Comscore Tracker

5 Tips Jalani Hidup Apa Adanya, Gak Banyak Gaya Tetap Bahagia

Daripada foya-foya, lebih baik meningkatkan penghasilan 

Hidup apa adanya bukan berarti gak mempunyai apa-apa. Dalam hal ini, supaya kamu bisa lebih tenang dan bahagia menjalani hidup, terapkanlah gaya hidup yang sederhana.

Di zaman sekarang, gaya hidup orang tentu ada bermacam-macam. Ada orang yang hobi berfoya-foya, ada juga yang hobi berbagi kepada yang membutuhkan, dan masih banyak gaya-gaya hidup yang lainnya.

Gaya yang kurang bijak itu ketika orang yang bisa dikatakan biasa saja, tapi gayanya bak orang kaya yang hobi hura-hura. Nah, ini yang akan membuat kamu gak bahagia. Cuma demi terlihat keren semata, kamu sampai rela menghambur-hamburkan uang.

Percayalah hidup apa adanya itu lebih asyik, kok. Penasaran bagaimana caranya dan manfaat apa saja yang akan kamu dapatkan? Yuk, simak penjelasan berikut.

1. Terima diri sendiri 

5 Tips Jalani Hidup Apa Adanya, Gak Banyak Gaya Tetap Bahagiailustrasi tersenyum dan bersyukur (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Kalau kamu menginginkan sesuatu itu boleh, kok. Namun, kamu juga perlu mensyukuri atas apa yang kamu miliki saat ini.

Menjalani hidup apa adanya yang bisa membuatmu bahagia adalah dengan menerima diri sendiri terlebih dulu. Bersyukurlah dengan segala yang telah kamu miliki.

2. Gak perlu mengikuti gaya hidup orang lain 

5 Tips Jalani Hidup Apa Adanya, Gak Banyak Gaya Tetap Bahagiailustrasi dua orang perempuan (pexels.com/Crina Doltu)

Melakukan hal-hal yang kamu sukai merupakan salah satu cara yang mampu membuat batinmu merasa damai. Oleh karena itu, jangan pernah mengikuti gaya hidup yang orang lain jalani.

Percaya, deh, kalau hal itu gak akan membuat kamu bisa merasa puas dan tenang. Lebih baik, terapkan gaya hidup yang sederhana saja sekaligus menyesuaikan dengan kemampuan kamu mampu. Meski terlihat kecil, kalau kamu bersyukur dan menikmatinya, bahagia bukan perasaan yang mustahil kamu dapatkan.

Baca Juga: 5 Tren Gaya Hidup Selama Pandemik 2021, Mana Kamu Banget?

3. Lakukan apa yang memang kamu sukai 

5 Tips Jalani Hidup Apa Adanya, Gak Banyak Gaya Tetap Bahagiailustrasi memasak (pexels.com/Elle Hughes)

Melakukan apapun, asal kamu menyukainya itu akan menghasilkan sesuatu yang maksimal. Sudah banyak orang terkenal yang menjadi bukti nyata bahwa mereka bisa sukses dengan menekuni hal-hal yang disukainya.

Semua akan terasa mudah dan menyenangkan, kok, asalkan kamu menikmati segala prosesnya. Jadi semangat terus, ya! 

4. Menjadi pribadi yang dermawan 

5 Tips Jalani Hidup Apa Adanya, Gak Banyak Gaya Tetap Bahagiailustrasi berbagi (pexels.com/PNW Production)

Siapa bilang orang yang hidup apa adanya itu kekurangan? Justru, kebanyakan orang yang sederhana inilah yang rajin berbagi dan membantu sesama.

Berbagi itu juga gak cuma berupa materi saja. Perhatian dan kasih sayang kepada orang-orang juga bisa kamu lakukan sebagai sarana untuk berbagi. Bisa membuat orang lain bahagia itu merupakan hal yang terindah dan membuatmu bahagia juga.

5. Daripada berfoya-foya, lebih baik fokus meningkatkan penghasilan 

5 Tips Jalani Hidup Apa Adanya, Gak Banyak Gaya Tetap Bahagiailustrasi menabung (pexels.com/Karolina Grabowska)

Menjalani gaya hidup berfoya-foya demi mendapatkan predikat orang kaya dan keren adalah hal yang percuma dan sia-sia. Daripada menghambur-hamburkan uang, lebih baik hidup apa adanya yang penting berkecukupan. Sisihkan sebagian pendapatanmu untuk tabungan dan investasi buat masa depan.

Ketika menjalani hidup apa adanya dan selalu bersyukur dengan apa yang dimiliki, dijamin kamu bakal mendapatkan banyak manfaat positif, deh.

Itulah tadi sedikit pandangan mengapa kamu tetap bisa berbahagia walaupun hidup sederhana. Semoga bermanfaat, ya!

Baca Juga: 5 Kiat Berhemat Tanpa Nyinyir pada Gaya Hidup Orang Lain, Coba deh!

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Hallo,, Senang bisa menceriakan hari-hari Anda. IG: adelbertha_eva

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya