Comscore Tracker

5 Hal yang Bisa Dipelajari dari Drama 'Start-Up', Inspiratif Banget!

Banyak pesan kehidupan yang bisa kamu petik #WaktunyaKorea

Drama Start-Up menjadi salah satu drama yang diperbincangkan akhir-akhir ini. Bercerita tentang anak muda yang ingin membuat perusahaan start-up dengan mengikuti acara Sandbox, yaitu tempat mencari partner tanpa perlu khawatir relasi.

Dengan mengambil tema unik tentang dunia start-up, banyak pesan kehidupan yang bisa kamu petik lho dari drama ini.

1. Jangan remehkan orang yang punya pendidikan rendah

5 Hal yang Bisa Dipelajari dari Drama 'Start-Up', Inspiratif Banget!hancinema.net

Dalmi (Suzy) terpilih menjadi CEO di acara hackathon Sandbox yang menjadi tempat bagi orang-orang yang mau merintis perusahaan start-up secara mandiri. Dia pun mengajak Samsam Tech yang terdiri dari Do San (Nam Joo Hyuk), Chul San (Yoo Su Bin), dan Yong San (Kim Do Wan).

Awalnya Chul San dan Yong San sedikit meremehkan Dalmi menjadi CEO mereka karena dia hanyalah lulusan SMA. Tapi Do San meyakinkan mereka untuk percaya pada Dalmi. Terbukti Dalmi dapat memukau semua penonton dan juri saat mempresentasikan bisnis mereka.

2. Mengalah bukan berarti kalah

5 Hal yang Bisa Dipelajari dari Drama 'Start-Up', Inspiratif Banget!hancinema.net

Sebagai pemenang olimpiade matematika termuda, saat kecil Do San selalu diagung-agungkan oleh orang dewasa. Dia pun mendapat tawaran untuk masuk perguruan tinggi di usianya yang menginjak 13 tahun.

Tetapi kepintarannya saat di kampus membuat dia dibanding-dibandingkan dengan mahasiswa disana. Ketika dia bisa menyelesaikan soal matematika, dia akan mendengar "Kamu mahasiswa kenapa bisa kalah sama anak 13 tahun". Oleh karena itu, dia pun sengaja menjawab soal dengan salah. Dia ingin memberikan kesempatan pada orang lain dulu.

Baca Juga: 10 Potret Kim Seon Ho di 'Start-Up' Pamer Lesung Pipi, Manis Banget!

3. Berani ambil risiko, karena penyesalan itu gak langsung datang di awal

5 Hal yang Bisa Dipelajari dari Drama 'Start-Up', Inspiratif Banget!hancinema.net

Ketika Dalmi ingin merekrut Jung Sa Ha (Stephanie Lee), dia gak segan-segan berlutut agar Sa Ha bisa masuk ke timnya. Sa Ha tentunya enggan, apalagi mengingat pertemuan pertama mereka yang gak baik di toko buku.

Sa Ha heran kenapa Dalmi rela berlutut, "apa kamu gak akan nyesel?'". Dalmi pun menjawab kalau dia punya prinsip untuk pilihan apapun yang dia ambil, dia gak akan menyesal dengan pilihan itu. Hal ini dikarenakan dia selalu direndahkan kakaknya yang telah memilih ayahnya sehingga hidup susah. Dalmi ingin membuktikan kalau pilihan dia gak salah.

4. Gak ada hidup yang benar-benar mulus

5 Hal yang Bisa Dipelajari dari Drama 'Start-Up', Inspiratif Banget!hancinema.net

Sebelum grup Samsam Tech berhasil lolos masuk ke Sandbox, Dalmi, anggota Samsan Tech, bahkan investor kaya raya Han Ji Pyung (Kim Seon Ho) sempat mengalami pasang surut kehidupan.

Dalmi yang memilih ayahnya harus rela hidup susah karena ayahnya meninggal sebelum sempat mengembangkan bisnisnya. Dia bahkan rela gak kuliah dan bekerja part-time agar neneknya bisa berjualan corndog lagi.

Walaupun Do San sempat memenangkan olimpiade matematika saat kecil, tapi itu gak menjamin kehidupan Do San saat dewasa. Do San yang memilih sebagai pengembang AI bersama Yong San dan Chul San selalu dihadapkan dengan penolakan dari para investor tentang bisnis mereka.

Sebelum jadi investor pun Han Ji Pyung pernah masuk panti asuhan lho. Dengan modal 2 juta won, dia harus bertahan hidup sendirian. Hingga suatu hari dia bertemu dengan neneknya Dalmi dan berkatnya dia bisa menjadi investor kaya raya.

5. Jangan gengsi, akui dan jujurlah pada perasaanmu sendiri

5 Hal yang Bisa Dipelajari dari Drama 'Start-Up', Inspiratif Banget!hancinema.net

Dengan backstory yang kuat antara Seo Dalmi dan Han Ji Pyung, banyak penonton yang jadi baper pada kisah mereka berdua. Sayangnya penonton harus sadar diri karena Han Ji Pyung merupakan karakter second lead.

Walaupun Ji Pyung terus membantu Do San menjadi Do San yang dikenal Dalmi, adakalanya Ji Pyung bertindak karena dirinya sendiri bukan karena untuk membantu Do San. Nenek Dalmi pun pernah bertanya apakah dia menyukai Dalmi, tapi dijawab tidak oleh Ji Pyung. Hal ini berbanding terbalik dengan Do San yang saat ditanya oleh temannya, Do San mengakui kalau dia menyukai Dalmi.

Karena gak jujur dengan perasaannya sendiri, Ji Pyung harus rela melihat Dalmi dan Do San yang semakin dekat.

Itulah lima hal yang bisa dipelajari dari drama Start-Up. Walaupun masih ongoing, drama Start-Up banyak menyampaikan pesan kehidupan yang bisa kamu pelajari lho.

Baca Juga: Kisahnya Bikin Gemas, 10 Chemistry Suzy dan Nam Joo Hyuk di Start-Up

Essi Rosilawati Photo Verified Writer Essi Rosilawati

Korean dramas addict

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya