Comscore Tracker

5 Alasan Problematika Kehidupan Mampu Kuatkan Mentalmu

Jadikan masalah hidup sebagai sebuah motivasi 

Manusia hidup di dunia gak mungkin selalu merasakan bahagia, karena pasti akan merasakan juga rasa yang lainnya, seperti sedih, kecewa, marah dan sebagainya. Setiap orang juga pasti pernah mengalami masa-masa sulit dalam hidupnya. Banyaknya masalah yang dialami oleh seseorang bisa menyebabkan orang tersebut merasa cemas, frustasi bahkan ada juga yang sampai stres berat.

Dampak buruk tersebut disebabkan oleh banyak faktor. Misalnya, selalu berpikiran negatif, kurangnya rasa percaya diri dan lingkungan sekitar yang kurang mendukung. Problematika dalam kehidupan tersebut, apabila gak segera kamu atasi, bisa jadi akan memberikan dampak yang serius bagi kesehatan mental dan fisikmu nantinya. Lalu, bagaimana caranya agar masalah tersebut gak mengganggumu?

Cobalah menyadari bahwa problematika yang kamu alami itu gak selalu buruk. Ambil sudut pandang yang lain. Segala permasalahan yang terjadi itu akan menguatkan mentalmu dan menjadikan dirimu lebih berkualitas. Berikut lima alasan yang akan membuatmu percaya bahwa problematika hidup, tak selamanya negatif.

1. Penolakan membuatmu semakin semangat untuk mencoba lagi

5 Alasan Problematika Kehidupan Mampu Kuatkan Mentalmuilustrasi sebuah penolakan (pexels.com/Keira Burton)

Ditolak memang awalnya menyakitkan dan membuat semangatmu turun. Namun, gak perlu terlarut dalam kesedihan, karena sebuah penolakan itu bisa membuat mental kamu menjadi lebih kuat. Apabila suatu saat kamu mendapatkan penolakan lagi, kamu akan tetap tegar dan baik-baik saja. Kalau merasa sedih juga itu gak akan lama, karena kamu akan mudah menerima dan melepaskan rasa sakit akibat ditolak.

Ketika berulang kali ditolak, kamu juga gak akan patah semangat dan akan terus berusaha mencoba lagi sampai berhasil. Bagimu sebuah penolakan bukan berarti kegagalan. Selama apa yang kamu lakukan adalah hal yang positif, teruslah bertekad kuat untuk memperbaikinya.

2. Momen kehilangan akan sesuatu hal membuatmu lebih bersabar dan ikhlas  

5 Alasan Problematika Kehidupan Mampu Kuatkan Mentalmuilustrasi bersedih (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Apakah kamu pernah merasakan kehilangan? Tentang apa saja, mungkin kehilangan orang tersayang, kehilangan kesempatan berharga atau kehilangan hal lainnya yang begitu bermakna bagimu. Kehilangan memang bukanlah sesuatu yang mudah untuk dirasakan. Kesedihan tentu akan selalu mengikutimu saat kamu kehilangan orang terkasih atau sesuatu yang kamu inginkan selama ini.

Namun, kamu gak perlu sedih lagi karena dari rasa kehilangan tersebut. Yakinlah akan ada hal baik yang bisa kamu terima. Misalnya, akibat kehilangan seseorang atau sesuatu hal berharga, kamu sekarang menjadi pribadi yang bisa menerima kenyataan, kamu bisa belajar untuk ikhlas yang tentunya sangat membuat hati tenang.

Percayalah bahwa segala sesuatu yang memang milikmu, maka akan tetap untukmu. Jika hal yang kamu inginkan ternyata menghilang, maka ikhlaskan saja. Dengan kamu mengikhlaskannya, maka cepat atau lambat kamu akan mendapatkan apa yang tepat untukmu.

3. Diperlakukan gak adil akan mendorongmu untuk berintrospeksi diri

5 Alasan Problematika Kehidupan Mampu Kuatkan Mentalmuilustrasi bersikap tak adil (pexels.com/Yan Krukov)

Sebagai manusia, kamu pasti pernah merasa gak diperlakukan secara adil. Saat itu mungkin perasaan kamu marah, sedih, kecewa, sakit hati dan sebagainya. Seolah-olah semua orang tega padamu dan kamu pun pasti bertanya pada diri, apa kesalahan yang sudah kamu lakukan sehingga orang lain tega berbuat gak adil?

Saat merasa seperti itu, biasanya kamu akan menjauh dari lingkungan tersebut dan gak mau terhubung dengan mereka lagi. Itu adalah perasaan yang wajar, bagi kamu yang pendiam, mungkin akan menyimpan rasa sakit hatimu dalam hati saja. Sedangkan bagi kamu yang berani, pasti akan mengungkapkan rasa gak nyamanmu kepada siapa saja.

Ketika kamu merasa orang lain gak berlaku adil padamu, maka bersabarlah dan mencoba introspeksi diri serta terus perbaiki apa yang masih kurang. Dengan begitu, kamu akan bisa menyadari kekurangan diri. Jika kamu terus berusaha bangkit dari rasa ini, maka kamu akan semakin mengenal diri sendiri dan itu akan membuat kamu semakin tangguh.

Baca Juga: 5 Pesan untuk Kamu yang Merasa Hidup Ini Gak Adil

4. Sering dikucilkan akan membuatmu semakin tegar 

5 Alasan Problematika Kehidupan Mampu Kuatkan Mentalmuilustrasi orang dikucilkan (pexels.com/Keira Burton)

Apabila kamu sering dikucilkan, baik itu di tempat kerja maupun lingkungan pertemanan, maka bersabarlah. Jika kamu dikucilkan itu bukan berarti kamu harus berhenti berjuang meraih mimpi. Milikilah keyakinan dalam diri bahwa hal tersebut bukan sebagai halangan, melainkan sebuah ujian yang harus dilewati untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Saat kamu dikucilkan, maka bersabar dan tegarlah menghadapinya. Jika kamu berhasil melaluinya, maka kamu akan tumbuh menjadi pribadi yang lebih percaya diri lagi dan semakin menemukan jati diri. Percayalah, kesendirian yang kamu rasakan itu gak akan membuatmu merasa sepi dan bersedih. Karena sejatinya bahagia itu kamu sendiri yang menentukan.

5. Diabaikan orang lain akan membuatmu menjadi sosok yang mandiri

5 Alasan Problematika Kehidupan Mampu Kuatkan Mentalmuilustrasi orang merasa diabaikan (pexels.com/Alisa)

Kamu pasti pernah merasa diabaikan, baik itu oleh teman, keluarga, maupun pasangan. Hal tersebut memang mengakibatkan kamu bersedih dan kesal. Kamu pasti selalu memikirkan tentang alasan mengapa orang lain mengabaikanmu. Diabaikan oleh seseorang memang menyakitkan. Namun, perlakuan mereka bisa membuat mental kamu kuat.

Kamu gak akan merasa takut lagi apabila suatu saat harus melakukan berbagai hal sendirian. Sering diabaikan oleh orang lain, secara gak langsung bisa membentuk dirimu menjadi sosok yang mandiri. Jika orang lain mengabaikanmu dan kamu sedang sendiri, manfaatkanlah waktu tersebut untuk meningkatkan kualitas diri. Ketika berhasil nanti, percayalah bahwa mereka yang dulu mengabaikanmu akan mulai menghampiri.

Itulah kelima alasan mengapa problematika yang terjadi dalam kehidupan itu mampu menguatkan mentalmu. Kunci jawabannya adalah karena di balik masalah hidup yang kamu alami itu bisa menjadi sebuah motivasi agar kamu semakin baik lagi. Apapun masalahnya, yang penting kamu tetap berada di trek yang benar.

Baca Juga: 5 Hal Berarti dalam Hidup yang Sering Diabaikan, Semoga Kamu Tidak 

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya