Comscore Tracker

Sebelum Ambyar! Atasi Fase Krisis di Usia 20-an dengan 5 Cara Ini 

Kamu gak sendirian, kok! Tetap semangat! #IDNTimesLife

Apakah kamu yang berusia 20-an sering merasa semangat banget di awal-awal melakukan sesuatu? Tapi, tiba-tiba di pertengahan jalan, kamu merasa lelah dan putus asa? Sering bingung dan ragu dengan apa yang sedang kamu kerjakan?

Jika iya, kemungkinan kamu sedang mengalami fase krisis di usia 20-an. Kondisi ini menggambarkan kegalauan yang sedang dirasakan oleh anak muda usia 20-an. Biasanya problematika yang digalaukan berkutat seputar topik karier, kekasih, ataupun jati diri. Yuk, atasi hal tersebut dengan kelima cara di bawah ini.

1. Tentukan dulu apa yang menjadi tujuan hidupmu 

Sebelum Ambyar! Atasi Fase Krisis di Usia 20-an dengan 5 Cara Ini ilustrasi perempuan sedang berpikir (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Supaya lebih bersemangat dalam menjalani hidup. Pertama yang harus kamu lakukan adalah menemukan tujuan hidupmu.

Coba pikirkan, yuk, kamu ingin menjadi apa? Bagaimana kamu ingin menjalaninya? Jawaban kamu atas pertanyaan-pertanyaan ini akan sangat membantu dan memperjelas tujuan hidupmu.

2. Selanjutnya, jangan ragu mengambil tindakan untuk meraih tujuan hidupmu 

Sebelum Ambyar! Atasi Fase Krisis di Usia 20-an dengan 5 Cara Ini ilustrasi sedang mengatur strategi (pexels.com/olia danilevich)

Gak perlu ragu dan bimbang, ya! Yakinlah kamu pasti bisa! Kalau kamu sudah menemukan tujuan hidupmu, langkah selanjutnya yang kamu lalui akan terasa lebih mudah, kok.

Salah satu tips untukmu menghilangkan keraguan adalah dengan menuliskan beberapa hal yang membuatmu ragu itu di atas kertas. Kemudian, ambil kertas yang lain dan tuliskan juga alasan serta solusinya. Selesaikan teka-teki kehidupanmu itu dengan penuh keyakinan.

Baca Juga: 4 Doa Lengkap untuk Melupakan Seseorang, Bisa Dibaca saat Galau

3. Berhenti membandingkan dirimu dengan orang lain

Sebelum Ambyar! Atasi Fase Krisis di Usia 20-an dengan 5 Cara Ini ilustrasi merasa tertekan (pexels.com/Liza Summer)

Masing-masing manusia mempunyai keunikannya sendiri-sendiri. Membandingkan dirimu dengan teman sebayamu atau siapa pun justru akan membuat kamu semakin tertekan.

Sadarilah bahwa setiap orang mempunyai jalan hidupnya masing-masing. Hal yang paling penting adalah terus berusaha dan pantang menyerah. Jadi, gak perlu khawatir dengan apapun pencapaian yang telah diraih oleh teman-temanmu lagi, ya! Setiap orang hidup sesuai lajur dan kecepatannya masing-masing.

4. Bergaulah dengan orang-orang yang positif yang bisa mendukungmu

Sebelum Ambyar! Atasi Fase Krisis di Usia 20-an dengan 5 Cara Ini ilustrasi sedang bercerita (pexels.com/cottonbro)

Poin yang satu ini juga penting, lho! Mengatasi dan menghadapi fase krisis di usia 20-an akan lebih baik jika kamu gak sendirian.

Cobalah dekati dan curhat tentang segala permasalahanmu ke orang-orang yang kamu percaya. Biarkan mereka membimbingmu dan memberikan solusi yang terbaik untukmu.

5. Selalu bersikap optimis

Sebelum Ambyar! Atasi Fase Krisis di Usia 20-an dengan 5 Cara Ini ilustrasi bersikap optimis (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Apapun kesalahan yang sudah kamu lakukan sebelumnya, anggap saja itu sebagai pengalaman berharga agar kamu bisa belajar menemukan solusi dari masalah itu. Bagaimanapun, pengalaman adalah guru terbaik dalam hidup.

Bangkit yuk! Kamu gak sendiri. Segala problematika yang kamu alami saat ini memang bisa membuat kamu semakin tertekan. Tapi, yakinlah ini semua akan terlewati dengan baik.

Jangan pernah ragu dan malu untuk berbagi mengenai permasalahan yang sedang kamu alami, ya! Kamu gak sendirian, kok, menghadapi ini semua. Tetap semangat!

Baca Juga: 5 Langkah agar Tenang Menyikapi Quarter Life Crisis, Gak Usah Galau

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya