Comscore Tracker

Kuasai 4 Keterampilan Ini, "Work-Life Balance" Bukan Cuma Impian

Work Hard, Play Hard?

Memiliki karir serta kehidupan personal yang seimbang tentu menjadi harapan semua orang. Sayangnya, masih banyak yang merasa kesulitan untuk mendapatkan keduanya.

Kondisi ideal tersebut sebenarnya gak mustahil direalisasikan selama kamu konsisten mengaplikasikan 4 keterampilan ini, lho!

1. Menemukan Fokus

Kuasai 4 Keterampilan Ini, Work-Life Balance Bukan Cuma Impianpixabay.com

Fokus yang tepat menjadi hal pertama yang perlu kita miliki. Selain menentukan apa saja yang kita anggap prioritas, kita juga perlu meminimalkan adanya distraksi saat menjalani setiap peran.

Misalnya, ketika bekerja hindari membuka media sosial, dan sebaliknya ketika menjalani kehidupan pribadi ya kurangi kebiasaan mengecek email berbau kerjaan. Menata dan mengelola ruang kerja agar nyaman juga bisa membantu fokus kamu, lho.

2. Manajemen Waktu

Kuasai 4 Keterampilan Ini, Work-Life Balance Bukan Cuma Impianpixabay.com/Myriams

Memiliki jam kerja yang rutin maupun dengan shift yang berganti-ganti bukan menjadi alasan tidak bisa mengatur waktu dengan baik. Kamu cukup memperhatikan durasi dan pola yang kamu miliki selama bekerja tersebut.

Setelahnya tetapkan tujuan dan prioritas, lalu eksekusi sesuai rencana agar efektif. Kalau bisa tenggo karena bisa selesaikan semua tanggung jawab tepat waktu, nggak perlu lembur dan makan waktu pribadimu, kan?

Baca Juga: 6 Tipe Kesibukan yang Harus Sering Dilakukan Demi Hidup Bahagia

3. Manajemen Emosi

Kuasai 4 Keterampilan Ini, Work-Life Balance Bukan Cuma Impianpixabay.com/Allinoch

Melatih regulasi emosi secara rutin dan memberi sedikit waktu untuk istirahat sangat diperlukan untuk bisa mengelola emosi secara sehat. Kamu juga perlu bersikap profesional dan tidak terlalu memasukkan hati masalah kerjaan.

Hal ini akan membantu kamu agar nggak sampai merasa burnout. Sayang banget kan kalau di rumah jadi uring-uringan karena jenuh dengan kerjaan?

4. Manajemen Kehidupan Personal

Kuasai 4 Keterampilan Ini, Work-Life Balance Bukan Cuma Impianpixabay.com/JoseAntonioAlba

Akhir pekan menjadi waktu khusus untuk kita rehat dari pekerjaan. Oleh karenanya, manfaatkan dengan baik untuk menikmati kehidupan pribadi yang membuatmu nyaman.

Bisa dengan menekuni hobi, berkumpul dengan keluarga, hingga bertemu dengan para sahabat agar relasi tetap terjaga.

Baca Juga: 5 Cara Atasi Kejenuhan yang Bisa Kamu Terapkan Agar Hidup Bahagia

Eunike Ally Sushmita Photo Writer Eunike Ally Sushmita

A life-long learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya