Comscore Tracker

5 Pertanyaan Refleksi Sederhana Buat Kamu yang Ingin "Berbenah Diri"

Sederhana tapi mampu buat perubahan kebiasaan, lho

Tahun baru tinggal sebulan lagi. Pada momen akhir tahun seperti ini, biasanya kita gunakan untuk refleksi diri serta membuat daftar target untuk tahun berikutnya. Ada pula yang membuat tujuan sefantastis mungkin karena optimis, namun lupa memetakan langkah sehingga justru tidak terealisasi. Jadi sayang banget, kan?

Nah, apakah kamu juga pernah mengalami kendala tersebut? Kalau iya, yuk coba jawab lima pertanyaan di bawah ini. Pertanyaan ini bisa membantu kita untuk lebih reflektif memikirkan solusi dari tantangan yang telah kita hadapi sehingga lebih bisa menentukan arah dalam membuat perubahan nyata.

1. Apakah ada pola tertentu yang secara spesifik ingin kamu ubah?

5 Pertanyaan Refleksi Sederhana Buat Kamu yang Ingin Berbenah DiriUnsplash/ Ross Findon

Tantangan yang kita hadapi di tahun ini bisa jadi terlihat banyak dan beragam, namun biasanya membentuk pola tertentu. Kita coba cari benang merah dari pola yang dimiliki tersebut dan berfokus untuk meningkatkan keterampilan di bidang terkait.

Misalnya saja, kita sering merasa murung, minder dan sebagainya ternyata karena kesepian. Kalau tidak ingin mengalami hal serupa, selanjutnya kita perlu menjaga relasi dengan lebih banyak orang.

2. Apa yang bisa menjadi penghalang kamu untuk mengubah pola tersebut?

5 Pertanyaan Refleksi Sederhana Buat Kamu yang Ingin Berbenah DiriUnsplash/ Dillon Winspear

Ketika menemukan hal yang ingin ditingkatkan, cari tahu apa tantangan yang akan dihadapi saat mengusahakan perubahan tersebut. Pilah juga apakah penyebabnya dari faktor internal yang bisa kita kontrol ataukah sebaliknya.

Mengambil dari contoh sebelumnya, beberapa dari kita mungkin sulit untuk membangun relasi dengan orang lain karena merasa cemas dan khawatir tidak disukai ketika bertemu orang baru. Nah, jika penyebabnya seperti tersebut, maka kita bisa mengatasinya dengan menanamkan pemikiran positif terhadap diri sendiri.

3. Perubahan seperti apa yang bisa kamu rasakan dari mengubah pola ini?

5 Pertanyaan Refleksi Sederhana Buat Kamu yang Ingin Berbenah DiriUnsplash/ Brooke Calge

Agar semakin semangat melakukan perubahan nih, yuk pikirkan apa saja manfaat yang kita dapatkan setelah mempraktekkan pola baru. Bayangkan kalau kita berhasil menjaga relasi dengan banyak orang, maka perasaan berharga dan layak dicintai bisa muncul menggantikan rasa kesepian. 

Baca Juga: Mau Putus dari Doi? Jawab 5 Pertanyaan Ini biar Kamu Tambah Yakin!

4. Bagaimana cara kamu agar terus mengingat keinginan perubahan ini setiap hari?

5 Pertanyaan Refleksi Sederhana Buat Kamu yang Ingin Berbenah DiriUnsplash/ Estee Jansens

Kunci dari membuat kebiasaan baru adalah konsistensi melakukannya. Nah, sebaiknya kita perlu membuat reminder untuk membantu mengingat kebiasaan baru ini. Bisa dengan membuat catatan di ponsel, menuliskannya di jurnal setiap pagi, atau di manapun yang mudah kita lihat setiap harinya.

5. Bagaimana langkah kecil yang bisa kamu lakukan untuk perubahan di hari ini?

5 Pertanyaan Refleksi Sederhana Buat Kamu yang Ingin Berbenah DiriUnsplash/ Lindsay Henwood

Alih-alih langsung melakukan perubahan drastis, akan lebih mudah jika kita melakukannya secara bertahap untuk menjaga motivasi dan mempertahankan konsistensi. Bisa dimulai dengan mencoba menghubungi teman yang sudah lama tidak berkontak, atau mencoba mengikuti kegiatan komunitas atau kesukarelawanan. Kalau pun merasa cemas saat melakukannya, tidak masalah kok mengambil jeda sejenak untuk mengingatkan kembali tujuan awal ingin mengubah kebiasaaan tersebut.

Itu dia 5 pertanyaan yang bisa kita ajukan ke diri sendiri saat ingin membuat resolusi. Sederhana, bukan? Eits, tetapi jangan lupa dipraktikkan ya agar bisa membawa perubahan berarti.

Eunike Ally Sushmita Photo Community Writer Eunike Ally Sushmita

A life-long learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Just For You