Comscore Tracker

5 Cara Tegas Menyikapi Orang yang Hobi Mengamati Kekuranganmu 

Segera atasi sebelum bertambah parah

Setiap manusia pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kamu gak akan bisa menyenangkan hati semua orang. Sekeras apapun kamu berusaha menyenangkan orang lain, tetap saja ada celah kurangnya. Andaikan semua orang memahami hal tersebut, dunia akan terasa indah.

Namun, faktanya masih banyak orang yang menyebalkan, mereka selalu saja mengamati segala hal yang menjadi kekuranganmu. Menghadapi orang-orang seperti itu kalau kamu hanya diam dan meratapi kesedihan saja, nanti kamu sendiri yang rugi.

Memang sangat gak menyenangkan rasanya saat kamu menghadapi orang-orang yang hobinya mengamati dan mengomentari kekurangan dirimu, tanpa melihat bahwa diri mereka juga banyak kurangnya. Sekeras apapun usaha yang kamu lakukan agar bisa memberikan yang terbaik dalam kehidupan, orang-orang toxic seperti itu akan tetap hadir di dunia ini.

Supaya kamu gak sakit hati dan bersedih, sikap tegas sangat diperlukan untuk menghadapi mereka. Berikut lima cara tegas menyikapi orang-orang yang hobi banget mengamati segala kekuranganmu.

1. Tetaplah berusaha fokus melakukan yang terbaik 

5 Cara Tegas Menyikapi Orang yang Hobi Mengamati Kekuranganmu ilustrasi fokus bekerja (pexels.com/Apunto Group Agencia de publicidad)

Saat kamu merasa lemah karena mereka selalu mencari kesalahan dan kekurangan dirimu. Sebaiknya, kamu gak perlu membuang-buang waktu untuk memikirkan dan menghadapi orang-orang yang sangat toxic itu. Anggaplah mereka sebagai angin lalu saja. Gak perlu terlalu dihiraukan.

Satu hal yang pasti harus kamu lakukan saat mereka mengganggumu adalah dengan tetap berusaha untuk melakukan segala hal secara maksimal dan terbaik. Hidup hanya sekali, orang-orang seperti itu pasti akan selalu ada. Jadi, akan lebih baik dan bijak kalau kamu fokus saja pada target dan tujuan yang ingin kamu capai dalam hidup.

2. Percaya dirilah agar kamu semakin kuat 

5 Cara Tegas Menyikapi Orang yang Hobi Mengamati Kekuranganmu ilustrasi percaya diri (pexels.com/Yan Krukov)

Kamu harus tetap mempertahankan rasa percaya diri, supaya kamu tetap bisa kuat saat ada orang-orang yang mengusikmu. Jika ada orang yang menyerangmu dengan cara mengamati dan selalu mencari kekuranganmu serta dia pun berusaha menjatuhkanmu. Cobalah untuk menegakkan badan, tatap ke depan dan tunjukkan bahwa kamu pribadi yang tegar.

Jangan beri mereka perhatian sedikit pun, lebih baik abaikan saja. Saat kondisi sedang seperti ini, sebenarnya satu-satunya hal yang harus kamu perhatikan adalah dirimu sendiri. Ini dilakukan agar kamu bisa kuat menghadapi orang licik macam mereka itu. Terus kuatkan dirimu, ya.

Baca Juga: 5 Tanda yang Menunjukkan Kamu Kurang Disukai Orang-orang di Sekitarmu

3. Penting untuk selalu memotivasi diri 

5 Cara Tegas Menyikapi Orang yang Hobi Mengamati Kekuranganmu ilustrasi merenung (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Jadikan hal-hal negatif sebagai sarana untuk memotivasi diri. Tanamkan dalam diri bahwa segala kritikan, ketakutan, kebencian, hambatan, kekecewaan dan kesedihan yang kamu rasakan sebagai hal yang bisa memotivasi diri agar menjadi lebih kuat, berani, bijaksana, dan lebih bersemangat menjalani hidup.

Pahamilah bahwa ada hal-hal yang gak bisa kamu kendalikan, seperti halnya orang lain memandang dirimu. Tapi, percayalah ada satu hal yang bisa kamu kendalikan yaitu caramu dalam merespons orang lain. Orang yang gak menyukaimu, pasti akan selalu mencari cara dan alasan untuk tetap membencimu, dan hal itu gak perlu menjadi beban pikiranmu.

4. Jadilah orang yang berprestasi 

5 Cara Tegas Menyikapi Orang yang Hobi Mengamati Kekuranganmu ilustrasi berprestasi (pexels.com/Kampus Production)

Jika mereka terus mengamati dan mencari segala kekuranganmu, intinya mereka itu hanya iri padamu. Sebenarnya mereka ingin seperti kamu, hanya saja gak mampu melakukannya. Lalu bagaimana menghadapinya? Jangan patah semangat untuk terus membuat prestasi dari diri kamu.

Percayalah, satu hal yang paling membuat mereka sebal adalah melihat orang yang dibencinya itu berbahagia, berprestasi dan sukses. Jadi, jika kamu ingin melihat mereka menderita, salah satu cara yang efektif adalah tetaplah fokus dalam berkarya dan ciptakan prestasi.

Mungkin akan terkesan seperti balas dendam, tapi ini lebih baik daripada kamu terus-menerus bersedih. Akan lebih bagus jika kamu menjadikan mereka sebagai pemicu adrenalin untuk meraih tujuan, bukan?

5. Berusahalah untuk bereaksi dengan tenang 

5 Cara Tegas Menyikapi Orang yang Hobi Mengamati Kekuranganmu ilustrasi tersenyum (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Memang wajar jika kamu merasa gak nyaman dan terusik dengan kehadiran mereka. Namun, berusahalah untuk bereaksi dengan tenang saat menghadapi orang-orang yang menjengkelkan itu.

Jika mereka secara terus-menerus mengusikmu dengan cara mengamati, mencari kekuranganmu dan berusaha menjatuhkanmu. Tak perlu bersedih hingga patah semangat, ya. Tetaplah tenang dan teruslah melakukan yang terbaik dalam hidup. Buat dan jadikan kesempatan hidup di dunia ini lebih bermakna dan memberi banyak arti serta kebaikan kepada sesama.

Kamu perlu menyadari juga bahwa gak semua orang akan selalu satu pemikiran dan mendukung kamu terus. Mengapa demikian? Karena kamu gak mempunyai kuasa atas orang lain. Begitu pula dengan mereka yang juga gak mempunyai kuasa untuk mengendalikanmu. Jadi, tetaplah berbahagia dengan caramu dan bersikap tegaslah jika ada orang-orang yang hobi banget mengamati dan mengomentari kekuranganmu.

Baca Juga: 5 Sikap yang Hanya Ditunjukkan Orang-orang Berkualitas, Kamu Termasuk?

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

IG: adelbertha_eva

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya