Comscore Tracker

5 Cara Atasi Diri yang Super Sensitif dan Mudah Merasa Gak Nyaman

Percayalah kamu pasti bisa mengatasinya 

Apakah kamu termasuk orang yang gampang banget terluka perasaannya? Sering banget juga merasa tersinggung dengan perkataan orang? Hal tersebut menunjukkan bahwa kamu orang yang sensitif.

Kesensitifan dalam dirimu kerap kali membuat kamu menjadi takut dalam berbagai hal seperti takut mencoba hal baru, takut mengambil risiko, dan sebagainya.

Namun, jangan berkecil hati dulu karena orang yang sensitif itu juga memiliki kekurangan dan kelebihan dalam dirinya. Kekuranganmu adalah mudah sekali memusingkan sikap atau perbuatan orang lain terhadapmu. Kelebihanmu adalah memiliki rasa empati yang luar biasa, dan karena kepekaanmu yang tinggi, kamu menjadi mudah memahami perasaan orang lain.

Jadi, alih-alih berkecil hati dan kecewa dengan dirimu sendiri, karena memiliki tingkat sensitivitas yang tinggi. Lebih baik, belajarlah untuk menerima dan menghargai perasaanmu tersebut. Dengan begitu, langkahmu dalam menjalani hari pun akan lebih ringan dan nyaman.

Berikut lima cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi diri yang terlalu sensitif.

1. Coba pahami lagi tentang perasaan yang sedang kamu alami 

5 Cara Atasi Diri yang Super Sensitif dan Mudah Merasa Gak Nyamanilustrasi merenung (pexels.com/Omar López)

Cara pertama untuk mengatasi diri yang terlalu sensitif adalah dengan mencoba memahami mengenai perasaan yang sedang kamu alami. Cobalah pahami dan kenali perasaan apa yang muncul saat kamu mengalami berbagai hal yang memicumu menjadi stres dan tertekan.

Temukanlah jenis emosi tersebut, entah itu marah, sedih, kesal, kecewa, dan sebagainya. Setelah kamu mengetahui dengan pasti emosi apa yang sedang kamu rasakan. Selanjutnya, tanyakan kepada dirimu sendiri, apa penyebab dari perasaan yang kamu alami?

Cara pertama ini penting untuk dilakukan karena akan memudahkanmu dalam melakukan cara berikutnya untuk mengatasi rasa sensitif pada diri.

2. Hentikan memberi kritik kepada diri sendiri 

5 Cara Atasi Diri yang Super Sensitif dan Mudah Merasa Gak Nyamanilustrasi orang bercermin (pexels.com/KoolShooters)

Memberikan kritik tentang perasaannya kepada diri sendiri ini sering banget dilakukan oleh orang-orang yang memiliki tingkat sensitivitas tinggi. Misalnya, ketika kamu sedang merasa kesal dengan temanmu, kemudian kamu memberikan kritik kepada diri sendiri bahwa seharusnya gak perlu sekesal dan sekecewa itu kepada temanmu, dan lainnya.

Pahamilah bahwa sebuah perasaan atau emosi dari seseorang ketika menghadapi berbagai persoalan hidup itu, gak bisa dihilangkan begitu saja. Hal tersebut memang benar adanya, karena sejatinya manusia adalah makhluk yang berperasaan. Jadi, segala jenis emosi yang ada, pasti hampir semua orang pernah merasakannya.

Untuk mengatasi diri yang sensitif, sebaiknya kamu terima saja emosi yang muncul dan jangan menyangkalnya.

Baca Juga: 5 Cara Menghadapi Teman yang Memiliki Karakter Sensitif, Catat! 

3. Temukan solusi untuk mengatasinya 

5 Cara Atasi Diri yang Super Sensitif dan Mudah Merasa Gak Nyamanilustrasi berbicara untuk menemukan solusi (pexels.com/August de Richelieu)

Cara berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah mencari dan menemukan solusi yang tepat untuk mengatasinya. Pikirkanlah cara yang bisa kamu gunakan untuk menyelesaikan permasalahan yang kamu alami hingga memunculkan perasaan sensitif yang terlalu dalam.

Apabila permasalahannya adalah urusan keluarga, persoalan dengan rekan kerja, atau yang lainnya; dan kamu ingin menyelesaikan masalah dengan cara membicarakannya secara langsung dengan orang yang bersangkutan, itu boleh dilakukan. Namun usahakanlah kamu sudah dalam kondisi yang baik dan tenang. Sehingga, gak akan menimbulkan permasalahan baru.

4. Jangan overthinking 

5 Cara Atasi Diri yang Super Sensitif dan Mudah Merasa Gak Nyamanilustrasi orang berpikir berlebihan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Salah satu hal yang sering membuat kamu menjadi semakin sensitif itu karena pikiranmu sendiri. Oleh karena itu, berusahalah untuk gak overthinking dalam segala hal yang terjadi. Hal ini biasanya terjadi ketika kamu berinteraksi dengan orang lain. Kamu sering kali merasa menjadi bahan omongan orang-orang yang ada di sekitarmu.

Padahal sebenarnya, gak semua hal yang orang lain bicarakan itu tentangmu, lho. Jadi, jangan overthinking dan  memiliki asumsi bahwa orang-orang sedang membicarakanmu, memandangmu sebelah mata, mencari-cari kesalahanmu, dan sebagainya.

Jika kamu belum tahu secara pasti, maka gak perlu kamu ambil pusing hingga masuk ke dalam hati. Tetaplah kendalikan pikiranmu sendiri untuk bisa selalu berpikir positif dan gak berlebihan.

5. Belajar memiliki pola pikir yang realistis 

5 Cara Atasi Diri yang Super Sensitif dan Mudah Merasa Gak Nyamanilustrasi orang berpikir realistis (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Selain overthinking, untuk mengatasi perasaan yang super sensitif ini, kamu juga perlu memiliki pola pikir yang realistis. Salah satu hal yang bisa kamu lakukan agar bisa berpikir realistis yaitu menjaga pikiranmu saat menanggapi atau merespons sesuatu agar jangan sampai keluar dari batasnya.

Hentikan kebiasaanmu yang selalu memikirkan hal-hal buruk, yang sebenarnya juga belum tentu terjadi. Perasaan sensitif kerap membuatmu menjadi pesimis, sehingga berjuanglah untuk bisa menjadi sosok yang optimis.

Meski, memiliki tingkat sensitivitas tinggi, orang yang optimis akan mampu mengatasi perasaannya sendiri dengan baik. Dengan begitu, kamu pun bisa selalu memiliki pola pikir realistis.

Itulah kelima cara untuk mengatasi diri yang super sensitif. Meskipun terkadang perasaan tersebut membuatmu gak nyaman, namun ada baiknya kamu jangan menyangkalnya. Lebih baik, kamu terima dan hargai perasaanmu itu. Percaya dan yakinlah pada dirimu sendiri bahwa kamu pasti bisa mengatasinya.

Memiliki hati yang super sensitif itu memang kurang menyenangkan. Akan tetapi, tetaplah mensyukurinya dan jangan menyalahkan diri sendiri. Cara-cara di atas bisa membantumu menjadi pribadi yang lebih kuat, tegar, dan lebih berani lagi dalam menghadapi berbagai hal.

Baca Juga: [QUIZ] Apakah Kamu Orang yang Sensitif? Cari Tahu Lewat Kuis Ini!

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya