Comscore Tracker

5 Hal Efektif Membantumu Temukan Potensi Diri yang Masih Tersembunyi 

Siapa tahu ada potensi besar dalam diri 

Masih banyak orang yang belum bisa mengenali dan memahami dirinya dengan baik, sehingga potensi dalam dirinya sendiri pun masih belum disadari. Apakah kamu juga mengalaminya? Karena kamu kurang mampu dalam mengenali diri, kamu menjadi kurang bisa menggali lebih dalam lagi mengenai kelebihan yang kamu miliki.

Jika kamu membiarkannya, maka bisa jadi potensi diri akan terus terpendam. Apabila suatu saat kamu ditanya seseorang tentang potensi apa yang kamu miliki, tentu hal ini membuatmu bingung dalam menjawabnya. Padahal, mengetahui potensi diri itu sangat bermanfaat untuk karier dan kehidupan pribadimu. Nah, jika kamu sendiri gak mengetahui apa potensimu, lalu bagaimana caramu untuk mengembangkannya?

Untuk mengenali diri sendiri memang gak mudah, pasti membutuhkan waktu dan proses. Namun, jika kamu mampu mengenali diri dan menemukan potensi dalam diri, serta kamu mampu mengembangkannya, hal tersebut bisa mengantarkanmu menuju tujuan hidup yang kamu inginkan. Nah, jika kamu ingin menemukan potensi diri yang masih tersembunyi. Berikut ada lima hal yang bisa kamu lakukan untuk menemukannya.

1. Jangan ragu dalam membuat keputusan 

5 Hal Efektif Membantumu Temukan Potensi Diri yang Masih Tersembunyi ilustrasi membuat keputusan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Hal pertama yang perlu kamu lakukan agar potensi diri yang masih tersembunyi dapat ditemukan adalah dengan berani membuat keputusan, putuskanlah bahwa dirimu ingin terus belajar untuk berkembang dan menjadi lebih baik dari sebelumnya. Hal tersebut bisa menjadi sebuah dorongan dalam diri untuk terus maju. Lebih ringkasnya, hal ini merupakan bentuk dari niat yang sungguh-sungguh untuk menemukan potensi diri.

Ketika kamu sudah memiliki niat yang kuat, maka kamu akan berupaya melakukan berbagai hal dan cara agar potensi diri yang tersembunyi bisa muncul. Ingatlah bahwa semua hal yang akan kamu lakukan untuk mencapai tujuan itu berawal dari sebuah niat yang kuat dari dalam diri. Apabila suatu saat keputusan yang kamu ambil mengalami kendala, maka jangan langsung menyerah begitu saja. Jadikan kendala tersebut sebagai sebuah pelajaran untuk membuatmu semakin berpikir lebih tajam lagi.

2. Mengenali diri sendiri 

5 Hal Efektif Membantumu Temukan Potensi Diri yang Masih Tersembunyi ilustrasi orang bercermin (pexels.com/John Diez)

Belajarlah untuk lebih mengenali dan memahami tentang dirimu sendiri. Hal ini penting karena dapat membantumu mengetahui kelebihan dan kekuranganmu. Jika kamu masih ragu dengan kemampuanmu dalam mengenali diri, kamu bisa mencoba menanyakan tentang dirimu ke orang lain. Tanyakan kepada mereka bagaimana mereka melihat dirimu selama ini.

Mungkin beberapa teman atau orang dekat yang kamu ajukan pertanyaan tentang dirimu, gak enak hati ketika memberitahumu secara jujur dan langsung. Namun, apabila kamu meminta mereka untuk berpendapat secara jujur serta kamu juga memberi tahu apa maksud dan tujuanmu bertanya, pasti mereka akan menjawabnya secara jujur. Apa pun yang mereka katakan, cobalah untuk menerimanya dengan lapang dada dan jangan tersinggung. Ingatlah tujuanmu bertanya adalah untuk mengenali diri agar bisa menemukan potensi yang kamu miliki.

Baca Juga: 5 Cara Gali Potensi Diri untuk Mencapai Titik Karier Terbaik

3. Jangan takut dengan sebuah kegagalan 

5 Hal Efektif Membantumu Temukan Potensi Diri yang Masih Tersembunyi ilustrasi orang bekerja (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Untuk bisa menemukan potensi diri yang tersembunyi sebaiknya kamu juga harus berani menghadapi sebuah kegagalan yang bisa saja menimpamu. Hilangkan pemikiran negatif tentang kegagalan, karena itu dapat membuatmu semakin ragu dengan potensi yang kamu miliki. Percayalah bahwa sebuah kegagalan itu bukanlah sesuatu yang dapat menghalangimu untuk menemukan potensi diri dan gak akan menghambatmu juga dalam mengembangkannya.

Jika kamu ingin bisa menemukan potensi yang masih tersembunyi dalam diri, maka milikilah pola pikir bahwa kegagalan adalah sesuatu hal yang wajar terjadi pada setiap orang yang sedang berusaha mencapai kesuksesan. Oleh karena itu, jangan pernah merasa takut pada sebuah kegagalan, lebih baik jadikan saja hal tersebut sebagai sebuah pelajaran dan motivasi untuk kamu bisa berjuang lebih keras lagi dalam mencapai tujuan yang kamu inginkan.

4. Tentukan tujuan yang kamu inginkan 

5 Hal Efektif Membantumu Temukan Potensi Diri yang Masih Tersembunyi ilustrasi mempunyai tujuan dan rencana (pexels.com/Anastasiya Gepp)

Menentukan tujuan merupakan hal penting untuk bisa menemukan potensi diri. Tujuan akan mengarahkanmu ke hal-hal yang memang seharusnya kamu lakukan untuk bisa mencapai sesuatu yang kamu inginkan. Jadi, ketika kamu ingin lebih mengembangkan potensi diri yang nantinya sudah kamu temukan, kamu juga harus mengetahui dengan pasti untuk tujuan apa potensimu akan digunakan.

Dalam menentukan tujuan, sebaiknya jangan hanya sekadar tujuan yang masih bersifat umum, seperti ingin menjadi orang sukses atau orang yang kaya saja, melainkan tentukan juga tujuan-tujuan kecilnya yang lebih spesifik. Hal itu akan sangat membantumu dalam melangkah menuju tujuan yang lebih besar. Selain itu, dengan menentukan tujuan, kamu juga bisa lebih bersemangat untuk menggapainya.

5. Hentikan kebiasaanmu yang selalu membandingkan diri dengan orang lain 

5 Hal Efektif Membantumu Temukan Potensi Diri yang Masih Tersembunyi ilustrasi orang terkejut melihat pencapaian orang lain (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Biasanya ketika kamu mencapai sesuatu keberhasilan, lalu kamu melihat orang lain bisa mencapai hal yang lebih besar darimu, yang banyak terjadi kamu akan membandingkan pencapaianmu dengan orang lain itu. Bahkan, saat sedang membandingkannya, kamu akan merasa bahwa keberhasilan yang kamu capai itu biasa saja.

Itu adalah cara pandang yang keliru. Sebaiknya, ketika melihat orang lain mencapai sesuatu yang lebih besar, jadikan hal tersebut sebagai motivasimu untuk berusaha lebih keras lagi. Apabila kamu membandingkannya dengan pencapaianmu dan kamu menjadi merasa gak pantas untuk membanggakan diri, kamu gak akan pernah bisa menemukan potensi dalam diri yang masih tersembunyi.

Itulah kelima hal yang efektif banget untuk kamu lakukan, jika ingin menemukan potensi diri. Siapa tahu dalam dirimu ternyata ada potensi besar yang belum kamu sadari dan itu gak dimiliki oleh orang lain juga. Nah, ketika kamu sudah menemukannya, maka teruslah kembangkan lagi potensimu, agar menjadi semakin besar dan bermanfaat untuk diri sendiri serta orang lain.

Baca Juga: 5 Tips Menambah Value agar Dapat Memaksimalkan Potensi Diri

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

IG: adelbertha_eva

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya