus belajar lagi melebihi apa yang ada di sekolah," ungkapnya.

2. Dunia semakin ekstrim

IMS 2019: Ridwan Kamil Ingatkan Millennial akan 4 Isu Penting Ini!IDN Times

Yang kedua, Kang Emil mengangkat isu mengenai dampak teknologi yang membuat dunia menjadi semakin ekstrim. Menurut Kang Emil millennial saat ini harus punya kesiapan mental dan moral yang kuat.

"Butuh moral dan mental yang kuat, karena teknologi punya sisi positif dan sisi buruk. Orang yang gak kuat mentalnya, maka bisa terpengaruh sisi yang gelapnya teknologi," pungkasnya.

Ia mengibaratkan bersosial media itu ibarat seperti berlalu lintas, semua orang bisa mengendarai kendaraan namun tidak semua paham berlalu lintas. Kang Emil pun berpesan kepada millennial agar bisa lebih memahami hal tersebut.

Baca Juga: IMS 2019: Dihadiri Wonder Women Indonesia, Stage Garuda Penuh Animo

3. Dunia tidak semakin aman

IMS 2019: Ridwan Kamil Ingatkan Millennial akan 4 Isu Penting Ini!IDN Times

Ridwan Kamil mengingatkan generasi millennial Indonesia, bahwa dunia saat ini tidak semakin damai, malah justru sebaliknya. Teknologi melahirkan hal-hal yang negatif dan menakutkan, banyak ideologi-ideologi yang negatif mudah masuk baik yang ekstrim ke kiri maupun ekstrim ke kanan.

Kang Emil menyatakan, "Kalau Indonesia mau selamat, Indonesia harus di tengah." Menurutnya, Pancasila adalah alat yang mampu menjadi panduan untuk masyarakat Indonesia agar tidak terlalu tersesat, baik itu ekstrim ke kanan maupun ke kiri.

4. Dunia semakin terkoneksi

IMS 2019: Ridwan Kamil Ingatkan Millennial akan 4 Isu Penting Ini!IDN Times

Meski begitu, kehadiran teknologi membuat dunia semakin terkoneksi, dan teknologi pun semakin mendekatkan kita semua.  "Apa sih sekarang yang tidak terkoneksi? Anda baca berita sekarang online, transaksi online. Dari transaksi positif sampai transaksi 80 juta pun online", ucap Kang Emil yang disambut gelak tawa para peserta IMS 2019.

Harapan dari Ridwan Kamil untuk generasi millennial saat ini yang tengah menghadapi era dimana dunia sudah sangat saling terkoneksi adalah supaya bisa memanfaatkan teknologi dari sisi positifnya.

IDN Times menggelar Indonesia Millennial Summit 2019. Acara dengan tema "Shaping Indonesia's Future" ini dilangsungkan pada 19 Januari 2019 di Grand Ballroom Hotel Kempinski Jakarta. Ajang millennial terbesar di Tanah Air Indonesia Millennial Summit oleh IDN Media ini dihadiri oleh 1.500-an pemimpin millennial.

Dalam IMS 2019, IDN Times juga meluncurkan Indonesia Millennial Report 2019. Survei ini dikerjakan oleh IDN Research Institute bekerjasama dengan Alvara Research Center.

Baca Juga: Heboh Millennial di IMS 2019, Ridwan Kamil Jadi Magnet di Ujung Acara

Topic:

  • Yogie Fadila

Just For You