Comscore Tracker

5 Langkah Realistis Keluar dari Zona Nyaman, Gak Seram Kok 

Bukan nekat, tapi berusaha melawan rasa takut 

Mengapa kamu enggan keluar dari zona nyaman? Padahal, kalau terus berdiam diri dan menikmati zona itu kamu gak akan berkembang. Sayang sekali, masih ada banyak orang yang takut untuk keluar dari zona nyaman. Apakah kamu termasuk salah satunya?

Sebenarnya, ada banyak manfaat kalau kamu mau dan berani keluar dari zona nyaman tersebut. Hidupmu jadi gak akan datar-datar saja. Kamu bisa lebih mengekslporasi diri dan mencoba hal-hal baru.

Memang gak mudah, sih, tapi dengan tekad yang kuat sambil melakukan lima langkah di bawah ini, dijamin kamu akan mampu keluar dari zona nyaman. Cek, ya!

1. Hadapi rasa takut 

5 Langkah Realistis Keluar dari Zona Nyaman, Gak Seram Kok ilustrasi berbicara di depan umum (pexels.com/Dani Hart)

Bukan untuk dihindari, cari tahu dan kenali rasa takutmu. Kemudian, hadapi itu. Pertama, kamu harus menerima rasa takut itu. Lalu beranikanlah diri untuk melawannya.

Misalnya, kamu takut berbicara di depan umum. Grogi banget rasanya. Atau, kamu takut sama yang namanya penolakan dan lainnya. Nah, kamu list dulu ketakutan kamu sebelum kamu menghadapinya, ya.

2. Tuliskan cara-cara untuk melawan rasa takut itu 

5 Langkah Realistis Keluar dari Zona Nyaman, Gak Seram Kok ilustrasi menulis (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Banyak juga rasa takut yang sebenarnya hanya perasaanmu saja. Terkadang, orang merasa takut akan sesuatu karena sekedar takut. Tapi, mereka gak tahu pasti alasannya.

Misalnya, saat kamu akan presentasi di depan banyak orang, kamu takut nantinya kalau lupa mau berbicara apa. Nah, solusinya adalah siapkan kertas atau gawai kamu untuk mencatat poin-poin pentingnya.

Dari hal itu kamu tentu bisa belajar, dong, bahwa segala permasalahan atau ketakutan kamu sebetulnya pasti bisa diatasi. Hanya saja, kamu harus jeli mem-breakdown problematika tersebut satu persatu sebelum benar-benar bisa mengatasinya.

Baca Juga: 5 Dampak Buruk Asmaramu Jika Berada di Zona Nyaman Terlalu Lama

3. Cari tahu lalu kamu bandingkan antara untung dan ruginya 

5 Langkah Realistis Keluar dari Zona Nyaman, Gak Seram Kok ilustrasi membandingkan (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Kalau kamu takut akan sesuatu dan kamu memberanikan diri untuk melakukannya, coba cari tahu keuntungan dan kerugian apa saja yang akan kamu dapatkan.

Bandingkan lebih banyak yang mana. Apakah banyak untung atau ruginya? Nah, setelah itu kamu pikirkan kembali, ya. Kalau ternyata banyak keuntungan yang akan kamu dapatkan, jangan takut lagi! Mulailah beranikan diri untuk melakukannya.

4. Ingatkan pada diri bahwa kegagalan saat mencoba adalah hal yang biasa 

5 Langkah Realistis Keluar dari Zona Nyaman, Gak Seram Kok ilustrasi pantang menyerah (pexels.com/Ivan Samkov)

Setelah berani melakukannya, tentu akan ada potensi kalau kamu gak akan selalu berhasil. Jika ternyata kamu gagal, ingat untuk jangan langsung berkecil hati, ya.

Mencoba sesuatu yang baru itu gak rugi, kok. Tetap akan ada sesuatu yang kamu dapatkan dalam prosesnya.

Gagal saat sedang mencoba hal baru itu lebih baik, kok, dari pada tidak melakukan apapun.

5. Lakukanlah meski dari hal-hal kecil

5 Langkah Realistis Keluar dari Zona Nyaman, Gak Seram Kok ilustrasi mengerjakan sebuah proyek (pexels.com/Buro Millennial)

Mulailah dari hal-hal yang kecil, sederhana, dan pastinya step by step. Semua perubahan memang membutuhkan waktu untuk berproses.

Lebih bijak kamu memikirkan langkah-langkahnya dari yang paling kecil terlebih dahulu, baru meningkat ke yang lebih besar jika sudah berhasil mengatasi proses-proses kecil itu tadi.

Kelima langkah yang akan membawamu keluar dari zona nyaman di atas sungguh realistis, bukan? Pasti kamu bisa melakukannya, kok. 

Namun, jika saat melakukannya kamu mengalami kegagalan. Jangan bersedih dan putus asa, ya! Tetap semangat dan berkomitmen adalah kuncinya.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Berhasil Keluar dari Zona Nyaman, Selamat!

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya