Comscore Tracker

5 Tips agar Berani Mengeksekusi Ide yang Muncul Saat Kamu Melamun

Takut gagal bisa menghambatmu untuk sukses 

Apakah kamu sering memikirkan ide-ide cemerlang? Kamu selalu mempunyai banyak ide saat sedang melamun. “Wah, kalau kayak gini pasti asyik. Kalau kayak gitu pasti seru”. Tapi, itu hanya ada dalam pikiran saja.

Kamu gak pernah berani untuk mencoba mengeksekusi ide-ide yang muncul. Ada beberapa alasan mengapa kamu gak berani melakukannya. Pada umumnya seseorang menyukai sesuatu yang pasti. Jadi, hanya mau melakukan hal-hal yang familiar saja baginya. Dan sudah tahu juga hasilnya pasti seperti itu saja. Sederhanya, hal-hal itu sudah membuat seseorang nyaman.

Nah, ide-ide yang sering muncul dalam pikiran saat kamu sedang melamun biasanya selalu di luar zona nyaman, bukan? Jadi, bagaimana supaya bisa berani mengeksekusi ide-ide itu? Jawabnya simpel banget. Coba saja dulu! Berikut lima tipsnya.

1. Jangan hanya fokus ke gagalnya, tapi fokuslah juga ke berhasilnya 

5 Tips agar Berani Mengeksekusi Ide yang Muncul Saat Kamu Melamunilustrasi bersemangat (pexels.com/Michael Burrows)

Alasan mengapa kamu takut mencoba hal baru adalah karena kamu belum pernah mencoba tapi sudah takut duluan. Solusinya adalah coba saja dulu.

Kamu selalu mempunyai dua kemungkinan saat sedang mencoba hal-hal baru. Pertama, kamu akan gagal. Kedua, kamu akan berhasil. Jadi, mengapa harus fokus pada gagalnya saja? Mengapa kamu gak fokus ke keberhasilannya juga?

Sebenarnya kamu gak perlu takut gagal. Kalaupun kamu gagal tapi kamu belajar dari kegagalan itu. Kamu sudah meningkatkan kualitas dirimu, lho.

2. Fokus ke prosesnya 

5 Tips agar Berani Mengeksekusi Ide yang Muncul Saat Kamu Melamunilustrasi menikmati proses (pexels.com/Armin Rimoldi)

Daripada selalu memikirkan tentang gagal atau berhasilnya terus. Lebih baik, kamu juga perlu fokus ke prosesnya juga.

Saat kamu sedang belajar hal-hal baru. Kamu secara otomatis juga akan mendapatkan ilmu baru. Dan itu membuatmu semakin berkembang. Semakin kamu menghargai dan menikmati prosesnya. Itu bisa membuatmu lebih santai.

Hal itu dikarenakan kamu akan mempunyai pikiran bahwa seperti apapun nanti hasilnya. Intinya kamu sedang belajar. Dan ilmu yang didapat pasti juga akan bermanfaat ke depannya.

Baca Juga: 6 Cara Gokil Content Creator Menemukan Ide Unik tanpa Batas

3. Hindari hal-hal yang membuatmu terdistraksi 

5 Tips agar Berani Mengeksekusi Ide yang Muncul Saat Kamu Melamunilustrasi perempuan memegang ponsel (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Suara bising, notifikasi pada media sosial kamu, chat dari gebetan dan hal lainnya yang bisa mengganggu fokusmu. Hindari hal-hal seperti itu, ya.

Saat kamu gak mendengar atau melihat hal-hal yang mendistraksi. Maka, pikiran kamu akan bisa menjadi lebih fokus dan akan membuatmu berani mencoba hal baru yang muncul dalam pikiran.

4. Terapkan sistem reward and punishment 

5 Tips agar Berani Mengeksekusi Ide yang Muncul Saat Kamu Melamunilustrasi makanan kesukaan (pexels.com/Bekir Donmez)

Tips ini ampuh untuk membuat kamu berani mengeksekusi ide-ide dalam pikiranmu. Coba terapkan sistem reward and punishment untuk dirimu sendiri.

Jadi, kalau kamu berhasil. Berilah hadiah untuk dirimu. Misalnya, menonton film atau membeli makanan kesukaan dan sebagainya. Begitu pula sebaliknya. Kalau kamu belum berhasil, beri hukuman seperti gak boleh makan ice cream selama satu minggu atau yang lainnya.

Apapun itu caranya, sah-sah saja, kok. Yang terpenting bisa membuatmu semangat dalam mencoba hal-hal baru untuk mengeksekusi ide-ide cermerlang dalam pikiran.

5. Yakinkan dalam diri bahwa mencoba hal baru itu baik 

5 Tips agar Berani Mengeksekusi Ide yang Muncul Saat Kamu Melamunilustrasi berpikir positif (pexels.com/Radu Florin)

Wajar dan bisa dipahami kalau kamu merasa takut dan khawatir saat mencoba hal baru. Namun, cobalah alihkan pikiran itu menjadi lebih positif.

Percayalah, mencoba hal baru yang positif itu pasti baik. Supaya kamu bisa semakin yakin. Tuliskan beberapa keuntungan yang akan kamu dapatkan dari mencoba hal itu.

Dari situ, kamu akan bisa mempertimbangkan kemungkinan baik dan buruknya. Kamu jadi mempunyai acuan cara dan solusi untuk mengeksekusi ide-ide yang muncul itu.

Ketika kamu mencoba sesuatu yang baru. Kemungkinan gagal atau berhasil itu sama-sama gak bisa diprediksi. Mengapa begitu? Ya, karena kamu sedang mencoba hal baru.

Jadi, kamu gak akan tahu bagaimana hasilnya kalau kamu gak mencobanya. Ide-ide yang sering muncul saat sedang melamun itu memang belum pasti. Itu juga di luar zona nyaman.

So, kalau belum pernah mencoba. Jangan takut gagal duluan. Tips yang paling efektif untuk ini adalah coba saja dulu.

Baca Juga: 7 Ide Simpel dan Positif untuk Mengatasi Rasa Kesepianmu

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Hallo,, Senang bisa menceriakan hari-hari Anda. IG: adelbertha_eva

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya