Comscore Tracker

5 Cara jadi Manusia yang Penuh Keseimbangan, Dapatkan Rasa Tenang

Ada waktunya sedih, ada waktunya bergembira, nikmati saja!

Siapa yang gak ingin menjalani hidup dengan rasa tenang? Setiap orang juga pasti menginginkannya. Bagi kamu yang ingin mendapatkan ketenangan dan kedamaian. Yuk, ikuti beberapa cara berikut ini, agar kamu bisa menjadi manusia yang penuh keseimbangan.

1. Pandai dalam bersyukur seperti apa pun kondisimu 

5 Cara jadi Manusia yang Penuh Keseimbangan, Dapatkan Rasa Tenangilustrasi orang bersyukur (pexels.com/Anete Lusina)

Cara pertama untuk bisa mendapatkan keseimbangan yang menghasilkan ketenangan dalam kehidupan yaitu, dengan belajar bersyukur dalam segala kondisi. Perlu kamu tahu bahwa seseorang bisa merasa gak bahagia, itu karena kurang mensyukuri atas kehidupan yang dijalaninya, beserta segala isinya.

Cobalah lebih mensyukuri segala hal yang kamu punya. Setiap manusia memang memiliki kelebihan dan kekurangan, tapi jika kamu ingin hidup seimbang dan tenang, pandailah dalam bersyukur. Luangkan waktu untuk beberapa saat saja, supaya kamu bisa bersyukur atas segala hal yang ada dan terjadi.

2. Jangan pernah menyangkal kesedihan 

5 Cara jadi Manusia yang Penuh Keseimbangan, Dapatkan Rasa Tenangilustrasi bersedih (pexels.com/Liza Summer)

Kesedihan adalah bagian dari kehidupan. Meski, terasa menyakitkan, tapi jika kamu tetap memiliki pemikiran yang positif atas apa yang terjadi, maka kesedihan gak akan membuatmu semakin tertekan. Maka, terimalah rasa sedih yang kamu alami, jangan pernah menyangkalnya dan berpura-pura bahagia.

Kesedihan adalah salah satu emosi yang bisa dirasakan manusia. Rasa sedih bisa kamu alami beberapa kali, atau bisa juga setiap hari, semua itu tergantung pada pengalaman dan hal yang sedang kamu alami. Namun, menyangkalnya itu bukanlah pilihan yang menjadi solusi, karena bisa membuatmu terjebak dalam keterpurukan. Lebih baik, terimalah dan nikmati saja, agar kamu bisa lebih mudah dalam melepaskannya.

Baca Juga: 5 Tips Bikin Hati dan Pikiran Selalu Berenergi Positif, Hidup Seimbang

3. Saat sedang bergembira, nikmatilah momen tersebut 

5 Cara jadi Manusia yang Penuh Keseimbangan, Dapatkan Rasa Tenangilustrasi bergembira bersama teman (pexels.com/Allan Mas)

Kegembiraan adalah emosi yang sangat menyenangkan, bisa membuatmu lebih bersemangat dan meningkatkan energi positif dalam diri. Ketika kamu sedang bergembira, maka nikmati momen tersebut. Beristirahatlah sejenak dari kesibukan bekerja atau urusan yang lainnya. Rasa gembira yang kamu tanggapi secara baik, maka akan menghasilkan hal yang positif untukmu.

Namun, tetap harus ingat untuk gak berlebihan, ya. Tetaplah bijaksana dalam menyikapi kegembiraan, agar semuanya bisa berjalan dengan seimbang. Kegembiraan yang kamu rasakan, itu juga sangat bermanfaat bagi kesehatan, baik mental maupun fisik. Maka, jangan sia-siakan momen gembiramu begitu saja.

4. Milikilah pola istirahat yang teratur dan cukup 

5 Cara jadi Manusia yang Penuh Keseimbangan, Dapatkan Rasa Tenangilustrasi tidur nyenyak (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Menjadi manusia yang penuh keseimbangan dalam menjalani kehidupan, itu jangan hanya berdasarkan faktor materi saja. Perhatikanlah juga pola hidupmu, ada baiknya kamu memiliki pola istirahat yang teratur dan cukup setiap harinya. Salah satu cara mendapatkan rasa tenang dalam hidup yaitu, dengan menjalani pola hidup sehat, maka aturlah jadwal istirahatmu dengan baik.

Ingin hidup seimbang dan penuh ketenangan saat beraktivitas? Cukupilah waktu istirahatmu. Berusahalah untuk tidur 7-8 jam per harinya. Waktu tidur yang cukup dapat membuat pikiranmu tenang dan segar sepanjang hari. Ini akan membantumu juga dalam menjaga keseimbangan kesehatan jiwa dan raga.

5. Jangan melakukan perbandingan hidup dengan siapa pun 

5 Cara jadi Manusia yang Penuh Keseimbangan, Dapatkan Rasa Tenangilustrasi membandingkan diri dengan orang lain (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Jika ingin hidup dengan penuh keseimbangan dan mendapatkan ketenangan, maka hentikan kebiasaan membandingkan diri maupun hidupmu dengan orang lain. Rasa puas yang dimiliki oleh manusia memang gak akan ada habisnya, bahkan seolah-olah tak ada. Selalu saja menginginkan lebih dari apa yang sudah dimiliki.

Inilah yang menyebabkanmu menjadi kerap membandingkan diri dengan orang lain. Jika ingin hidup dengan penuh keseimbangan, maka hentikanlah kebiasaan buruk ini mulai dari sekarang. Kendalikan diri dan kepuasan yang kamu miliki, selagi dalam hidup ini kamu sudah merasa cukup, maka tak perlu lagi menginginkan apa yang orang lain miliki.

Menjadi manusia yang penuh keseimbangan, akan mendatangkan ketenangan dalam kehidupanmu. Nikmati saja segala hal yang ada, tingkatkan rasa syukur atas apa yang kamu punya, serta jalani hidup sesuai dengan kemampuanmu. Setiap manusia memang memiliki caranya masing-masing untuk bisa bahagia dalam hidupnya.

Kamu juga bisa menerapkan beberapa cara di atas, untuk mendapatkan keseimbangan hidup yang nantinya mendatangkan kebahagiaan. Jika kamu ingin menangis, maka menangislah. Jika kamu sedang mendapatkan kabar gembira, maka bergembiralah. Kuncinya adalah nikmati segala hal yang kamu alami dalam hidup ini.

Baca Juga: Hidup Seimbang dan Sehat Mental, Ini 6 Hubungan yang Perlu Kamu Jaga

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya