Comscore Tracker

5 Cara Ampuh Atasi Sepi agar Tak Menyayat Hati, Dekap Dirimu

Temukan rasa nyaman di dalam kesendirian 

Siapa bilang kesendirian bisa membuat kamu merasa sepi? Nyatanya, ada banyak orang yang berpasangan juga tetap merasakan kesepian dalam hatinya. Ini berarti menunjukkan bahwa hampir semua orang pernah dan bisa merasa kesepian. Apakah kamu sekarang sedang merasa kesepian karena tak punya sandaran hati atau hal lainnya?

Kesepian yang kamu rasakan, jika terus dibiarkan akan membuat kesehatan kamu terganggu. Maka, yang harus kamu lakukan sekarang adalah mencari cara bagaimana supaya rasa sepi gak semakin menyayat hati. Buatlah hari-harimu menjadi lebih berarti dengan melakukan lima cara berikut ini.

1. Jangan menyangkal tentang rasa sepi itu 

5 Cara Ampuh Atasi Sepi agar Tak Menyayat Hati, Dekap Dirimuilustrasi merenung (pexels.com/Ron Lach)

Jujurlah pada diri sendiri tentang apa yang kamu rasakan. Jangan menyangkal dan lari dari rasa kesepian. Banyak orang yang gak mau mengakui bahwa dirinya merasa kesepian, akhirnya mereka melampiaskannya dengan berbagai kegiatan. Jika kamu berusaha menyibukkan diri untuk menghilangkan rasa sepi, namun kamu gak menerima rasa itu, maka semua akan sia-sia.

Bisa saja berhasil, tapi itu gak akan bertahan lama. Kesepian yang kamu rasakan justru akan semakin masuk ke dalam hati, jika kamu gak mau jujur pada diri. Menerima adalah salah satu cara yang efektif untuk mengubah sesuatu yang negatif dari kesepian menjadi lebih positif. Saat kamu sudah berhasil menerimanya, maka kamu akan bisa belajar tentang bagaimana caranya mengusir rasa sepi.

2. Rasa sepi itu bisa kamu lawan 

5 Cara Ampuh Atasi Sepi agar Tak Menyayat Hati, Dekap Dirimuilustrasi perempuan (pexels.com/Trần Long)

Apa yang kamu rasakan saat sedang merasa kesepian? Sakit hati, khawatir, sedih, takut serta yang lainnya. Itu memang wajar dan kerap dirasakan banyak orang, saat mereka sedang kesepian. Namun, kamu sebaiknya jangan terlarut dalam emosi negatif itu.

Sadarilah segera bahwa kesepian sebenarnya bisa dilawan. Emosi negatif yang kamu rasakan itu muncul dari dalam dirimu sendiri. Jadi, rasa sepi itu pasti kamu lawan.

Lakukanlah dan jangan hanya menunggu semuanya membaik dengan sendirinya. Berusahalah dan tetap berjuang dalam mengusir rasa sepi.

3. Cobalah untuk bersosialisasi dengan teman atau keluarga 

5 Cara Ampuh Atasi Sepi agar Tak Menyayat Hati, Dekap Dirimuilustrasi bersosialisasi (pexels.com/Cedric Fauntleroy)

Langkah selanjutnya setelah kamu menyadari bahwa kamu merasa sepi adalah mencoba untuk mengambil aksi melawan rasa sepi itu. Misalnya, mengobrol bersama keluarga atau jalan-jalan bersama teman. Terkadang, hal-hal sederhana seperti itu menjadi obat untuk mengatasi rasa sepi yang kamu rasakan.

Cobalah bersosialisasi dengan yang lainnya juga, seperti bergabung dengan komunitas yang kamu sukai, hal ini juga bisa digunakan sebagai sarana untuk melawan rasa sepi. Selain kamu gak akan kesepian lagi, kamu juga bisa mendapatkan teman-teman dan ilmu baru, bukan?

Baca Juga: Bukan Kesepian, 5 Alasan Seseorang Lebih Nyaman dengan Status Sendiri

4. Merawat hewan peliharaan 

5 Cara Ampuh Atasi Sepi agar Tak Menyayat Hati, Dekap Dirimuilustrasi bermain bersama hewan peliharaan (pexels.com/Blue Bird)

Hewan peliharaan bisa kamu jadikan teman saat kamu merasa kesepian. Nah, untuk kamu yang lebih menyukai aktivitas menyendiri daripada bergabung bersama teman-teman di luar rumah, cara ini bisa menjadi alternatif yang cocok kamu lakukan. Ajak bermain hewan peliharaan kamu, dijamin rasa sepi akan berkurang dan kamu kembali merasa senang.

Namun, kamu juga perlu memperhatikan jumlah hewan peliharaan yang kamu rawat. Memelihara terlalu banyak hanya untuk sarana menghibur diri agar gak kesepian, itu kurang bijak. Lebih baik memelihara sesuai kemampuan kamu, sehingga kamu bisa merawat dan membesarkannya dengan baik, serta kebutuhan hewan peliharaan kamu bisa tercukupi.

5. Kurangi frekuensi bermain media sosial 

5 Cara Ampuh Atasi Sepi agar Tak Menyayat Hati, Dekap Dirimuilustrasi bermain media sosial (pexels.com/Eren Li)

Terlalu lama bermain media sosial, justru akan membuatmu semakin merasa kesepian. Mengapa bisa begitu? Karena saat kamu bermain media sosial, kamu akan merasa seperti sedang menjalin hubungan dengan yang lainnya, namun faktanya justru sebaliknya.

Jika terlalu lama bermain media sosial, kamu menjadi gak bisa terhubung dengan yang lainnya dalam kehidupan nyata. Daripada berlama-lama terhubung di dunia maya, lebih baik kamu bertatap muka secara langsung, agar hatimu bisa terhibur secara nyata juga.

Itulah kelima cara yang ampuh digunakan untuk mengatasi rasa sepi yang kamu rasakan, supaya gak semakin menyayat hati dan bisa senang kembali. Memang rasa kesepian itu akan selalu ada pada setiap kehidupan orang, meski dia berada di tengah keramaian sekalipun.

Apabila kamu juga sedang mengalaminya, cobalah lima cara di atas. Bisa jadi, kamu justru akan menemukan rasa nyaman di dalam kesendirian. Atasi rasa sepi yang menghampirimu dengan segera, supaya gak mengganggu kesehatan fisik dan juga mental kamu.

Baca Juga: Sedang Kesepian? Coba Lakukan 6 Cara Ini Untuk Mengatasinya

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

IG: adelbertha_eva

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya