Comscore Tracker

5 Cara Atasi Sifat Temperamental, Saat Dihadapkan Banyak Masalah

Apakah kamu orang yang mudah marah?

Sifat temperamental atau seseorang yang mudah marah merupakan keadaan di mana emosi diri sering meningkat dengan cepat. Apabila gak segera kamu atasi dan membiarkannya berlarut dalam waktu yang lama, maka bisa jadi akan mengganggu kesehatan kamu, lho.

Manusia memiliki sifat temperamental yang berbeda-beda antara satu sama lain. Ada orang yang gampang banget tersinggung, marah, kesal. Namun, ada pula orang yang setiap harinya dia merasa tenang, damai, dan santai. Sifat temperamental adalah ciri khas seseorang ketika mereka merespons sesuatu. Apakah kamu termasuk orang yang mudah marah dan tersinggung? Apalagi jika kamu sedang dihadapkan dengan banyak masalah, biasanya emosi diri akan langsung meningkat dengan cepat.

Segeralah atasi dan jangan kamu biarkan berlarut, supaya kesehatan diri dan hubungan sosialmu gak terganggu. Nah, jika kamu masih sulit dan bingung bagaimana cara mengatasinya. Berikut ada lima cara yang bisa membantumu. Yuk, simak baik-baik, ya.

1. Mengenali penyebabnya 

5 Cara Atasi Sifat Temperamental, Saat Dihadapkan Banyak Masalahilustrasi orang sedang berpikir (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengenali apa saja hal-hal yang menyebabkanmu menjadi temperamen. Dengan kamu mengenali dan mengetahui penyebabnya, maka kamu akan lebih mudah nantinya dalam berdamai dengan diri sendiri. Salah satu penyebab mengapa seseorang mudah marah dan tersinggung, biasanya karena adanya masalah atau pengalaman buruk di masa lalu.

Misalnya, kamu memiliki rasa sakit hati hingga mengalami trauma, dan hal tersebut juga belum bisa kamu maafkan. Nah, inilah yang bisa menjadi sumber mudahnya dirimu tersulut emosi, ketika ada orang lain berkata sesuatu yang berkaitan dengan pengalaman burukmu itu. Jadi, saat emosi dirimu meningkat, cobalah untuk bertanya kepada diri sendiri, sebenarnya hal-hal apa saja yang membuat emosimu gak terkendali.

2. Hindari penyebab yang membuatmu mudah marah 

5 Cara Atasi Sifat Temperamental, Saat Dihadapkan Banyak Masalahilustrasi menyendiri (pexels.com/Leah Kelley)

Ketika kamu sudah mengenali dan mengetahui apa saja penyebab kamu mudah marah dan tersinggung, sekarang cobalah menghindarinya untuk sementara waktu. Memiliki sifat temperamental memang bisa membuat dirimu menjadi semakin kacau, apalagi saat sedang marah dan kesal. Oleh karena itu, saat kamu merasakan emosi diri sudah semakin tinggi, maka lebih baik pergilah untuk menyendiri terlebih dulu.

Carilah tempat yang membuatmu tenang, menjaga jaraklah dulu dari orang-orang sekitar. Hal ini mampu membantumu menenangkan diri, karena terkadang tanpa sengaja keberadaan orang lain di sekitarmu itu bisa membuatmu susah mengendalikan emosi diri. Jadi, lebih baik pergilah dulu ke tempat yang lebih tenang.

Baca Juga: 5 Cara Bijak Merespon Single Shaming, Gak Perlu Marah-marah

3. Belajar mengubah sudut pandang 

5 Cara Atasi Sifat Temperamental, Saat Dihadapkan Banyak Masalahilustrasi berpikir positif (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Salah satu hal yang menjadi ciri dari orang temperamental adalah mudah banget terpancing emosi karena pikiran negatif yang berasal dari dirinya sendiri. Oleh karena itu, belajarlah untuk mengubah sudut pandang terhadap sesuatu dari negatif ke arah yang lebih positif lagi, ya.

Pada dasarnya, pikiran yang negatif dan selalu pesimis terhadap segala hal, itu justru akan membuat sifat temperamentalmu semakin meningkat dan memperburuk suatu keadaan. Nah, makanya daripada terus berpikiran negatif dan selalu pesimis, sekarang belajarlah untuk mengubahnya menjadi lebih optimis lagi. Minimalnya kamu bisa lebih realistis saja dulu, deh.

4. Carilah dukungan dari orang lain 

5 Cara Atasi Sifat Temperamental, Saat Dihadapkan Banyak Masalahilustrasi berbicara (pexels.com/SHVETS production)

Untuk mengatasi sifat temperamental diri, kamu juga perlu mendapatkan dukungan dari orang lain. Jadi, carilah dukungan tersebut, ya. Pastikan juga dukunganmu datang dari orang-orang yang positif. Dengan begitu, sifat temperamentalmu bisa secara perlahan menurun dan kamu akan menjadi pribadi yang lebih baik lagi dari hari ke hari.

Cobalah menemui atau bertelepon dengan orang-orang terdekatmu. Bisa teman-teman, keluarga, atau siapa saja yang kamu rasa dia adalah orang yang tepat dan bisa membantumu mengatasi sifat temperamentalmu. Ini adalah salah satu cara yang baik untuk mengontrol emosi diri. Orang-orang tersebut dapat menjadi pendukungmu ketika sedang berjuang menenangkan diri.

5. Tuliskanlah tentang suasana hatimu 

5 Cara Atasi Sifat Temperamental, Saat Dihadapkan Banyak Masalahilustrasi menulis (pexels.com/Mikhail Nilov)

Mengatasi sifat temperamental seperti, mudah marah, kesal dan tersinggung bisa juga dilakukan dengan cara menulis. Tuliskanlah segala hal tentang suasana hatimu. Dengan begitu, kamu akan dapat memantau perkembangan dirimu setiap harinya. Menulis dapat membantumu dalam mengatasi sifat temperamentalmu yang kerap gak terkendali dengan baik.

Jangan lupa juga untuk menuliskan penyebab dari munculnya emosi negatifmu. Kemudian, tuliskan juga bagaimana solusi yang tepat dan dirasa sesuai dengan dirimu sendiri. Lalu, kamu amati dan tuliskan juga bagaimana respons orang lain terhadap sifatmu saat itu. Jadi, kamu akan lebih mudah dan memahami suasana hatimu sendiri, serta mengetahui juga solusi terbaik untuk mengatasi emosi yang sering kali muncul.

Itulah kelima cara mengatasi sifat temperamental yang sulit terkendali. Dengan menerapkan lima cara di atas, kamu gak akan mudah marah dan tersulut emosi ketika sedang dihadapkan dengan banyak masalah. Sifat temperamental ini sebaiknya jangan kamu biarkan begitu saja, supaya kesehatan diri sendiri dan hubungan sosialmu gak terganggu.

Baca Juga: Jangan Emosi, Ini 5 Sikap Paling Bijak Saat Harus Menerima Kritik

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya