Comscore Tracker

5 Cara Bersikap Sopan ke Orang Lain, tanpa Terkesan Kaku 

Membantumu dalam membangun hubungan sosial yang baik 

Bersikap sopan santun kepada orang lain perlu kamu lakukan karena sikap tersebut menunjukkan bahwa kamu pribadi yang memiliki etika baik.

Orang sopan yang mengerti tentang tata krama pasti akan disukai oleh siapa saja yang ada di sekitarnya. Tentu saja, hal itu mampu membantumu juga dalam membangun hubungan sosial yang baik.

Apabila kamu selalu bersikap sopan kepada siapa saja dan dalam kondisi seperti apa pun, maka kamu akan menjadi orang yang beradab baik. Namun, ada beberapa orang yang berusaha bersikap sopan, tapi kesannya malah kaku. Nah kalau sudah begitu, suasana malah bisa membisu nantinya.

Lalu, bagaimana caranya bersikap sopan ke orang lain tanpa terkesan kaku? Yuk, pelajari lima caranya berikut ini.

1. Selalu menunjukkan senyum saat bertemu dengan orang lain 

5 Cara Bersikap Sopan ke Orang Lain, tanpa Terkesan Kaku ilustrasi orang tersenyum (pexels.com/George Pak)

Tersenyum merupakan salah satu bentuk tindakan yang menandakan bahwa kamu adalah orang yang sopan, lho. Jadi saat bertemu dengan orang lain, jangan ragu untuk memberikan senyum padanya, ya. Tersenyumlah secara wajar saja, gak perlu berlebihan. Senyum tulus yang kamu berikan akan membuat orang lain merasa senang.

Percayalah, ketika ada orang yang memberikan senyumannya, maka orang tersebut akan kembali tersenyum padamu. Ketika kalian sudah saling tersenyum, maka akan mewujudkan berbagai respons positif lainnya.

Bersikap sopan ke orang lain dengan memberinya senyuman itu gak sulit kok. Apabila kamu masih malu dan canggung, maka mulailah belajar berani tersenyum. Nanti rasa bahagia akan muncul dan menghilangkan rasa canggungmu.

2. Mampu mendengarkan orang lain dengan baik 

5 Cara Bersikap Sopan ke Orang Lain, tanpa Terkesan Kaku ilustrasi saling mendengarkan (pexels.com/Mehrad Vosoughi)

Selain mampu membuat nyaman, orang yang memiliki kemampuan mendengarkan yang baik itu juga menunjukkan bahwa dia adalah pribadi yang sopan. Belajarlah untuk menjadi pendengar yang baik saat ada orang lain yang sedang berbicara.

Jangan pernah menyela sebuah pembicaraan. Jika kamu ingin menanggapi, lebih baik tunggulah dulu sampai dia selesai berbicara.

Bersikap sopan dengan cara menjadi pendengar yang baik itu juga gak hanya sekadar mendengarkan saja, melainkan kamu juga perlu meresponsnya dengan baik seperti memberikan tanggapan yang tepat dan jangan lupa juga untuk tetap tersenyum saat menanggapinya.

Nah, supaya semakin menunjukkan kesopanan, kamu juga bisa memberikan pertanyaan kepada orang tersebut sehingga suasana gak akan terkesan kaku, namun tetap menyenangkan.

Baca Juga: 5 Kerugian Tidak Memiliki Sopan Santun kepada Orang Lain

3. Sebelum berbicara biasakanlah dirimu untuk berpikir terlebih dulu 

5 Cara Bersikap Sopan ke Orang Lain, tanpa Terkesan Kaku ilustrasi menyimak pembicaraan orang lain (pexels.com/Henri Mathieu-Saint-Laurent)

Salah satu ciri dari orang yang bersikap sopan yaitu sebelum berbicara pasti dia sudah berpikir secara matang terlebih dulu mengenai hal-hal yang ingin dikatakan. Oleh karena itu berusahalah sebelum kamu berkomentar atau menyatakan pendapat, cobalah untuk memikirkannya terlebih dulu. Hal ini dapat membantumu untuk lebih memperhatikan kata-kata atau pendapat yang akan kamu sampaikan. Dengan begitu orang lain yang akan mendengarkannya nanti, gak akan tersinggung atau tersakiti.

Ingin menjadi orang yang selalu bersikap sopan, kan? Maka belajarlah untuk lebih berhati-hati saat berbicara.

4. Memberanikan diri untuk bergabung dengan orang lain 

5 Cara Bersikap Sopan ke Orang Lain, tanpa Terkesan Kaku ilustrasi orang muda sedang berkumpul (pexels.com/Kindel Media)

Ketika kamu sedang berada dalam sebuah acara, meski kamu termasuk orang yang pendiam dan pemalu, akan tetapi ada baiknya untuk tetap memberanikan diri bergabung bersama yang lainnya.

Bergabung dan berbincang bersama orang lain saat sedang menghadiri sebuah acara yang sama merupakan bentuk dari kesopanan.

Dengan bergabung bersama yang lainnya, selain kamu akan terkesan sopan, kamu juga bisa mendapatkan teman dan pengalaman yang baru.

Percaya dirilah untuk melakukannya. Jika kamu bersikap sopan, orang lain pun pasti akan membalasnya dengan sikap yang sama dan mereka akan menyambutmu dengan baik juga.

5. Ketika ingin memuji, usahakanlah agar gak berlebihan dan tetap berhati-hati 

5 Cara Bersikap Sopan ke Orang Lain, tanpa Terkesan Kaku ilustrasi orang sedang memuji temannya (pexels.com/Keira Burton)

Terkadang ketika bertemu dengan seseorang, maksud hati ingin bersikap sopan dengan memujinya. Namun apabila cara memujimu berlebihan, maka itu malah akan menimbulkan kesan yang kaku. Oleh karena itu sebaiknya kamu juga perlu berhati-hati ketika ingin memuji orang lain. Jangan sembarangan dalam memberikan pujian, ya.

Perhatikanlah dengan siapa kamu berbicara. Apabila yang kamu hadapi adalah orang tua, maka jangan memberikan pujian mengenai hal-hal yang bersifat fisik. Atau, jika kamu berhadapan dengan orang muda, jangan terlalu berbicara mengenai kondisi finansial. Cobalah berikan pujian melalui hal lainnya seperti sikapnya yang menghargai waktu, keramahan orang tersebut, dan sebagainya.

Pada akhirnya, bersikap sopan ke orang lain itu dapat membuat hubungan sosial menjadi lebih baik lagi. Menunjukkan kesopanan kepada orang lain nantinya akan membuat orang-orang tersebut berinteraksi yang sama denganmu.

Bagi kamu yang ingin bisa bersikap sopan namun gak memberikan kesan kaku saat melakukannya, maka cara-cara di atas cocok untuk kamu coba.

Baca Juga: 5 Budaya Sopan Santun yang Mulai Diabaikan, Enggan Ucap Salam

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya