Comscore Tracker

5 Cara Santai Berterus Terang Mengenai Keinginan Diri pada Orang Lain

Apa kamu kerap mengalami kesulitan mengungkapkan perasaan?

Gak sedikit orang yang mengalami kesulitan untuk mengungkapkan isi hatinya, termasuk menyampaikan perihal keinginan dirinya kepada orang lain. Terkadang kamu merasa gugup, canggung, bahkan gak enak untuk mengungkapkannya. Bukan hanya karena malu, namun bisa juga rasa canggung dan gak enak tersebut muncul akibat kamu merasa takut jika nantinya akan menyakiti perasaan orang lain.

Nah, gak perlu khawatir dan bingung, karena selalu ada solusi terbaik dari setiap permasalahan. Hal-hal yang kamu alami itu, berkaitan juga dengan cara berkomunikasi asertif yaitu, kemampuan seseorang untuk menyampaikan keinginan dirinya kepada orang lain. Namun, dengan tetap menjaga perasaan dari orang lain. Apakah kamu tertarik untuk mempelajarinya, agar bisa tetap santai saat berterus terang mengenai keinginan dirimu kepada orang lain? Berikut lima cara yang bisa kamu lakukan.

1. Kamu harus bisa menghargai dirimu sendiri terlebih dulu 

5 Cara Santai Berterus Terang Mengenai Keinginan Diri pada Orang Lainilustrasi menghargai diri sendiri (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Langkah pertama untuk mempelajari cara berkomunikasi asertif, agar kamu bisa berterus terang kepada orang lain perihal keinginan hati yaitu, kamu harus bisa menghargai dirimu sendiri terlebih dulu. Dengan begitu, kamu akan bisa membentuk pribadimu menjadi lebih tegas dan yakin pada nilai dan prinsip yang kamu pegang.

Nah, keyakinan diri inilah yang menjadi dasar kuat dari cara berkomunikasi asertif. Hal tersebut, mampu membuatmu lebih sadar dan menyakini bahwa dirimu memanglah layak untuk diperlakukan dengan baik. Selanjutnya, untuk memulai berterus terang kepada orang lain pun, akan lebih mudah dan santai dalam mengungkapkannya.

2. Selalu bersikap terbuka terhadap kritik dan saran dari orang lain 

5 Cara Santai Berterus Terang Mengenai Keinginan Diri pada Orang Lainilustrasi bersikap terbuka terhadap kritik dan saran (pexels.com/RODNAE Productions)

Cara selanjutnya agar kamu bisa santai setiap akan mengungkapkan isi hati kepada orang lain adalah bersikap terbukalah terhadap kritik dan saran yang orang lain berikan kepadamu. Dengan begitu, kamu akan mampu memberikan respons yang baik terhadap segala umpan balik, entah itu yang positif maupun negatif dengan tepat dan santai.

Namun, apabila kamu merasa ada yang kurang tepat atau kurang menyukai kritik yang kamu terima itu, maka kamu juga boleh untuk menyampaikannya. Akan tetapi, ingat, ya lakukanlah dengan cara-cara yang baik, bukan dengan cara bersikap bertahan. Seseorang yang mampu bersikap terbuka terhadap saran dan kritik, biasanya ketika dia ingin berterus terang mengenai keinginan dirinya. Dia bisa sangat santai, tenang dan terarah.

Baca Juga: 5 Cara Miliki Pikiran Terbuka agar Gak Terbebani Perspektif Orang Lain

3. Dengarkan lawan bicaramu dan ajukan pertanyaan 

5 Cara Santai Berterus Terang Mengenai Keinginan Diri pada Orang Lainilustrasi mendengarkan (pexels.com/Katerina Holmes)

Dua aspek yang sangat penting dalam terjalinnya komunikasi efektif dan baik yaitu, kemampuan mendengarkan orang lain dan mengajukan pertanyaan kepada mereka. Ketika sedang membangun percakapan dengan orang lain, termasuk salah satunya dalam hal mengungkapkan keinginan diri secara terus terang.

Cobalah untuk mendengarkan juga orang lain ketika mereka bergiliran berbicara. Dengarkanlah dengan cermat dan baik mengenai hal-hal apa saja yang lawan bicaramu sampaikan. Kemudian, supaya kamu bisa menerimanya dengan lebih jelas lagi, cobalah ajukan pertanyaan kepadanya. Dengan begitu, kamu bisa memahami perspektif orang lain.

4. Berusahalah tetap tenang saat kamu berterus terang 

5 Cara Santai Berterus Terang Mengenai Keinginan Diri pada Orang LainIlustrasi orang berbicara (pexels.com/cottonbro)

Menyampaikan keinginan diri secara terus terang kepada orang lain, memang kerap membuatmu gugup saat berbicara. Akan tetapi, supaya kamu bisa santai dalam melakukannya, cobalah untuk tetap tenang, ya. Ketika kamu bisa menenangkan diri, maka semuanya akan berjalan mengalir secara alami, dan lama-lama rasa gugup pun akan menghilang.

Jangan ragu dan malu untuk menatap mata orang yang berbicara denganmu. Gak perlu canggung, yang terpenting kamu mampu menjaga ekspresi wajahmu, agar bisa terlihat tenang. Setelah itu, mulailah ungkapkan keinginan dirimu kepada orang lain dengan nada suara yang lembut dan normal, serta pilihlah juga kata-kata yang sopan.

5. Mengendalikan pikiranmu 

5 Cara Santai Berterus Terang Mengenai Keinginan Diri pada Orang Lainilustrasi berpikir (pexels.com/Snapwire)

Perlu kamu ketahui bahwa salah satu cara canggih, agar kamu bisa tetap santai saat berterus terang mengungkapkan keinginan diri kepada orang lain adalah dengan mengendalikan pikiranmu sendiri. Pikiran adalah kunci dari terkendalinya emosi dan tingkah laku seseorang, lho. Jadi, supaya kamu bisa santai saat berbicara jujur tentang keinginanmu, maka belajarlah dulu mengendalikan pikiranmu.

Apa yang kamu pikirkan mengenai diri setiap harinya itu memengaruhi cara pandangmu terhadap diri sendiri. Jika kamu memiliki pikiran positif, seperti yakin bahwa kamu akan selalu bisa berkomunikasi dengan baik, maka pikiranmu tersebut bisa mendorongmu menjadi pribadi yang seperti itu. Caramu dalam menyampaikan isi hati kepada orang lain, juga dapat terpengaruh dari apa yang ada dalam pikiranmu selama ini.

Itulah kelima cara santai yang bisa kamu lakukan, ketika berniat berbicara secara terus terang kepada orang lain, untuk menyampaikan keinginan diri. Bagi kamu yang sering merasa kesulitan dalam mengungkapkan isi hati dan perasaan kepada orang lain. Jangan berkecil hati, tetaplah semangat untuk melatih diri dengan menerapkan cara-cara di atas.

Kelima cara tersebut merupakan langkah yang tepat untuk kamu belajar berkomunikasi secara asertif. Dengan begitu, berterus terang mengenai perasaan sendiri kepada orang lain, bukan lagi suatu hal yang menjadi hambatan bagimu.

Baca Juga: 5 Cara Sehat Berterus Terang pada Pasangan saat Ingin Putus

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

IG: adelbertha_eva

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya