Comscore Tracker

5 Alasan Perlu Bertindak Selaras dengan Tujuan yang Kamu Targetkan

Fokus tetap terjaga dan keberhasilan semakin nyata

Sudah memiliki tujuan hidup, mengatur strategi, dan berbagai target yang ingin diraih? Itu merupakan langkah yang bagus. Sekarang kamu perlu menyelaraskan segala tindakan yang sesuai dengan tujuan yang telah kamu targetkan.

Semakin selaras antara upaya dan tujuannya, dalam prosesnya akan terasa menyenangkan. Sekalipun muncul hambatan, itu bukanlah penghalang. Berikut lima alasan yang bisa kamu pahami agar lebih bersemangat lagi untuk bertindak selaras dengan target-target tujuanmu.

1. Tindakanmu akan lebih terkendali 

5 Alasan Perlu Bertindak Selaras dengan Tujuan yang Kamu Targetkanilustrasi berjalan bersama (pexels.com/Bas Masseus)

Keselarasan tindakan yang dilakukan demi tercapainya tujuan membuatmu lebih terkendali. Jangan biarkan semua mengalir begitu saja. Harus tetap ada yang kamu petakan. Sebab, dengan inilah tindakan yang kamu lakukan dapat dikendalikan olehmu sendiri.

Banyak orang yang sudah bekerja secara maksimal, tapi targetnya masih saja belum tercapai. Terkadang, bukan faktor kekeliruan strategi saja, melainkan belum ada keselarasan antara tindakan dengan sesuatu yang diinginkan. Maka selain menetapkan tujuan, sebaiknya kamu juga perlu menetapkan tindakan apa saja yang mendukung tercapainya tujuan.

2. Untuk melancarkan prosesnya 

5 Alasan Perlu Bertindak Selaras dengan Tujuan yang Kamu Targetkanilustrasi bekerja (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Proses meraih tujuan impian biasanya akan tetap ada halangannya. Berbagai hal yang menghambat pencapaianmu sebenarnya masih bisa diatasi, asalkan kamu mau berusaha menyelaraskan tindakan dengan sesuatu yang ingin dituju. Jika tindakannya sesuai, maka prosesnya pun lancar.

Kelancaran proses perjuangan bisa meningkatkan semangat di dalam diri untuk terus berupaya hingga berhasil mencapai target yang sudah dibuat. Semangat yang tak pernah padam ini membantumu untuk bisa segera sampai tujuan dan mendapatkan hasil yang terbaik.

Baca Juga: 5 Strategi yang Bisa Kamu Terapkan untuk Mewujudkan Cita-cita

3. Agar tetap berpegang teguh pada prinsipmu 

5 Alasan Perlu Bertindak Selaras dengan Tujuan yang Kamu Targetkanilustrasi bekerja (pexels.com/MART PRODUCTION)

Teguh pendirian atas prinsip yang sudah kamu pegang dapat membawamu ke gerbang kesuksesan. Lalu, bagaimana caranya meneguhkan diri? Teruslah menjaga keselarasan tindakan dengan tujuan yang telah menjadi targetmu. Sebab, bertindak seperti ini memang tak mudah. Perlu niat yang kuat dan keteguhan hati yang tetap.

Prinsip yang dipegang teguh dapat melindungimu dari perasaan mudah tergoda untuk berputus asa. Seseorang yang putus asa, tindakan yang dilakukannya tak akan selaras lagi dengan target tujuannya. Maka, pegang teguh prinsipmu supaya saat menghadapi dilema, gak memengaruhi segala tindakanmu. Dengan begitu, keselarasan tindakan dan tujuan tetap bisa berjalan beriringan.

4. Kejelasan arah langkah bermula dari keselarasan tindakan dan tujuan 

5 Alasan Perlu Bertindak Selaras dengan Tujuan yang Kamu Targetkanilustrasi orang berjalan (pexels.com/MART PRODUCTION)

Dalam proses meraih tujuan, terkadang ada saja hal-hal yang membuatmu bingung ke mana harus melangkah. Hal ini bisa terjadi karena di awal melangkahkan diri, kamu belum benar-benar menyelaraskan tindakan dengan target tujuan. Maka dari itu matangkan dulu perencanaanmu baik dari sisi cara, strategi, hingga tindakan nyatanya.

Saat sudah mengawali perjuangan dengan hal-hal yang selaras, maka arah langkahnya pun akan semakin jelas. Untuk mencapai tujuan yang telah ditargetkan, semakin sering melangkah, akan semakin dekat keberhasilannya. Jadi bukan hanya menentukan kejelasan tujuannya saja, melainkan tindakannya pun harus jelas supaya bisa tepat dalam melihat arahnya.

5. Agar saat menghadapi tantangan, kamu tetap berani melangkah 

5 Alasan Perlu Bertindak Selaras dengan Tujuan yang Kamu Targetkanilustrasi melangkah menuju tujuan dengan perasaan senang (pexels.com/Alexander Suhorucov)

Menggapai tujuan tak semudah yang dibayangkan sebab dalam prosesnya tantangan bisa saja muncul, bahkan di situasi yang tak terduga. Untukmu yang memiliki tindakan sesuai dengan target tujuan, saat menghadapi tantangan, kamu gak akan berbalik arah tapi tetap berani melangkah maju.

Sebab ketika tidak ada keraguan di dalam diri tentang kebenaran tindakan, maka banyaknya tantangan bukan berarti menjadi tanda untukmu kembali. Bagaimana caranya supaya tak muncul rasa ragu? Pastikan sejak awal memulai langkah, tindakanmu sudah selaras dengan sasaran targetnya.

Apabila memiliki tujuan ingin mendapatkan promosi jabatan di kantor, maka bertindaklah selaras dengan hal tersebut. Misalnya dengan bekerja keras dan cerdas, disiplin soal waktu, aktif dalam berdiskusi, dan sebagainya. Atau, bagi kamu yang mempunyai tujuan lain, pikirkanlah tindakan yang tepat dan mendukung terwujudnya tujuan.

Keselarasan dapat mencegah munculnya dilema di tengah perjalanannya. Selain itu dapat meningkatkan fokusmu juga sebab tindakan yang selaras dengan tujuan di setiap tahapannya pasti menunjukkan hasil terbaik yang nyata dan bisa kamu amati. Usahamu dalam menyelaraskan diri tidak akan berakhir sia-sia. Buktikan saja!

Baca Juga: 5 Cara Merealisasikan Cita-cita yang Terlihat Tidak Masuk Akal

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya