Comscore Tracker

5 Alasan Penting Menyusun Agenda Harian, agar Tak Ada yang Terlewatkan

Karena setiap orang punya berbagai kegiatan

Dalam kehidupan sehari-hari, setiap orang memiliki berbagai aktivitas yang harus dijalani, pekerjaan yang harus diselesaikan dalam waktu yang bersamaan, serta kegiatan yang lainnya. Banyaknya aktivitas yang memiliki batas waktu berdekatan, terkadang membuat bingung dirimu, jika kamu tak mampu mengaturnya dengan baik.

Inilah alasannya, mengapa menyusun agenda harian itu menjadi hal yang penting dan perlu dilakukan. Tujuannya agar semua kegiatan dapat berjalan lancar dan pekerjaan juga bisa selesai sesuai dengan waktu yang sudah kamu tentukan.

Selain itu, kamu juga gak akan merasa bingung, karena agenda yang tersusun akan memudahkanmu untuk melakukan satu kegiatan ke kegiatan yang lainnya. Masih penasaran seberapa pentingnya menyusun agenda harian? Yuk, simak beberapa alasan berikut ini.

1. Membuatmu memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi 

5 Alasan Penting Menyusun Agenda Harian, agar Tak Ada yang Terlewatkanilustrasi orang bertanggung jawab dengan pekerjaannya (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Mengapa kegiatan menyusun agenda harian ini perlu kamu lakukan? Karena hal tersebut dapat menjadikanmu pribadi yang memiliki rasa tanggung jawab tinggi.

Terbiasa menyusun rencana kegiatan sehari-hari, nantinya kamu akan berusaha untuk melakukan kegiatan sesuai dengan apa yang telah kamu buat sesuai jadwalnya.

Dari kegiatan tersebut, kamu akan memiliki rasa tanggung jawab terhadap segala jenis kegiatanmu. Pada jam yang telah kamu tentukan sebelumnya, kamu selalu berusaha untuk bisa tepat waktu saat menjalani aktivitas di jam tersebut. Kebiasaan ini secara perlahan akan melatih rasa tanggung jawabmu terhadap sesuatu.

2. Waktumu akan berguna secara maksimal 

5 Alasan Penting Menyusun Agenda Harian, agar Tak Ada yang Terlewatkanilustrasi melihat jam tangan (pexels.com/Gustavo Fring)

Dengan menyusun agenda harian secara teratur, maka waktu yang kamu miliki akan semakin efektif dan efisien. Gak akan ada waktu yang terbuang sia-sia, karena semua sudah teratur dalam jadwal harian yang telah kamu buat.

Mulai dari agenda pagi hari, siang hingga malam hari, semua dapat berjalan sesuai dengan rencana. Menyusun agenda harian secara teratur dapat membuatmu lebih mudah dalam berkegiatan, sesuai dengan waktunya.

Inilah sebabnya, kegiatan menyusun agenda sangat perlu dilakukan dalam keseharian. Kamu menjadi lebih produktif dan gak akan banyak membuang waktu dalam kebingungan.

Baca Juga: 5 Manfaat Meditasi yang Cocok Kamu Jadikan Rutinitas Harian

3. Menghindarkanmu dari kekacauan 

5 Alasan Penting Menyusun Agenda Harian, agar Tak Ada yang Terlewatkanilustrasi merasa stres (pexels.com/energepic.com)

Alasan berikutnya mengapa menyusun agenda harian sangat penting dan perlu untuk dilakukan, yaitu dapat menghindarkanmu dari kekacauan. Rutin menyusun jadwal untuk berkegiatan, akan menjadikan hari yang kamu jalani menjadi lebih teratur lagi.

Kamu gak akan merasa harimu berantakan, jika semua sudah diatur sesuai dengan waktunya. Setiap susunan agenda pasti ada batas waktunya.

Nah, dari batasan tersebut, nantinya kamu akan termotivasi untuk bisa melakukan segala pekerjaan sesuai dengan jadwalnya. Memiliki kebiasaan seperti ini, tentu saja dapat membuat kehidupan yang kamu jalani menjadi semakin teratur dan sesuai dengan rencana.

4. Target-target yang kamu buat dapat tercapai 

5 Alasan Penting Menyusun Agenda Harian, agar Tak Ada yang Terlewatkanilustrasi orang sedang menentukan target pekerjaan (pexels.com/cottonbro)

Menyusun agenda harian itu perlu dilakukan, karena akan memudahkanmu dalam mencapai target yang telah kamu buat. Ketika kamu menyusun agenda, itu berarti kamu harus berusaha agar dapat sesuai dengan rencana. Pada jam tertentu, kamu harus melakukan sesuatu.

Hal ini sama saja dengan berusaha mencapai sebuah target. Target-target yang kamu buat dapat tercapai, karena kamu sudah menyusun agendanya. Ini akan membuatmu lebih terarahkan dan mendorong diri, agar mampu menyelesaikan semuanya sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan.

5. Karena ingatan manusia terbatas, agenda dapat membantumu 

5 Alasan Penting Menyusun Agenda Harian, agar Tak Ada yang Terlewatkanilustrasi mengingat (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Alasan lainnya, mengapa penting untukmu menyusun agenda harian, yaitu karena ingatan manusia itu terbatas. Dengan adanya susunan agenda kegiatan, maka itu dapat membantumu dalam mengingat sesuatu. Tentunya ini sangat bermanfaat bagi kamu yang memiliki jadwal kegiatan padat.

Selain membantu dalam hal mengingat, menyusun agenda juga dapat mengurangi tingkat stres yang kamu alami. Seseorang bisa merasa kewalahan dengan aktivitasnya sendiri, salah satu penyebabnya adalah karena tak menyusun rencana kegiatan. Jika kamu ingin semua kegiatan berjalan baik, tanpa ada yang terlewat karena lupa, maka susunlah jadwal harian sebelumnya.

Ingin menjadi pribadi yang berkualitas dan selalu produktif sepanjang hari? Sebelum memulai sesuatu, jangan lupa menyusun agendanya dulu.

Proses menyusun agenda harian, itu tak akan membuang banyak waktu. Justru nantinya, dapat meningkatkan mutu, baik bagi dirimu maupun segala aktivitas yang kamu jalani.

 

Sekarang kamu sudah tahu, kan betapa pentingnya menyusun agenda harian? Karena setiap orang bisa saja memiliki berbagai kegiatan dalam sehari, maka berusahalah untuk disiplin lagi, dengan meluangkan waktu untuk menyusun agenda sehari-hari.

Hal ini sangat berguna untuk menunjang karier dan kehidupanmu di masa depan. Yuk, biasakan diri membuat agenda harian, agar gak ada satu kegiatan yang terlewatkan, dan semua pekerjaan juga bisa selesai sesuai dengan waktu yang telah kamu tetapkan.

Baca Juga: 5 Tips Hidup Produktif Lewat Menulis Jurnal Harian 

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya