Comscore Tracker

5 Motivasi untuk Kamu yang Merasa Hidupnya Datar-datar Saja 

Tak perlu membanding-bandingkan dengan hidup orang lain 

Apakah kamu merasa hidupmu datar-datar saja? Semua tampak biasa di matamu. Mengapa kamu bisa merasa seperti itu? Hayo ngaku, pasti kamu hobi banget melihat linimasa media sosial, kan?

Saat kamu melihat informasi yang muncul pada linimasa media sosial, hal pertama yang biasa dilakukan seseorang adalah membanding-bandingkan segala hal yang muncul dengan kehidupan pribadi kamu. Perbandingan soal pekerjaan, percintaan, karier, cita-cita dan lainnya.

Setiap melihat unggahan baru yang muncul yang menurutmu tampak sangat menakjubkan, terkadang hal itu membuatmu minder. Ada rasa rendah diri saat kamu merasa hidup kamu datar-datar saja. Meski begitu, sebenarnya gak ada yang salah dengan hidupmu yang kamu rasa datar. Sebab setiap kehidupan orang itu mempunyai keindahannya dan keunikannya masing-masing. Yuk, simak lima pesan berikut agar kamu semakin termotivasi dan bersyukur.

1. Kamu sangat luar biasa karena masih bisa bertahan sampai sejauh ini 

5 Motivasi untuk Kamu yang Merasa Hidupnya Datar-datar Saja ilustrasi perempuan (pexels.com/Pixabay)

Berterima kasihlah pada dirimu sendiri karena sudah mampu bertahan hingga di titik ini. Itu adalah hal yang sangat luar biasa. Gak mudah untuk bertahan, karena kamu harus melewati berbagai tantangan hidup yang penuh dengan liku. Itu sudah sangat baik dan lebih dari cukup.

Meskipun, saat ini kamu merasa hidupmu datar-datar saja, tapi bisa bertahan sampai sekarang itu adalah sebuah hal yang istimewa. Patut untuk disyukuri karena bisa bertahan dan tetap berjuang serta tegar dalam menghadapi setiap cobaan yang menimpa.

2. Kamu perlu tahu dan memahami bahwa titik awal perjalanan seseorang itu gak sama 

5 Motivasi untuk Kamu yang Merasa Hidupnya Datar-datar Saja ilustrasi merenung (pexels.com/Omar López)

Pahamilah hal ini, kamu yang merasa hidupnya datar-datar saja, coba lihatlah lebih dalam pada orang-orang yang kamu anggap hidupnya berwarna. Apakah titik awal dalam menjalani kehidupan ini, kalian berada pada titik yang sama? Tentu gak, bukan?

Setiap orang mempunyai titik awalnya masing-masing. Kamu gak perlu terus meratapi kehidupanmu sendiri karena melihat orang lain dari kulitnya saja. Itu hanya akan membuat sinar kehidupanmu semakin meredup. Titik awal seseorang memulai perjalanan hidup dan proses yang dilalui itu berbeda.

Kamu mungkin menganggap bahwa hidupmu datar-datar saja, sehingga kamu gak bersemangat setiap harinya. Percayalah, sebenarnya sudah ada banyak rintangan yang kamu hadapi dan berhasil kamu lalui. Sadarilah bahwa itu merupakan kehebatan yang dirimu miliki.

Baca Juga: 5 Cara Menjalani Hidup yang Bukan Pilihanmu, Semua Bisa Bahagia

3. Setiap orang mempunyai peran penting dalam hidup, termasuk kamu 

5 Motivasi untuk Kamu yang Merasa Hidupnya Datar-datar Saja ilustrasi percaya diri (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Jangan merasa minder dengan diri kamu, setiap orang mempunyai peran penting yang gak bisa digantikan oleh orang lain. Sekecil apapun peran yang kamu miliki, itu tetap berharga untuk kehidupan. Meskipun kamu baru sedikit memberikan kontribusi, tetap saja itu sangat bermakna dan bermanfaat.

Percayalah, kamu itu mempunyai posisi sendiri yang juga gak kalah istimewanya dari orang lain. Bisa jadi kamu menganggap dirimu biasa-biasa saja, hidupmu gak berwarna seperti yang lainnya. Tapi, coba rasakan lagi, malahan sebetulnya dalam kehidupanmu saat ini ada kebahagiaan yang gak bisa ditukar dengan apapun.

4. Setiap orang mempunyai waktunya masing-masing 

5 Motivasi untuk Kamu yang Merasa Hidupnya Datar-datar Saja ilustrasi meratapi kehidupan (pexels.com/Ali Pazani)

Zona waktu wilayah saja berbeda, apalagi zona waktu dalam kehidupan manusia, itu juga pasti berbeda-beda. Melihat dan menjadikan kesuksesan orang lain sebagai motivasi, itu gak salah. Siapa tahu dengan seperti itu, kamu menjadi terpacu untuk lebih semangat lagi dalam memperbaiki diri.

Namun, kamu juga perlu menyadari bahwa setiap manusia itu mempunyai waktunya masing-masing. Perjalanan hidup seseorang gak ada yang sama persis. Saran untuk kamu, sebaiknya fokuslah pada sesuatu yang bisa kamu kontrol. Perbaiki yang masih kurang dari hidupmu. Jadi, kamu gak perlu meratapi kehidupan dan menghabiskan waktu hanya untuk membandingkan mengapa hidupmu tak seindah kehidupan orang lain.

5. Renungkan dan sadari bahwa gak semua hal bisa kamu kendalikan 

5 Motivasi untuk Kamu yang Merasa Hidupnya Datar-datar Saja ilustrasi merenung (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Terkadang hidupmu mungkin berjalan gak sesuai harapan, dan itu gak menjadi masalah. Gak perlu menyalahkan siapa-siapa atau keadaan, bahkan diri sendiri. Selalu yakinkan diri bahwa akan ada kesempatan lagi untuk memperbaiki segalanya dan membuat hidup lebih bermakna.

Kamu perlu menyadari bahwa gak semua hal bisa ada dalam kendalimu. Tak perlu kamu ambil pusing juga, yang terpenting adalah jangan patah semangat untuk terus berjuang melakukan yang terbaik dalam kehidupan ini.

Hidupmu mungkin terasa datar-datar saja, tapi percayalah tetap saja ada keindahan dan keistimewaan sendiri yang kamu pasti miliki dalam kehidupan sehari-harimu. Selalu bersyukur dan semoga kamu tetap semangat menjalani hidup dengan selalu menghadirkan tawa dan gembira untuk siapa saja. Jadilah bermanfaat untuk orang lain, maka hidupmu gak lagi terasa datar.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Bermanfaat buat Ngisi Waktu Luang Kamu, Pasti Seru

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

IG: adelbertha_eva

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya